SOSIALISASI PEMBANGUNAN PARIWISATA DENGAN MEDIA SOSIAL DI DESA TARO GIANYAR

Authors

  • Anak Agung Ayu Intan Puspadewi Program Studi Hukum Universitas Pendidikan Nasional
  • Ni Putu Sawitri Nandari Program Studi Hukum Universitas Pendidikan Nasional

DOI:

https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v12i6.2525

Keywords:

Desa Taro, Pembangunan Pariwisata, Media Sosial

Abstract

Desa Taro adalah desa yang memiliki banyak keindahan alam dan nilai budaya masyarakat yang tinggi. Keindahan alam dan udara yang sejuk membuat Desa Taro memiliki daya Tarik wisata.  Selain ini Desa Taro memiliki keunikan yaitu adanya lembu putih yang hanya ada satu-satunya di desa tersebut di Bali. Untuk meingkatkan daya Tarik wisata di Desa Taro, maka perlu adanya peningkatan promosi pariwisata dengan menggunaakan media sosial. Tujuan dari kegiatan ini yaitu meningkatkan kunjungan wisatawan ke Desa Taro melalui media sosial dengan melakukan promosi terkait keunikan yang dimiliki Desa Taro. Memperkenalkan kepada dunia melalui media sosial keindahan dan keunikan Desa Taro dengan konten yang lebih menarik wisatawan. Metode kegiatan yang digunakan yaitu Pendataan, Wawancara, Survey ke Desa Taro, evaluasi, Sosialisasi kegiatan pengabdian terkait pembangunan pariwisata dengan media sosial. Pendataan terkait sejarah Desa Taro, potensi wisata, jumlah penduduk, dan keunikan Desa Taro. Kemudian melaukan wawancara dengan perangkat desa dan masyarakat desa, kemudian melalulan survey lokasi dan setelah itu melakukan kegiatan pengabdian. Adapun kesimpulan dari kegiatan pengabdian ini yaitu potensi Desa Taro memiliki keindahan alam dan nilai budaya masyarakat. Untuk meningkatkan pariwisata di Desa Taro perlu adanya promosi pariwisata melalui media sosial, dengan membuat konten foto ataupun video dan diunggah di media sosial. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aliansyah, H., & Hermawan, W. (2021). Peran sektor pariwisata pada pertumbuhan ekonomi kabupaten/kota di Jawa Barat. Bina Ekonomi, 23(1), 39–55. https://doi.org/10.26593/BE.V23I1.4654.39 55 academia.edu+9scispace.com+9jurnal.unigo.ac.id+9

Anang Cahyono, A. S. (2016). Pengaruh media sosial terhadap perubahan sosial masyarakat di Indonesia. Publiciana, 9(1), 140–157. repository.unita.ac.id+10scholar.google.com+10adoc.pub+10

Atiko, G., Sudrajat, R. H., Nasionalita, K., & Komunikasi, I. K. B. U. T. (n.d.). Analisis strategi promosi pariwisata melalui media sosial oleh Kementerian Pariwisata RI (Studi deskriptif pada akun Instagram @indtravel). Jurnal Komunikasi dan Bisnis, 1(2), 1–7

Arief, S. (2018). Pembangunan pariwisata berkelanjutan dalam perspektif sosial-ekonomi. Jurnal Planoearth, 3(1), 7–11. https://doi.org/10.31764/jpe.v3i1.213

Azzahra, N. A., Setiyono, B., & Manar, D. G. (2023). Pembangunan pariwisata berkelanjutan menggunakan pendekatan community-based tourism (CBT) di Desa Wisata Kandri, Kota Semarang. Journal of Politic and Government Studies, 12(2), 118–139. https://doi.org/10.14710/jpgs.v12i2.38149

Fitrios, R., Armaini, & Restu Agusti. (2020). Peningkatan pendapatan rumah tangga dengan pemanfaatan pekarangan rumah di Desa Lubuk Sakat. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 4(2), 153–159. https://doi.org/10.37859/jpumri.v4i2.1991

Hutama, G., Julianto, N. L., Bayu, G. P. S., & Putra, S. D. M. (n.d.). Desain media promosi wisata Desa Taro di Gianyar–Bali. Jurnal Cakrawati (Data lengkap dan DOI tidak tersedia)

Komariah, N., Saepudin, E., & Yusup, P. M. (2018). Pengembangan desa wisata berbasis kearifan lokal. Jurnal Pariwisata Pesona, 3(2), 45–60. https://doi.org/10.26905/jpp.v3i2.2340

Masita, I. (2019). Pengembangan desa wisata oleh pemerintah Desa Babakan, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran. Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 1(2), 1–10

Perbawasari Susie, & Novianti, E. (2016). Strategi komunikasi pemerintah Kabupaten Pangandaran dalam pengembangan ekonomi kerakyatan melalui sektor pariwisata di Kabupaten Pangandaran. Jurnal Ilmiah Komunikasi, 5, 1–17.

Rangkuty, D. M., Pane, S. G., Rianto, H., & Jannah, M. (2021). Peningkatan pemahaman masyarakat kelompok nelayan Desa Pahlawan tentang konsep dasar perdagangan internasional. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 5(1), 139–144. https://doi.org/10.37859/jpumri.v5i1.2539

Rosita, S., Simatupang, J., Bhayangkari, S. K. W., Titinifita, A., & Hasbullah, H. (2021). Menggali keunikan desa sebagai wujud desa wisata di Desa Jernih Jaya, Kabupaten Kerinci. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4(3), 426–435. https://doi.org/10.22437/jkam.v4i3.11558

Sosial, J. P., Rusyidi, B., & Fedryansah, M. (2018). Pengembangan pariwisata berbasis masyarakat. Jurnal Pengembangan Pariwisata, 1(3), 155–165.

Sutiani, N. (n.d.). Peran serta kelompok sadar wisata (Pokdarwis) dalam pengembangan desa wisata di Desa Taro Kecamatan Tegallalang, Kabupaten Gianyar. Jurnal Cakrawarti.

Sugiyarto, & Amaruli, R. J. (2018). Pengembangan pariwisata berbasis budaya dan kearifan lokal. Jurnal Pariwisata dan Budaya, 1(2), 1-10.

Widiyarto, S., Cleopatra, M., Sahrazad, S., Ati, A. P., Sandiar, L., & Widiarto, T. (2021). Penyuluhan literasi baca tulis pada siswa SMA. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 5(1), 122–126. https://doi.org/10.37859/jpumri.v5i1.2503

Published

2025-06-10

How to Cite

Puspadewi, A. A. A. I., & Nandari, N. P. S. (2025). SOSIALISASI PEMBANGUNAN PARIWISATA DENGAN MEDIA SOSIAL DI DESA TARO GIANYAR. Jurnal Abdi Insani, 12(6), 2712–2718. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v12i6.2525

Issue

Section

section editor

Most read articles by the same author(s)