PENGUATAN KESIAPAN KERJA MELALUI PSIKOEDUKASI DAN SIMULASI WAWANCARA BAGI SISWA SMK
DOI:
https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v12i7.2534Keywords:
Work Readiness, Psychoeducation, Job Interviews, Vocational High School Students, Applied PsychologyAbstract
Lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dihadapkan pada tantangan dunia kerja yang kompetitif dan dinamis. Persiapan mental dan keterampilan non-akademik seperti kemampuan menghadapi psikotes dan wawancara kerja menjadi hal yang krusial untuk dimiliki. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa tingkat kesiapan kerja lulusan SMK di Indonesia masih belum optimal, terutama dalam aspek non-teknis seperti pengelolaan emosi saat wawancara dan pemahaman terhadap mekanisme psikotes. Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kesiapan kerja siswa melalui psikoedukasi dan simulasi wawancara kerja, guna membekali mereka dengan keterampilan menghadapi dunia kerja secara percaya diri. Metode kegiatan dilakukan melalui penyampaian materi interaktif tentang kesiapan kerja, strategi menghadapi psikotes, dan teknik wawancara. Selanjutnya, peserta mengikuti simulasi wawancara langsung untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan secara praktis. Hasil kegiatan menunjukkan antusiasme tinggi dari siswa kelas XII dalam mengikuti seluruh rangkaian psikoedukasi dan simulasi wawancara kerja. Sebagian besar peserta aktif berdiskusi dan mengajukan pertanyaan terkait proses seleksi kerja. Evaluasi singkat di akhir kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan, khususnya dalam aspek persiapan mental dan teknik menjawab pertanyaan wawancara. Simulasi juga membantu siswa mengenali kekuatan dan area yang perlu diperbaiki. Kegiatan ini berkontribusi dalam memperkuat kesiapan psikologis dan keterampilan interpersonal siswa menghadapi dunia kerja. Kegiatan ini efektif meningkatkan kesiapan kerja siswa melalui pemahaman materi dan pengalaman langsung dalam simulasi wawancara kerja.
Downloads
References
Akbar, A. R., Siregar, A. A., & Wahid, F. A. (2025). Strategi Efektif dalam Optimalisasi Soft Skills Siswa
SMK untuk Kesiapan Kerja dan Daya Saing Global di Era Industri 4.0. PESHUM: Jurnal Pendidikan,
Sosial Dan Humaniora, 4(2), 2497–2509.
Asmarany, A. I., Marissa, A., Wisnubroto, A. P., Dewi, N. N. A. I., Iswahyudi, M. S., Putri, N. Y.,
Puspitafuri, C., Pasaribu, W., SI, M., & PS, C. (2025). Psikologi dan Kesehatan Mental. Batam:
Cendikia Mulia Mandiri.
Bandura, A., & Evans, R. I. (2006). Albert Bandura. Bandung: Insight Media.
Daryanto, I. E., Darwin, M. P., Siregar, I. B., & Januariyansah, S. (2022). Model Manajemen Pelatihan
Pendidikan Vokasi. Mesan: Umsu press.
Goffman, E. (2023). The Presentation of Self In Everyday Life. In Social Theory Re-Wired (pp. 450–459).
Routledge.
Hausfather, S. J. (1996). Vygotsky and Schooling: Creating A Social Context for Learning. Action in
Teacher Education, 18(2), 1–10.
Herasmus, H. (2024). Pelatihan Soft Skill Kesiapan Kerja Siswa Siswi Kelas XII SMKN 7 Batam. Jurnal
Pustaka Paket, 3(1), 5–8.
Ilham, I. (2024). Manajemen Sumber Daya Manusia.Bandung: Widina Media Utama.
Irwansya, I. (2023). Pengaruh Kompetensi Kejuruan Terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMK Negeri 2 Kota
Bima Di Era Revolusi Industri 4.0. JUPENJI: Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia, 2(3), 1–6.
Khairi, I. (2025). Implementasi Kurikulum Merdeka di SMA Plus Al Athiyah Banda Aceh. UIN Ar-Raniry.
Banda Aceh.
Kolb, D. A. (2014). Experiential Learning: Experience as The Source of Learning and Development. New
Jersey: FT press.
Krissanya, N., Sari, D. A. P., Febrilia, I., Prabumenang, A. K. R., Sadat, A. M., Parlina, R., & Dhinanty, R.
D. (2023). Membangun Soft Skill Siswa SMK melalui Pelatihan Optimalisasi Pengelolaan Media
Sosial Konten Pemasaran. Rahmatan Lil’Alamin Journal of Community Services, 3(1), 39–46.
Magdalena, L., Putri, N. R., Devi, S., Aulia, S. N., & Nabilah, S. (2024). Kreatifitas untuk Peluang Berkarya
Menuju Kesuksesan. Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Maslow, A. (2012). Pirámide de Maslow. New York: Thorie Des Besoins de Lhomme Selon.
Muchinsky, P. M. (2006). Psychology Applied to work: An Introduction to Industrial and Organizational
Psychology. USA: Thomson Wadsworth.
Open access article under the CC–BY-SA license. Copy right © 2025, Musslifah et al., 3021
Prayesti, T. (2022). Kesiapan Menghadapi Dunia Kerja di Era Vuca Pada Mahasiswa Akhir Pendidikan
Agama Islam Universitas Islam Indonesia. Yogyakarta: UII Press.
Puspita, H. (2012). Evaluasi Penyelenggaraan Model Pendidikan Sistem Ganda Pada SMK Negeri 2
Surakarta Tahun 2011. Surakarta: Repository UNS.
Puspitasari, N. A., & Bahtiar, M. D. (2022). Pengaruh Pengalaman Prakerin, Self Efficacy dan Internal
Locus of Control Terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMK di Bidang Akuntansi. Jurnal Pendidikan
Akuntansi (JPAK), 10(1), 31–43.
Rohman, M., Pradani, Y. F., & Saepuddin, A. (2022). Penerapan Model PJBL Stem Untuk Meningkatkan
Pemahaman Konsep Mahasiswa Pada Matakuliah Gambar Teknik. Universitas Trunojoyo
Madura, 42. Madura: Simpelnas Trunojoyo.
Rohman, T. (2020). Kesiapan Kerja Siswa SMK Ditinjau Dari Kinerja Prakerin. JUPITER (Jurnal Pendidikan
Teknik Elektro), 5(1), 22–27. Madura: Simpelnas Trunojoyo.
Schultz, D. P., & Schultz, S. E. (2020). Psychology and Work Today. New York: Routledge.
Statistik, B. P. (2019). Statistik Ketenagakerjaan. Jakarta: Biro Pusat Statistik.
Supratiknya, A. (2011). Merancang Program dan Modul. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.