PENINGKATAN KETERAMPILAN BISNIS DIGITAL UNTUK SISWA SMA GIKI 2 SURABAYA DI ERA TEKNOLOGI

Authors

  • Titis Puspitaningrum Dewi Kartika Diploma Keungan dan Perbankan Universitas Hayam Wuruk Perbanas
  • Ikhwan Kholid Diploma Keungan dan Perbankan Universitas Hayam Wuruk Perbanas
  • Aulia Safnira Surya Permata Diploma Keungan dan Perbankan Universitas Hayam Wuruk Perbanas
  • Reza Tianto Sarjana Manajemen Universitas Hayam Wuruk Perbanas
  • Achmad Hanid Baswedan Sarjana Manajemen Universitas Hayam Wuruk Perbanas
  • Abdullah Khoir Riqqoh Sarjana Desain Komunikasi Visual Universitas Hayam Wuruk Perbanas
  • Florentina Meiliana Felixia S Sarjana Desain Komunikasi Visual Universitas Hayam Wuruk Perbanas

DOI:

https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v12i5.2509

Keywords:

Bisnis Digital, Pelatihan Kewirausahaan, Digital Marketing, Sablon Digital

Abstract

Pelatihan bisnis digital bagi siswa SMA merupakan strategi penting dalam mempersiapkan generasi muda menghadapi tantangan era digital, khususnya dalam bidang kewirausahaan. SMA GIKI 2 Surabaya, sebagai institusi pendidikan yang berfokus pada pengembangan akademik dan karakter siswa, mengimplementasikan program pelatihan bisnis digital bagi siswa kelas XII. Program ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan siswa dalam bidang kewirausahaan, digital marketing, serta produksi produk kreatif yang layak jual. Kegiatan pengabdian ini  menggunakan metode observasi dan koordinasi dengan mitra sekolah untuk mengidentifikasi permasalahan utama, termasuk minimnya pemahaman siswa tentang kewirausahaan serta kurangnya keterampilan dalam desain dan produksi bisnis digital. Solusi yang ditawarkan dalam program ini mencakup pelatihan teori kewirausahaan, praktik pembuatan desain kaos sablon menggunakan teknologi Direct to Film (DTF), serta pengenalan dunia kampus melalui kegiatan roadshow. Hasil pelatihan menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam pemahaman dan keterampilan siswa. Berdasarkan hasil pre-test dan post-test, terjadi peningkatan rata-rata nilai dari 6,45 menjadi 9,05, dengan selisih kenaikan sebesar 2,6 poin. Hal ini menunjukkan bahwa siswa mampu memahami materi yang diberikan setelah mengikuti pelatihan. Selain itu, pelatihan ini juga meningkatkan keterampilan praktis siswa, terutama dalam desain grafis dan teknik sablon digital. Hasil akhir menunjukkan bahwa setiap peserta berhasil menyelesaikan desain dan sablon kaos tanpa adanya kerusakan atau kesalahan teknis yang diukur dari Indikator keberhasilan program ini diukur melalui peningkatan literasi digital, keterampilan desain grafis, serta kemampuan praktis dalam produksi bisnis digital.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Budiyanto, M. A., Prihadi, D., Irawan, B. H., & Irsyad, F. (2023). Peningkatan Literasi Digital Student-preneurship Pada SMA Ihsaniyah di Kota Tegal. Jurnal Abdimas PHB Vol, 6(4).

Bungai, J., Perdana, I., Supriyadi, S., & Pancawati, R. (2024). Edukasi kewirausahaan berbasis digital melalui pelatihan dan pendampingan bagi siswa tingkat Sekolah Menengah Atas. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 8(2), 1497–1506.

Jamaludin, M., Sulistianto, S. W., MI, A., MM, M., Marthalia, D., Wikansari, R., Fachrurazi, H., Hiswanti, S., Ikom, M., & Indrayani, E. (2022). Transformasi Digital Dalam Dunia Bisnis. Cendikia Mulia Mandiri.

Kurniawan, P. (2017). Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Komunikasi Pemasaran Modern Pada Batik Burneh Puguh Kurniawan Universitas Trunojoyo Madura. Kompetensi, 11(2).

Nizar, M., Iltiham, M. F., & Rakhmawati, A. (2023). Meningkatkan Kemampuan Digital Masyarakat Lokal Melalui Pendampingan Dan Pengembangan Transformasi Bisnis Digital. Abdimas Unwahas, 8(2).

Pare, A., & Sihotang, H. (2023). Pendidikan holistik untuk mengembangkan keterampilan abad 21 dalam menghadapi tantangan era digital. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 27778.

Putri, O. A., & Hariyanti, S. (2022). Review artikel: Transformasi digital dalam bisnis dan manajemen. Proceedings of Islamic Economics, Business, and Philanthropy, 1(1), 135–166.

Rahmadana, M. F. (2021). Ekonomi Digital. Nilacakra.

Ramli, T., Sukarsa, D., Zamil, Y. S., Muttaqin, Z., Putri, S. A., Cahyadini, A., Ramadayanti, E., Millaudy, R. A., Hidayat, M. J., & Aurellia, B. (2022). Pemanfaatan teknologi bagi siswa dalam menyokong peningkatan ekonomi digital dan upaya menghadapi era society 5.0. ACTA DIURNAL Jurnal Ilmu Hukum Kenotariatan, 6(1), 81–98.

Rizky, M. M., Rizky, M. M., & Sari, T. N. (2020). The Influence of Instagram Social Media Against Traveling Interest. Proceedings of The ICECRS, 8, 1–12. https://doi.org/10.21070/icecrs2020479

Sihombing, N. S., Pardede, E., Sihombing, A., & Dewantara, N. (2022). Pemasaran Digital. Penerbit Widina.

Sudirwo, S., Nurriqli, A., & Risanta, M. (2021). Pemanfaatan Instagram bagi Pengembangan Pemasaran Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Banjarbaru. Jurnal Riset Inspirasi Manajemen Dan Kewirausahaan, 5(1). https://doi.org/10.35130/jrimk.v5i1.178

Suhariyanto, D. (2023). Pelatihan Pengelolaan SDM di Era Digital pada UMKM. SABAJAYA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 27–32.

Sundari, S., & Lestari, H. D. (2022). Pemasaran digital dalam kewirausahaan. WIKUACITYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 94–99.

Warsiyah, W., Madrah, M. Y., Muflihin, A., & Irfan, A. (2022). Urgensi Literasi Digital bagi Pendidik dalam Meningkatkan Keterampilan Mengelola Pembelajaran. Dimas: Jurnal Pemikiran Agama Untuk Pemberdayaan, 22(1), 115–132.

Yulaini, E., Pramika, D., Hodsay, Z., Rachmawati, D. W., Gunawan, H., Toyib, M., Permatasari, N., & Suryani, I. (2022). Pelatihan dan Workshop Kewirausahaan Berbasis Digital di Sekolah. Wahana Dedikasi: Jurnal PkM Ilmu Kependidikan, 5(1), 151–156.

Published

2025-05-24

How to Cite

Kartika, T. P. D., Kholid, I., Permata, A. S. S., Tianto, R., Baswedan, A. H., Riqqoh, A. K., & S, F. M. F. (2025). PENINGKATAN KETERAMPILAN BISNIS DIGITAL UNTUK SISWA SMA GIKI 2 SURABAYA DI ERA TEKNOLOGI. Jurnal Abdi Insani, 12(5), 1955–1963. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v12i5.2509

Issue

Section

section editor

Most read articles by the same author(s)