PENDAMPINGAN KEGIATAN MAGANG DI KANTOR DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL PROVINSI KALIMANTAN BARAT

Authors

  • Mentari Mentari Program Studi Sosiologi Universitas Tanjungpura
  • Amira Fazilah Program Studi Sosiologi Universitas Tanjungpura
  • Nurul Fadilah Program Studi Sosiologi Universitas Tanjungpura

DOI:

https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v12i6.2538

Keywords:

Magang Mandiri, Pelayanan Masyarakat, Administrasi Publik

Abstract

Program magang merupakan bagian dari kegiatan pembelajaran berbasis pengalaman yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan praktik kerja. Kegiatan magang di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Kalimantan Barat merupakan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Mandiri yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk memahami secara langsung proses administrasi publik, pelayanan masyarakat, serta penerapan teknologi dalam sistem pemerintahan (E-Government). Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan selama tiga bulan sejak September hingga November 2024 dengan menggunakan tiga metode yakni pembekalan, pendampingan, monev, serta penulisan laporan. Dalam kegiatan ini, mahasiswa tidak hanya melakukan observasi, tetapi juga terlibat aktif dalam pelayanan administrasi kependudukan, seperti penginputan data, pendampingan layanan front office, serta pengelolaan dokumen kependudukan berbasis sistem informasi. Pendampingan yang dilakukan oleh pembimbing instansi membantu mahasiswa memahami alur birokrasi, etika kerja pemerintahan, serta pentingnya pelayanan publik yang cepat, tepat, dan akuntabel. Melalui kegiatan monitoring dan evaluasi secara berkala, mahasiswa juga mendapatkan umpan balik konstruktif untuk meningkatkan kompetensi profesionalnya. Hasil kegiatan ini adalah peningkatan pemahaman mahasiswa terhadap administrasi publik, teknologi pelayanan kependudukan, dan etika kerja pemerintahan melalui keterlibatan langsung dalam pelayanan masyarakat, pengolahan data digital, dan penggunaan sistem SIAK. Mahasiswa juga memperoleh pengalaman membuat laporan kerja, mengikuti evaluasi, serta membangun jejaring profesional, sehingga lebih siap menghadapi dunia kerja dan mendukung transformasi digital birokrasi. Dengan demikian, program magang ini memberikan kontribusi nyata dalam mempersiapkan mahasiswa sebagai sumber daya manusia yang kompeten dan siap terjun ke dunia kerja, khususnya di sektor pelayanan publik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alunaza, H. (2024). Pelatihan penulisan position paper Model United Nation bagi mahasiswa Hubungan Internasional Universitas Tanjungpura. Journal of Community Development, 4(3), 353–361.

Avina, R., & Basyar, M. R. (2023). Optimalisasi program Kalimasada dalam peningkatan pelayanan publik melalui aplikasi KLAMPID di Kecamatan Sambikerep. PRAJA Observer: Jurnal Penelitian Administrasi Publik, 3(2), 212–223. https://jurnal.unigal.ac.id/dinamika/article/view/13742?.

Chairunissa, D., Anisah, A., & Rahmayanti, H. (2024). Membentuk kesiapan kerja mahasiswa melalui program magang. Journal of Engineering Education and Pedagogy, 2(1), 1–7. https://doi.org/10.56855/jeep.v2i1.683

Dewi, N. R., Umam, M. K., & Khoiron, M. Z. (2025). Analisis kendala dan alternatif solusi andragogi dalam praktikum mengajar pada Program Studi Ekonomi Syariah. Akademik Pengabdian Masyarakat, 3(1), 207–221.

Dimyati, A., Togatorop, D. R., & Meilinda, S. D. (2020). Pelayanan e-KTP di masa pandemi pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Bandar Lampung. Wacana Publik, 14(1), 57–86. https://jurnal.unpad.ac.id/jane/article/view/45066?

Irawan, F. A., & Santoso, A. (2018). Implementasi Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) untuk mewujudkan tertib administrasi kependudukan di Kabupaten Ngawi. Wacana Publik, 4(1), 1–15.

Mumtahanah, N., & Kurnia, K. (2022). Analisis keterampilan komunikasi dalam penerimaan karyawan pada lulusan baru STIKOM Interstudi. Inter Script: Journal of Creative Communication, 4(1), 61–81. https://doi.org/10.33376/is.v4i1.1376

Nugraheni, D., & Sinatra Wijaya, L. (2017). Pelaksanaan program internship dalam upaya meningkatkan citra lembaga pendidikan. Scriptura, 7(2), 47–56. https://doi.org/10.9744/scriptura.7.2.47-56 scriptura.petra.ac.id

Putri, D. T., & Ariany, R. (2023). Pelayanan publik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Pencerah Publik, 10(2), 72–81.

Rahmat, M. H., & Lumbantobing, M. A. (2019). Peranan laboratorium dalam peningkatan mutu pendidikan kejuruan di era Revolusi Industri 4.0. Balanga, 7(1), 1–5.

Ripa’i, A. (2018). Penerapan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan berbasis teknologi informasi menuju Single Identity Number di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sumedang Provinsi Jawa Barat. Jurnal Dukcapil, 6(1), 67–85. https://ejournal.ipdn.ac.id/JKCS/article/view/372?

Setyawan, I. A., & Rahmawati, A. (2023). Analisis implementasi program Dukcapil Smart sebagai inovasi pelayanan publik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bantul. Jurnal Agregasi: Aksi Reformasi Government dalam Demokrasi, 11(1), 91–110. https://doi.org/10.34010/agregasi.v11i1.7144.

Sholihah, L., & Mulianingsih. (2023). Reformasi birokrasi (reposisi dan penerapan e-government). Media Birokrasi, 5(1), 41–58. https://ejournal.ipdn.ac.id/JKCS/article/view/372?.

Suwarni, N. (2021). Inovasi pelayanan publik melalui aplikasi “E-Dukcapil” pembuatan kartu keluarga pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Karawang. Journal Publicuho, 4(1), 107–117. https://doi.org/10.35817/jpu.v4i1.16763

Tarliyah, A., Sukarno, D., & Imanudin, K. (2023). Kualitas pelayanan penerbitan KTP elektronik (e-KTP) pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kuningan. JANE: Jurnal Administrasi Negara, 14(2), 520–533. https://doi.org/10.24198/JANE.V14I2.45066

Wajdi, M. F., & Sara, A. (2025). Kontribusi mahasiswa magang sebagai bagian dari penguatan pelayanan publik di Kejaksaan Negeri Parepare. Jurnal Akademik Pengabdian Masyarakat, 3(1), 264–269.

Zainu, R., Nasir, M., & Bilu, L. B. La. (2024). Efektivitas pelayanan publik dalam pembuatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Buton Tengah. PAMARENDA: Public Administration and Government Journal, 3(3), 357–365. https://doi.org/10.52423/PAMARENDA.V3I3.47724

Published

2025-06-10

How to Cite

Mentari, M., Fazilah, A., & Fadilah, N. (2025). PENDAMPINGAN KEGIATAN MAGANG DI KANTOR DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL PROVINSI KALIMANTAN BARAT. Jurnal Abdi Insani, 12(6), 2479–2486. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v12i6.2538

Issue

Section

section editor