PENDAMPINGAN PELATIHAN PENCATATAN KEUANGAN MELALUI KASIR PINTAR DAN DIGITAL MARKETING PADA UMKM MARTABAK TOP JAKARTA

Authors

  • Muhammad Indirafi Ranadimajid Program Studi Akuntansi, Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pendidikan Indonesia
  • Lutfhi Muhammad Gustiyaz Program Studi Akuntansi, Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pendidikan Indonesia
  • Muhammad Akmal Fauzan Program Studi Akuntansi, Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pendidikan Indonesia
  • Muhammad Randy Nashwan Athaya Program Studi Akuntansi, Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pendidikan Indonesia
  • Rafa Naufal Hibrizi Program Studi Akuntansi, Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pendidikan Indonesia
  • Radith Faris Firdaus Program Studi Akuntansi, Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pendidikan Indonesia
  • Saeful Anwar Program Studi Akuntansi, Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pendidikan Indonesia
  • Mimin Widaningsih Program Studi Akuntansi, Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v12i6.2647

Keywords:

Financial recording, Marketing, Digital marketing, MSMEs

Abstract

Pencatatan keuangan sangatlah penting bagi entitas manapun, baik pada tingkat korporasi maupun UMKM.  Pencatatan keuangan berguna untuk memberikan data-data keuangan yang akurat yang akan dipakai dalam penyusunan laporan keuangan yang dapat digunakan sebagai alat bantu pengambilan keputusan.  Selain pencatatan keuangan, marketing, terutama digital marketing, juga krusial dalam meningkatkan jumlah penjualan.  Keterjangkauannya luas sehingga dapat menarik konsumen dari berbagai kalangan demografis.  Pendampingan ini bertujuan untuk mengembangkan UMKM Martabak Top Jakarta dari segi pencatatan keuangan dan digital marketing.  Tim pendamping memberikan pendampingan dengan memberikan pelatihan pencatatan keuangan melalui aplikasi Kasir Pintar.  Pendampingan digital marketing juga dilakukan dengan cara meningkatkan penilaian Martabak Top Jakarta dan memberikan foto lokasi, foto menu, foto bagian depan, dan foto proses pembuatan di Google Maps serta membuat poster digital dan mempublikasikannya di media sosial.  Hasil kegiatan ini, pelaku UMKM Martabak Top Jakarta lebih memahami urgensi pencatatan keuangan. Pelaku UMKM juga menilai aplikasi Kasir Pintar mudah dimengerti cara pemakaiannya. Selain itu, penilaian  Martabak Top Jakarta di Google Maps juga meningkat dan diberikan foto-foto yang relevan. Poster digital juga dibuatkan dan dipublikasikan ke akun Instagram daerah Antapani, yakni @antapanihits, sehingga eksposur digital Martabak Top Jakarta meningkat. Agar manfaat pendampingan ini efektif secara terus-menerus, Martabak Top Jakarta perlu menggunakan teknologi yang telah diterapkan dan terus beradaptasi dengan perkembangan digital.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andarsari, P. R., & Dura J. (2018). Implementasi Pencatatan Keuangan Pada Usaha Kecil dan Menengah: Studi Pada Sentra Industri Kripik Tempe Sanan di Kota Malang. Jurnal Ilmiah Bisnis dan Ekonomi Asia, 12(1), 59-65. https://doi.org/10.32812/jibeka.v12i1.16

Bangun, C. S., & Purnama S. (2023). Optimalisasi Pemanfaatan Digital Marketing Untuk UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah). ADI Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 89-98. https://doi.org/10.34306/adimas.v3i2.826

Fahdia, M. R., Kurniawati, I., Amsury, F., & Saputra, I. (2022). Pelatihan Digital marketing Untuk Meningkatkan Penjualan Bagi UMKM Tajur Halang Makmur. Abdiformatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika, 2(1), 34-39. https://doi.org/10.25008/abdiformatika.v2i1.147

Harahap, H. S., Dewi, N. K., & Ningrum, E. P., (2021). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi UMKM. Jurnal Loyalitas Sosial, 3(2), 77-85. https://doi.org/10.32493/JLS.v3i2.p77-85

