PENYULUHAN MAKANAN SEHAT PADA ANAK SEKOLAH DASAR MELALUI PROGRAM GEMAPROHE (GEMAR MAKAN PROTEIN HEWANI) DI SDIT ALAM AL-HIKMAH MAGELANG

Authors

  • Fery Dwi Riptianingsih Prodi Peternakan Universitas Tidar
  • Sri Setyaningrum Prodi Peternakan Universitas Tidar
  • Safitri Prodi Peternakan Universitas Tidar
  • Nur Azmi Hidayati Prodi Peternakan Universitas Tidar

DOI:

https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v12i5.2497

Keywords:

Healthy food, Elementary school children, Animal protein

Abstract

Kegemaran mengonsumsi makanan cepat saji (junk food) serta minuman tinggi kadar gula semakin marak berkembang dengan sasaran konsumen utamanya adalah anak-anak sekolah dasar. Kebiasaan mengonsumsi makanan dan minuman tidak sehat pada anak sekolah dasar ini harus secara perlahan diubah dengan adanya penyuluhan makanan sehat dan bergizi seimbang yang penting untuk perkembangan fisik dan kecerdasan otak generasi bangsa. Sehingga perlu adanya edukasi kepada anak-anak melalui program Gemaprohe (Gemar Makan Protein Hewani). Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah memberikan pemahaman kepada siswa-siswi SDIT Alam Al-Hikmah Magelang tentang pentingnya konsumsi protein hewani serta makanan dan minuman sehat melalui penyuluhan Program Gemaprohe (Gemar Makan Protein Hewani). Metode dan pendekatan yang dilakukan yaitu persiapan meliputi observasi lokasi serta objek pengabdian, sosialisasi dengan menggunakan alat peraga serta metode yang menarik untuk anak-anak, tahap pengerjaan worksheet, kegiatan makan sehat bersama serta monitoring dan evaluasi. Hasil kegiatan pengabdian ini menunjukkan peningkatan pemahaman siswa-siswi akan makanan sehat dan bergizi seimbang serta protein hewani yang terlihat dari hasil evaluasi. Penyampaian materi yang diselingi dengan ice breaking serta senam sehat dapat meningkatkan antusiasme peserta dan menjadi indikator keberhasilan program pengabdian ini. Kegiatan pengabdian ini secara keseluruhan mendapatkan respon positif baik dari guru, wali murid, dan siswa-siswi kelas 2 SDIT Alam Al-Hikmah Magelang. Luaran yang ditargetkan dari hasil kegiatan pengabdian ini yaitu adanya peningkatan pemahaman anak tentang pentingnya konsumsi produk ternak (daging, telur, dan susu) telah tercapai. Dengan mengonsumsi protein hewani secara seimbang, anak-anak dapat memenuhi kebutuhan nutrisinya untuk tumbuh sehat, aktif, dan berprestasi. Peran orang tua dan guru sangat penting dalam membimbing dan memberikan contoh pola makan sehat sejak dini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Almatsier, S. (2009). Prinsip Dasar Ilmu Gizi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Damayanti, D. (2017). Ilmu gizi dan aplikasi. Jakarta: EGC Penerbit Buku Kedokteran.

Erviana, V. E., Setiyoko, D. T., & Toharudin, M. (2023). Analisis Penerapan Ice Breaking Dalam Pembelajaran Kurikulum Merdeka Peserta Didik di Sekolah Dasar. Concept: Journal of Social Humanities and Education, 2(3), 57-64. https://doi.org/10.55606/concept.v2i3.529.

Hadjimbei, E., Botsaris, G., & Chrysostomou, S. (2022). Beneficial Effects of Yoghurt and Probiotic Fermented Milks and Their Functional Food Potential. Foods, 11(17), 2691. https://doi.org/10.3390/foods11172691.

Kemenkes RI. (2010). Riset Kesehatan Dasar, RISKESDAS. Jakarta: Balitbang Kemenkes RI.

Kementerian Kesehatan RI. (2018). Tabel Komposisi Pangan. Data Komposisi Pangan Indonesia.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi dan UNICEF. (2023). Modul Bimbingan Teknis Program Gizi untuk Jenjang Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: Kemdikbudristek

Laksono, R. A., Mukti., D. M., & Nurhamidah D. (2022). 35 Dampak Makanan Cepat Saji Terhadap Kesehatan pada Mahasiswa Program Studi “X” Perguruan Tinggi “Y”. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat, 14 (1), 35-39. https://doi.org/10.52022/jikm.v14i1.282

Mardalena, I. M. (2017). Dasar-dasar Ilmu Gizi Dalam Keperawatan Konsep dan Penerapan Pada Asuhan Keperawatan

Martony, O. (2020). Junk Food Makanan Favorit dan Dampaknya Terhadap Tumbuh Kembang Anak dan Remaja. Media Bina Ilmiah, 13(4), 1157–1164. https://doi.org/10.33758/mbi.v13i4.641.

Notoatmodjo, S. (2012). Metodologi Penelitian Kesehatan Tahun 2012.

Prastiwi, W. D., S.I. Santoso, & S. Marzuki. (2017). Preferensi dan Persepsi Konsumsi Produk Nugget Sebagai Alternatif Konsumsi Daging Ayam Pada Masyarakat di Kecamatan Secang Kabupaten Magelang. Agromedia, 35(1): 65-72. https://doi.org/10.47728/ag.v35i1

Putri, E. B. P. & Ardania, M. A. I. (2022). Analysis of Antioxidant Activity, Vitamin C, and Lactic Acid of Yogurt Made From Cow and Goat Milk Used Electric Shock and Conventional Methods. Food Science and Technology Journal (Foodscitech), 5(2), 123-133. https://doi.org/10.25139/fst.vi.4991

Riset Kesehatan Dasar Laporan Nasional Riskesdas. (2018). Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Riset.

Unicef, & WHO, W. (2020). Levels and Trends in Child Malnutrition: Key Findings of the 2019 Edition of the Joint Child Malnutrition Estimates. Geneva: World Health Organization.

U. S. Departement of Agricultural (2019). Food Data Central Food Details. https://fdc.nal.usda.gov/food-details/331960/nutrients.

Published

2025-05-24

How to Cite

Riptianingsih, F. D., Setyaningrum, S., Safitri, & Hidayati, N. A. (2025). PENYULUHAN MAKANAN SEHAT PADA ANAK SEKOLAH DASAR MELALUI PROGRAM GEMAPROHE (GEMAR MAKAN PROTEIN HEWANI) DI SDIT ALAM AL-HIKMAH MAGELANG. Jurnal Abdi Insani, 12(5), 2335–2343. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v12i5.2497

Issue

Section

section editor