PENDAMPINGAN PELATIHAN PENCATATAN KEUANGAN MELALUI KASIR PINTAR DAN DIGITAL MARKETING PADA UMKM MARTABAK TOP JAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v12i6.2647Keywords:
Financial recording, Marketing, Digital marketing, MSMEsAbstract
Pencatatan keuangan sangatlah penting bagi entitas manapun, baik pada tingkat korporasi maupun UMKM. Pencatatan keuangan berguna untuk memberikan data-data keuangan yang akurat yang akan dipakai dalam penyusunan laporan keuangan yang dapat digunakan sebagai alat bantu pengambilan keputusan. Selain pencatatan keuangan, marketing, terutama digital marketing, juga krusial dalam meningkatkan jumlah penjualan. Keterjangkauannya luas sehingga dapat menarik konsumen dari berbagai kalangan demografis. Pendampingan ini bertujuan untuk mengembangkan UMKM Martabak Top Jakarta dari segi pencatatan keuangan dan digital marketing. Tim pendamping memberikan pendampingan dengan memberikan pelatihan pencatatan keuangan melalui aplikasi Kasir Pintar. Pendampingan digital marketing juga dilakukan dengan cara meningkatkan penilaian Martabak Top Jakarta dan memberikan foto lokasi, foto menu, foto bagian depan, dan foto proses pembuatan di Google Maps serta membuat poster digital dan mempublikasikannya di media sosial. Hasil kegiatan ini, pelaku UMKM Martabak Top Jakarta lebih memahami urgensi pencatatan keuangan. Pelaku UMKM juga menilai aplikasi Kasir Pintar mudah dimengerti cara pemakaiannya. Selain itu, penilaian Martabak Top Jakarta di Google Maps juga meningkat dan diberikan foto-foto yang relevan. Poster digital juga dibuatkan dan dipublikasikan ke akun Instagram daerah Antapani, yakni @antapanihits, sehingga eksposur digital Martabak Top Jakarta meningkat. Agar manfaat pendampingan ini efektif secara terus-menerus, Martabak Top Jakarta perlu menggunakan teknologi yang telah diterapkan dan terus beradaptasi dengan perkembangan digital.
Downloads
References
Andarsari, P. R., & Dura J. (2018). Implementasi Pencatatan Keuangan Pada Usaha Kecil dan Menengah: Studi Pada Sentra Industri Kripik Tempe Sanan di Kota Malang. Jurnal Ilmiah Bisnis dan Ekonomi Asia, 12(1), 59-65. https://doi.org/10.32812/jibeka.v12i1.16
Bangun, C. S., & Purnama S. (2023). Optimalisasi Pemanfaatan Digital Marketing Untuk UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah). ADI Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 89-98. https://doi.org/10.34306/adimas.v3i2.826
Fahdia, M. R., Kurniawati, I., Amsury, F., & Saputra, I. (2022). Pelatihan Digital marketing Untuk Meningkatkan Penjualan Bagi UMKM Tajur Halang Makmur. Abdiformatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika, 2(1), 34-39. https://doi.org/10.25008/abdiformatika.v2i1.147
Harahap, H. S., Dewi, N. K., & Ningrum, E. P., (2021). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi UMKM. Jurnal Loyalitas Sosial, 3(2), 77-85. https://doi.org/10.32493/JLS.v3i2.p77-85
Herman, B., & Nohong, M. (2022). Pengaruh Jaringan Usaha, Inovasi Produk, Dan Persaingan Usaha Terhadap Perkembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). JBMI (Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Informatika), 19(1), 1-19. https://doi.org/10.26487/jbmi.v19i1.18575
Hidayat, N. K., & Raganata, G. (2022). Pengenalan Pencatatan Keuangan Usaha Mikro Kecil dan Menegah Berbasis Digital di Kelurahan Situ Gede, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor. Agrokreatif: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(3), 356-367. https://doi.org/10.29244/agrokreatif.8.3.356-367
Kurniawan, R., Tarantang, J., Akbar, W., Hakim, S., Sukmana, E. T., & Hafizi, R. (2022). Literasi Pemanfaatan Aplikasi Keuangan Digital Bukukas pada UMKM di Kota Sampit, Kalimantan Tengah. Jurnal Pengabdian Masyarakat Formosa, 1(1), 35-52. https://doi.org/10.55927/jpmf.v1i1.342
Kusumawati, N. P. A., Pramuki, N. M. W. A., Pratiwi, N. P. T. W., Yuliantari, N. P. Y., & Suputra, G. A. (2023). Pelatihan Aplikasi Keuangan Digital Pada Kube Sari Jaya di Desa Sumerta Kauh. Jurnal Pengabdian Masyarakat Akademisi, 2(4), 164-169. https://doi.org/10.54099/jpma.v2i4.768
Mahesti, D., & Faristiana, A. R. (2021). Pendampingan Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Marketing Pada UMKM Bakpao Ijo Lumer. Sarwahita, 18(02), 157-171. https://doi.org/10.21009/sarwahita.182.5
Mediawati, E., Widaningsih, M., Muntashofi, B., Aminah, N. H. S., & Triyono, B. (2023). Pelatihan Entrepreneurship Era Digital Pada Pekerja Migran Indonesia di Johor Bahru-Malaysia. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(5), 11191-11196. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i5
Numat, M., Lukitaningsih, A., & Hutami, L. T. H. (2022). Pengaruh Kreativitas Strategi Pemasaran, Inovasi Dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Pemasaran Melalui Keunggulan Bersaing Sebagai Variabel Mediasi Pada UMKM Batik di Kota Yogyakarta dalam Masa Pandemik Covid-19. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 4(4), 1167-1190. https://doi.org/10.47467/reslaj.v4i4.1079
Putri, A. A. & Thoriq, A. M. (2022). Pelatihan Pencatatan Keuangan Pada UMKM Menggunakan Aplikasi Akuntansi UKM. Jumat Ekonomi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 39-43. https://doi.org/10.32764/abdimas_ekon.v3i1.2528
Rizal, A. S., Telagawathi, N. W. S., Yulianthini, N. N., & Putra, K. E. S. (2019). Pengaruh Citra Merek dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Sepatu Merek Nike di Singaraja futsal. Prospek: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 1(2), 34-40. https://doi.org/10.23887/pjmb.v1i2.23152
Soviyana, K., Kamila, M., Sugiyono, N., & Adinugraha, H.H. (2022). Strategi Pemasaran UMKM Produksi Tahu Desa Batang Dalam Menghadapi Persaingan Antar Pengusaha. Journal of Social Work and Empowerment, 2(1), 13-26. https://doi.org/10.58982/jswe.v2i1.161
Tambunan, T. T. H. (2021). Covid-19 Pandemic and Severity of Economic Impacts: The Indonesian Case. Global Economics Science, 1-15. https://doi.org/10.37256/ges.232021898