PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN UNTUK MENINGKATKAN JIWA WIRAUSAHA ANGGOTA NASYIATUL AISYIYAH KABUPATEN MALANG: PENGUATAN POTENSI LOKAL DAN KOLABORASI

Authors

  • Titiek Ambarwati Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v12i7.2578

Keywords:

Entrepreneurship Training, Women Empowerment, Nasyiatul Aisyiyah Entrepreneurs Association, Local Potential

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk membangun jiwa wirausaha pada anggota dari Nasyiatul Aisyiyah Kabupaten Malang melalui pelatihan kewirausahaan yang komprehensif dan praktis. Pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kewirausahaan peserta, menumbuhkan sikap kreatif, inovatif, dan berani mengambil risiko dalam menjalankan usaha. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini mencakup ceramah, diskusi, studi kasus, serta pendekatan experiential learning, sehingga peserta langsung mempraktikkan teori yang telah dipelajari.  Kegiatan ini dilaksanakan di Laboratorium Manajemen 1, Universitas Muhammadiyah Malang pada 15 Agustus 2024 dengan melibatkan 25 kader perempuan dari berbagai cabang Nasyiatul Aisyiyah di Kabupaten Malang. Hasil dari kegiatan ini adalah terbentuknya Asosiasi Pengusaha Nasyiatul Aisyiyah (APUNA) sebagai wadah bagi peserta untuk berjejaring dan mengembangkan usaha secara mandiri. Peserta menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman mengenai kewirausahaan berbasis potensi lokal dan strategi pemasaran digital. Peserta juga mulai menemukan produk yang ingin dikembangkan dan dijual berdasarkan potensi masing-masing individu. Kegiatan ini berhasil mencapai tujuan untuk memberdayakan perempuan dalam membangun kemandirian ekonomi dan memberikan kontribusi pada pemberdayaan ekonomi lokal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ambarwati, T., Djatmika, E. T., & Handayati, P. (2022). Entrepreneurial Values on business

Performance: Entrepreneurial Commitment as A Mediation. International Journal of

Environmental, Sustainability, and Social Science, 3(2), 234–241.

https://doi.org/10.38142/ijesss.v3i2.13

Cinar, A. B., & Bilodeau, S. (2022). Sustainable Workplace Mental well-being for Sustainable SMEs:

How?. 1–9.

Daud, I., Nurjannah, D., Mohyi, A., Ambarwati, T., Cahyono, Y., Haryoko, A. D. E., Handoko, A. L., Putra,

R. S., Wijoyo, H., Ari-Yanto, A., & Jihadi, M. (2022). The Effect of Digital Marketing, Digital Finance

and Digital Payment on Finance Performance of Indonesian SMEs. International Journal of Data

and Network Science, 6(1), 37–44. https://doi.org/10.5267/J.IJDNS.2021.10.006

Giga, A. R., Muttaqin, I., Aulia, D., & Kurnia, S. (2024). The Role of Socialization and Provision of

Nutritious Supplemental Food in Preventing Stunting in Tegalmade Village. In Prosiding Webinar

Abdimas: Inovasi, Digitalisasi UMKM melalui Potensi Lokal dan Pemberdayaan Pencegahan

Stunting Menuju Indonesia Emas 2045.

Guntoro, G., Wibisono, M. A. A., Rahmawati, A., Ali, H. A. A., & Saputra, S. T. (2024). Pemberdayaan

UMKM dan Peran Wanita Melalui Digitalisasi Pemasaran: Kegiatan pengabdian masyarakat di

Kecamatan Kebon Pedas, Sukabumi. Blantika: Multidisciplinary Journal, 2(3), 306–310.

https://doi.org/10.57096/blantika.v2i3.107

Haddad, M. I., Williams, I. A., Hammoud, M. S., & Dwyer, R. J. (2020). Strategies for Implementing

Innovation in Small and Medium-sized Enterprises. World Journal of Entrepreneurship,

Management and Sustainable Development, 16(1), 12–29. https://doi.org/10.1108/WJEMSD-05-

-0032

Hulu, M., & Mistriani, N. (2025). Pemberdayaan Perempuan Melalui Pariwisata Ekonomi Kreatif

(Kerupuk Genjer) di Desa Asinan Bawen Kabupaten Semarang. Edunomika, 9(1), 1–14.

Indarti, L. (2021). Berdaya Melalui Wirausaha. Abdulloh Arief Publishing.

Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia. (2021). Sistem Informasi Data Tunggal UMKM:

Usulan Peta Jalan Pengembangan Basis Data UMKM (Vol. 1).

Ključnikov, A., Civelek, M., Krajčík, V., & Ondrejmišková, I. (2020). Innovative Regional Development of

the Structurally Disadvantaged Industrial Region by the Means of the Local Currency. Acta

Montanistica Slovaca, 25(2), 224–235. https://doi.org/10.46544/AMS.v25i2.9

Putra, D., & Pratama, A. (2025). Strategi Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pemahaman Tantangan

dan Peluang Geolokal-Geoekonomi. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan,

, 669–679.

Quinton, S., Canhoto, A., Molinillo, S., Pera, R., & Budhathoki, T. (2018). Conceptualising a Digital

Orientation: Antecedents of Supporting SME Performance in The Digital Economy. Journal of

Strategic Marketing, 26(5), 427–439. https://doi.org/10.1080/0965254X.2016.1258004

Rachman, R. M., Rela, I. Z., & Aldin, M. (2024). Pendekatan pemberdayaan Masyarakat di Era Digital.

Yayasan Kita Menulis.

Rahmi, W. (2024). Analytical Study of Experiential Learning: Experiential Learning Theory in Learning

Activities. Edukasia: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 5, 115–126.

https://doi.org/10.62775/edukasia.v5i2.1113

Rosyidi, L. H., Rofiq, A., & Khusnudin. (2025). Peran Perempuan Dalam Pembangunan Ekonomi Dan

Penguatan Kesetaraan Gender. Jurnal Istiqro: Jurnal Hukum Islam, Ekonomi dan Bisnis, 11(1), 20–

https://doi.org/10.30739/istiqro.v11i1.3160

Published

2025-07-20

How to Cite

Ambarwati, T. (2025). PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN UNTUK MENINGKATKAN JIWA WIRAUSAHA ANGGOTA NASYIATUL AISYIYAH KABUPATEN MALANG: PENGUATAN POTENSI LOKAL DAN KOLABORASI. Jurnal Abdi Insani, 12(7), 3043–3049. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v12i7.2578

Issue

Section

section editor