PRAKTIKUM PEMBUATAN MEDIA PERTUMBUHAN MIKROBA SEMI SINTESIS DAN STERILISASI MENGGUNAKAN ALAT SEDERHANA PADA SISWA SMA NEGERI 28 MALUKU TENGAH
DOI:
https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v12i5.2495Keywords:
Praktikum, Media Pertumbuhan Mikroba, Semi Sintesis, SterilisasiAbstract
Pelaksanaan praktikum di sekolah sering menghadapi kendala, seperti keterbatasan sarana dan prasarana, kurangnya kreativitas dalam perancangan topik, serta minimnya pemanfaatan bahan alami sebagai alternatif dalam praktikum Biologi. SMA Negeri 28 Maluku Tengah mengalami tantangan serupa, terutama dalam praktikum mikrobiologi yang memerlukan alat khusus, kondisi steril, serta biaya media pertumbuhan mikroba yang tinggi. Selain itu, waktu inkubasi yang lama (2–3 hari) semakin membatasi implementasi praktikum ini, sehingga guru kesulitan mengajarkan konsep mikrobiologi secara langsung kepada siswa. Pelaksanaan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan kerja siswa melalui pendampingan dan pelatihan dalam pembuatan media pertumbuhan mikroba semi-sintesis serta sterilisasi menggunakan alat sederhana. PKM dilaksanakan melalui tahapan persiapan, koordinasi dengan sekolah, penyusunan materi, dan penggunaan alat sederhana. Pelaksanaan menggunakan metode ceramah, tanya jawab, dan eksperimen kelompok. Evaluasi dilakukan melalui kuisioner dan umpan balik untuk menilai pemahaman dan kepuasan siswa. Pelatihan ini berhasil meningkatkan keterampilan praktis siswa, memungkinkan mereka untuk memahami dan menerapkan metode pembuatan media serta teknik sterilisasi dengan bahan yang lebih mudah diakses tanpa mengurangi kualitas eksperimen. Selain itu, kegiatan ini berkontribusi pada peningkatan pemahaman siswa terhadap konsep mikrobiologi, penguatan keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah, serta tumbuhnya minat mereka terhadap sains. Inovasi ini memungkinkan mereka untuk melaksanakan praktikum mikrobiologi dengan alat dan bahan yang lebih terjangkau, tanpa mengurangi kualitas eksperimen yang dilakukan.
Downloads
References
Amin, S. J. (2015). Penerapan metode praktikum untuk menilai keterampilan generik sains siswa kelas X pada pokok bahasan pencemaran lingkungan di SMAN 1 Losarang [Skripsi, IAIN Syekh Nurjati Cirebon].
Arsyad, A. (2011). Media pembelajaran (Vol. 140). Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Haryati, Setiadi, D., & Ismawati. (2021). Hubungan pelaksanaan praktikum terhadap hasil belajar siswa pada materi fungi di SMA Swasta Persiapan Stabat. Jurnal Sintaksis, 3(1), 65–71.
Hisbullah, & Selvi, N. (2018). Pembelajaran ilmu pengetahuan alam di sekolah dasar. Makassar: Aksara Timur.
Indonesia. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 78, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4301.
Jihad, A., & Haris. (2012). Evaluasi pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.
Mariyam, S., Lestari, R., & Afniyanti, A. (2015). Analisis pelaksanaan praktikum pada pembelajaran biologi siswa kelas VII di SMP Negeri 3 Kuntodarussalam tahun pembelajaran 2014/2015. Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Pasir Pengaraian.
Mudjiono, & Dimyati. (2009). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Pattipeilohy, M., Mahulette, F., & Pelamonia, A. (2024). Pelatihan pembuatan media pertumbuhan mikroba untuk meningkatkan work skill guru, research skill siswa jurusan IPA. PAKEM: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 127–133.
Qomarudin, A. (2021). Aktivitas pembelajaran sebagai suatu sistem. PIWULANG: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(1), 24–34.
Sitepu. (2014). Pengembangan sumber belajar. Jakarta: Rajawali Press.
Susanti, R. (2013). Pengaruh penerapan pembelajaran berbasis masalah pada praktikum fotosintesis dan respirasi untuk meningkatkan kemampuan generik sains mahasiswa pendidikan biologi FKIP Unsri. Dalam Seminar Kenaikan Jabatan dari Lektor ke Lektor Kepala pada Tingkat Fakultas-FKIP Unsri, 08 Mei 2013, FKIP Universitas Sriwijaya.
Suwarni, D. I., Kurniasih, S., & Rostikawati, R. T. (2018). Penerapan model pembelajaran think-talk-write (TTW) dan demonstrasi reciprocal untuk meningkatkan hasil belajar ekosistem siswa SMP PGRI Suryakencana Cileungsi Kabupaten Bogor. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(8), 1–6.
Toplis, R., & Allen, M. (2012). ‘I do and I understand?’ Practical work and laboratory use in United Kingdom schools. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 8(1), 3–9.Eurasia J. Math. Sci. Tech. Ed.+1ERIC+1
Zahara, R., Wahyuni, A., & Mahzum, E. (2017). Perbandingan pembelajaran metode praktikum berbasis keterampilan proses dan metode praktikum biasa terhadap prestasi belajar siswa. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika, 2(1), 170–174.