PEMBUATAN WEBSITE TIRTA SENA – CURUG MUNTU UNTUK MENINGKATKAN BRANDING DAN PEMASARAN EKOWISATA TIRTA SENA – CURUG MUNTU DI DESA KETENGER
DOI:
https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v12i7.2694Keywords:
Ekowisata, Digital Marketing, Website, Media Sosial, Pemberdayaan MasyarakatAbstract
Ekowisata Tirta Sena Curug Muntu yang terletak di Dusun Kalipagu, Desa Ketenger, Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas memiliki potensi besar sebagai destinasi wisata alam. Meski demikian, pengembangan ekowisata ini menghadapi beberapa kendala seperti rendahnya kunjungan wisatawan yang tercatat hanya 377 orang dalam periode September 2024 hingga Januari 2025. Kendala utama teridentifikasi dalam hal minimnya eksposur digital akibat belum tersedianya website resmi serta optimalisasi media sosial yang kurang efektif. Program pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan meningkatkan branding dan pemasaran destinasi ekowisata tersebut melalui pembuatan dan optimalisasi website serta media sosial. Metode kegiatan mencakup analisis situasi untuk memahami kebutuhan destinasi wisata secara mendalam. Selanjutnya, diberikan pelatihan teknis pengelolaan digital kepada pengelola destinasi serta produksi konten visual berkualitas tinggi melalui penggunaan drone. Evaluasi berkala dilakukan untuk memastikan efektivitas penerapan strategi pemasaran digital yang telah dirancang. Hasil kegiatan menunjukkan website resmi Tirta Sena Curug Muntu berhasil dibuat dengan fitur interaktif seperti reservasi online dan galeri visual yang menarik. Optimalisasi media sosial menghasilkan peningkatan signifikan jumlah pengikut dan interaksi di platform Instagram dan TikTok. Pelatihan pengelolaan website meningkatkan keterampilan pengelola, memungkinkan pengelolaan mandiri secara berkelanjutan. Dampaknya terlihat dari peningkatan jumlah kunjungan wisatawan sekitar 30%, peningkatan pendapatan destinasi, serta tumbuhnya kesadaran masyarakat lokal akan pelestarian lingkungan dan budaya. Kolaborasi aktif dengan mitra lokal seperti Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Gempita semakin memperkuat potensi keberlanjutan program. Secara keseluruhan, program ini berhasil meningkatkan visibilitas digital destinasi dan memberdayakan komunitas lokal secara berkelanjutan.
Downloads
References
Baskoro, M. S. P. (2017). Pengelolaan Kawasan Ekowisata Berbasis Masyarakat Serta Implikasinya Terhadap Ketahanan Masyarakat Desa Sukarara. Jurnal Green Growth Dan Manajemen Lingkungan, 5(2), 18–28. https://doi.org/10.21009/jgg.052.03
Endra, R. Y., Redaputri, A. P., Dunan, H., Aprinisa, A., Syahputra, M. B., & Handayani, A. (2024). Pelatihan Design dengan Canva untuk UMKM sebagai Sarana Promosi Produk di Desa Ganjar Asri Metro. Jurnal Pengabdian UMKM, 3(1), 32–38. https://doi.org/10.36448/jpu.v3i1.54
Fahrianoor, F., & Hidayat, M. N. (2022). Pelatihan Dokumentasi, Story Telling, Dan Branding Ekowisata Kepada Pokdarwis Desa Paau Kecamatan Aranio Kabupaten Banjar. Jurnal Pengabdian ILUNG (Inovasi Lahan Basah Unggul), 2(1), 1. https://doi.org/10.20527/ilung.v2i1.4302
Jackson, L. A. (2025). Community-Based Tourism: A Catalyst for Achieving the United Nations Sustainable Development Goals One and Eight. Tourism and Hospitality, 6(1), 29. https://doi.org/10.3390/tourhosp6010029
Jaelani, A., Afrina Sari, Winaya, Luthpiyah Juliandara, & Dipa Teruna Awaludin. (2025). Peningkatan Kapasitas Pokdarwis Melalui Pemaanfaatan Teknologi Informasi Untuk Pengembangan Wisata Desa Lebakmuncang Bandung Selatan. TEKIBA : Jurnal Teknologi Dan Pengabdian Masyarakat, 5(2), 72–87. https://doi.org/10.36526/tekiba.v5i2.5223
Maquera, G., Da Costa, B. B. F., Mendoza, Ó., Salinas, R. A., & Haddad, A. N. (2022). Intelligent Digital Platform for Community-Based Rural Tourism—A Novel Concept Development in Peru. Sustainability, 14(13), 7907. https://doi.org/10.3390/su14137907
Pratiwi, D., Santoso, G. B., Mardianto, I., Sediyono, A., & Rochman, A. (2020). Pengelolaan Pengelolaan Konten Web Menggunakan Wordpress, Canva dan Photoshop untuk Guru-Guru Wilayah Jakarta. Abdihaz: Jurnal Ilmiah Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 11. https://doi.org/10.32663/abdihaz.v2i1.1093
Rachman, F. H., Wahyuni, S., & Imamah, I. (2024). Boosting Competitiveness: Digital Branding of The Sreseh Mangrove Tourism Spot in Marparan Village. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Indonesian Journal of Community Engagement), 10(3), 138. https://doi.org/10.22146/jpkm.91395
Ramadhan, G., Wihardi, D., & Panca, G. (2025). Analisis Strategi Pemasaran Digital Dalam Ekowisata: Literature Review Dan Implikasinya Bagi Badan Otorita Borobudu. Media Bina Ilmiah, 19(Strategi Pemasaran Digital dalam Ekowisata), 5123–5132. https://doi.org/10.33758/mbi.v19i7
Restrepo Rico, S., & Peterek, M. (2024). Empowering Rural Communities: A Theoretical Approach to Sustainable Tourism through Community-Based Development. Technical Transactions, 1(2024), 1–16. https://doi.org/10.37705/techtrans/e2024005
Riadi, S., Hidayat, A. R., Santoso, E. E., Nurmustika, H., & Putri, S. G. (2024). Strategi peningkatan branding pada kawasan ekowisata di Desa Tete Batu Kecamatan Sikur Kabupaten Lombok Timur. Selaparang: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 8(Strategi peningkatan branding pada kawasan ekowisata), 4287–4294.
Riyatno, R., Wicaksono, A., Runtiko, A. G., Huda, F., & Abiwardhana, M. F. (2025). Program Pengembangan Curug Muntu sebagai Penguatan Program Ekowisata di Desa Ketenger, Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas – Pemberdayaan Kemitraan Masyarakat. Jurnal Abdi Insani, 12(1), 421–435. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v12i1.2268
Runtiko, A. G., Rosyadi, S., Yamin, M., & Syarif Hidayat, A. (2024). Social Media as A Strategic Communication Tool in The Development and Promotion of Ecotourism (The Case of a Small and Medium Ecotourism Enterprise in Pangalengan, West Java). Sodality: Jurnal Sosiologi Pedesaan, 11(2), 206–222. https://doi.org/10.22500/11202347603
Sisriany, S., & Furuya, K. (2024). Understanding the Spatial Distribution of Ecotourism in Indonesia and Its Relevance to the Protected Landscape. Land, 13(3), 370. https://doi.org/10.3390/land13030370
Wulandari, C. (2021). Optimizing the Use of Social Media as a Brand Destination-based Promotional Media for Glagah Wangi Istambul Beach in Demak. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Indonesian Journal of Community Engagement), 7(3), 201. https://doi.org/10.22146/jpkm.65197