LITERASI COMPUTATIONAL THINKING TINGKAT DASAR: PELATIHAN KONSTRUKSI TES BERORIENTASI COMPUTATIONAL THINKING BAGI GURU SD KELURAHAN PENATIH
DOI:
https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v12i6.2644Keywords:
Computational Thinking, Problem Solving, TestAbstract
Computational thinking mengajarkan cara memecahkan masalah secara sistematis dengan menggabungkan pemikiran logis, algoritmik, dan ide-ide inovatif. Peran guru dalam mengintegrasikan computational thinking pada pembelajaran merupakan hal yang perlu sebagai langkah untuk menciptakan model yang efektif dalam pembelajaran. Konstruksi tes berorientasi computational thinking diperlukan untuk menciptakan instrumen evaluasi yang mampu mengukur kemampuan computational thinking peserta didik. Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan praktik langsung dalam mengonstruksi tes berorientasi computational thinking. Tahapan kegiatan meliputi tahap persiapan, pelaksanaan, dan refleksi. Pada tahap persiapan dilakukan identifikasi permasalahan melalui observasi. Tahap pelaksanaan dilakukan melalui metode simulasi/permainan, studi kasus, dan praktik langsung. Tahap refleksi dilakukan untuk mengetahui respon peserta pelatihan terhadap sesi pelatihan, tingkat pemahaman terhadap materi, dan tantangan yang dihadapi peserta selama kegiatan berlangsung. Hasil pelatihan ini memberikan beberapa dampak positif bagi guru diantaranya adalah guru mulai lebih memahami konsep computational thinking, kreativitas guru dalam mengembangkan soal mulai terangsang dan dapat membangkitkan minat pada konstruksi tes berorientasi computational thinking. Pemahaman konsep computational thinking harus terus diperdalam khususnya dalam mengintegrasikannya pada mata pelajaran agar terdapat keseimbangan antara aspek computational thinking dan mata pelajaran.
Downloads
References
Anwar, K., & Yuliansyah, M. (2024). New Trends in Education: Computational Thinking and Its Role in Improving the Quality of School Human Resources. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(3), 1056–1069. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v8i3.9361
Barr, V., & Stephenson, C. (2011). Bringing Computational Thinng to K-12: What is Involved and What is the Role of the Computer Science Education Community? ACM Inroads, 2(1), 48–54. https://doi.org/10.1145/1929887.1929905
Bebras. (n.d.). Bebras Indonesia. Retrieved May 19, 2025, from https://bebras.or.id/v3/latihan/
El-Hamamsy, L., Zapata-Cáceres, M., & Bruno, B. (2022). The Competent Computational Thinking Test: Development and Validation of an Unplugged Computational Thinking Test for Upper Primary School. Journal of Educational Computing Research, 60(7).
Ghifari, M. T., Nurjanah, N., Herman, T., & Rahmah, H. (2024). Challenges in Developing Junior High School Students’ Computational Thinking Skills in Mathematics Through Problem-Based Learning. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 135–146. https://doi.org/10.22236/KALAMATIKA.vol9no2.2024pp135-146
Grover, S., & Pea, R. (2018). Computational Thinking: A Competency Whose Time Has Come. In Computer Science Education. Bloomsbury Academic. https://doi.org/10.5040/9781350057142.ch-003
Helsa, Y., Juandi, D., & Turmudi. (2023). Computational Thinking Skills Indicators in Number Patterns. Mathematics Education Journal, 17(2), 167–188. https://doi.org/10.22342/jpm.17.2.20042.167-188
Ilham, M. (2024). Keterampilan Abad 21: Kunci Sukses dalam Transformasi Pendidikan Menuju Visi Indonesia Emas 2045. Ducare: Journal of Education and Learning, 1(2), 46–52. https://doi.org/10.xxxx/ducare.vxix.xxx
Juldial, T. U. H., & Haryadi, R. (2024). Analisis Keterampilan Berpikir Komputasional dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Basicedu, 8(1), 136–144. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i1.6992
Liu, Z., Gearty, Z., Richard, E., Orrill, C. H., Kayumova, S., & Balasubramanian, R. (2024). Bringing Computational Thinking into Classrooms: A Systematic Review on Supporting Teachers in Integrating Computational Thinking into K-12 Classrooms. International Journal of STEM Education, 11(1). https://doi.org/10.1186/s40594-024-00510-6
Maharani, S., Nusantara, T., Rahman Asari, A., & Qohar, A. (2020). Computational Thinking (Pemecahan Masalah di Abad ke-21) (1st ed.). WADE Group. https://www.researchgate.net/publication/347646698
Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(1), 29–40.
Román-González, M., Pérez-González, J.-C., & Jiménez-Fernández, C. (2017). Which Cognitive Abilities Underlie Computational Thinking? Criterion Validity of the Computational Thinking Test. Computers in Human Behavior, 72, 678–691. https://doi.org/10.1016/j.chb.2016.08.047
Shute, V. J., Sun, C., & Asbell-Clarke, J. (2017). Demystifying Computational Thinking. Educational Research Review, 22, 142–158. https://doi.org/10.1016/j.edurev.2017.09.003
Tanjung, Y. I., Azhar, M., Razak, A., Yohandri, Y., Arsih, F., Wulandari, T., Nasution, B., & Lubis, R. H. (2023). State of The Art Review: Building Computational Thinking on Science Education. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 19(1), 65–75. https://doi.org/10.15294/jpfi.v19i1.41745
Wing, J. M. (2006). Computational Thinking. Communicate of the ACM, 49(3), 33–35.
Yansa, H., Retnawati, H., Parera, A., Riyana, M., Alfansuri, U., Olga, Y., Sabon, S., & Sun, N. (2024). Studi Pendahuluan Pengembangan Tes Kemampuan Berpikir Komputasi dalam Matematika Jenjang SMA. Jurnal PENA: Jurnal Penelitian Dan Penalaran, 11(2), 101–115.