Herman, B., & Nohong, M. (2022). Pengaruh Jaringan Usaha, Inovasi Produk, Dan Persaingan Usaha Terhadap Perkembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). JBMI (Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Informatika), 19(1), 1-19. https://doi.org/10.26487/jbmi.v19i1.18575

Hidayat, N. K., & Raganata, G. (2022). Pengenalan Pencatatan Keuangan Usaha Mikro Kecil dan Menegah Berbasis Digital di Kelurahan Situ Gede, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor. Agrokreatif: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(3), 356-367. https://doi.org/10.29244/agrokreatif.8.3.356-367

Kurniawan, R., Tarantang, J., Akbar, W., Hakim, S., Sukmana, E. T., & Hafizi, R. (2022). Literasi Pemanfaatan Aplikasi Keuangan Digital Bukukas pada UMKM di Kota Sampit, Kalimantan Tengah. Jurnal Pengabdian Masyarakat Formosa, 1(1), 35-52. https://doi.org/10.55927/jpmf.v1i1.342

Kusumawati, N. P. A., Pramuki, N. M. W. A., Pratiwi, N. P. T. W., Yuliantari, N. P. Y., & Suputra, G. A. (2023). Pelatihan Aplikasi Keuangan Digital Pada Kube Sari Jaya di Desa Sumerta Kauh. Jurnal Pengabdian Masyarakat Akademisi, 2(4), 164-169. https://doi.org/10.54099/jpma.v2i4.768

Mahesti, D., & Faristiana, A. R. (2021). Pendampingan Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Marketing Pada UMKM Bakpao Ijo Lumer. Sarwahita, 18(02), 157-171. https://doi.org/10.21009/sarwahita.182.5

Mediawati, E., Widaningsih, M., Muntashofi, B., Aminah, N. H. S., & Triyono, B. (2023). Pelatihan Entrepreneurship Era Digital Pada Pekerja Migran Indonesia di Johor Bahru-Malaysia. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(5), 11191-11196. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i5

Numat, M., Lukitaningsih, A., & Hutami, L. T. H. (2022). Pengaruh Kreativitas Strategi Pemasaran, Inovasi Dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Pemasaran Melalui Keunggulan Bersaing Sebagai Variabel Mediasi Pada UMKM Batik di Kota Yogyakarta dalam Masa Pandemik Covid-19. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 4(4), 1167-1190. https://doi.org/10.47467/reslaj.v4i4.1079

Putri, A. A. & Thoriq, A. M. (2022). Pelatihan Pencatatan Keuangan Pada UMKM Menggunakan Aplikasi Akuntansi UKM. Jumat Ekonomi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 39-43. https://doi.org/10.32764/abdimas_ekon.v3i1.2528

Rizal, A. S., Telagawathi, N. W. S., Yulianthini, N. N., & Putra, K. E. S. (2019). Pengaruh Citra Merek dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Sepatu Merek Nike di Singaraja futsal. Prospek: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 1(2), 34-40. https://doi.org/10.23887/pjmb.v1i2.23152

Soviyana, K., Kamila, M., Sugiyono, N., & Adinugraha, H.H. (2022). Strategi Pemasaran UMKM Produksi Tahu Desa Batang Dalam Menghadapi Persaingan Antar Pengusaha. Journal of Social Work and Empowerment, 2(1), 13-26. https://doi.org/10.58982/jswe.v2i1.161

Tambunan, T. T. H. (2021). Covid-19 Pandemic and Severity of Economic Impacts: The Indonesian Case. Global Economics Science, 1-15. https://doi.org/10.37256/ges.232021898

Published

2025-06-10

How to Cite

Ranadimajid, M. I., Gustiyaz, L. M., Fauzan, M. A., Athaya, M. R. N., Hibrizi, R. N., Firdaus, R. F., … Widaningsih, M. (2025). PENDAMPINGAN PELATIHAN PENCATATAN KEUANGAN MELALUI KASIR PINTAR DAN DIGITAL MARKETING PADA UMKM MARTABAK TOP JAKARTA. Jurnal Abdi Insani, 12(6), 2832–2842. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v12i6.2647

Issue

Section

section editor