PENINGKATAN KETERAMPILAN PENULISAN ARTIKEL ILMIAH MELALUI BOOTCAMP BERBASIS PENDEKATAN INTERAKTIF BAGI MAHASISWA

Authors

  • Khairul Imtihan Program Studi Sistem Informasi STMIK Lombok https://orcid.org/0000-0001-9379-0782
  • Mardi Mardi Program Studi Sistem Informasi STMIK Lombok
  • Muhamad Rodi Program Studi Sistem Informasi STMIK Lombok
  • Wire Bagye Program Studi Teknik Informatika STMIK Lombok
  • Muhammad Fauzi Zulkarnaen Program Studi Sistem Informasi STMIK Lombok

DOI:

https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v12i5.2492

Keywords:

Bootcamp, Penulisan Artikel Ilmiah, Mendeley, SmartPLS, Publikasi Ilmiah

Abstract

Penulisan artikel ilmiah merupakan keterampilan penting bagi mahasiswa dalam menyelesaikan tugas akademik seperti laporan Praktik Kerja Lapangan (PKL) dan tugas akhir. Banyak mahasiswa mengalami kesulitan dalam memahami struktur artikel ilmiah, teknik pengelolaan referensi, serta analisis data penelitian. Keterbatasan tersebut menghambat proses penulisan laporan secara efektif. Akibatnya, banyak mahasiswa tidak dapat menyelesaikan laporan tepat waktu, yang berdampak pada keterlambatan kelulusan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, diadakan Bootcamp Penulisan Artikel Ilmiah yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan mahasiswa dalam menulis artikel ilmiah secara sistematis sesuai standar akademik melalui pelatihan intensif berbentuk bootcamp interaktif. Metode kegiatan yang digunakan dalam bootcamp ini meliputi ceramah, demonstrasi, dan praktik langsung yang dilakukan selama lima pertemuan. Setiap sesi mencakup materi seperti pengantar penelitian, teknik pencarian referensi menggunakan Mendeley, struktur artikel ilmiah, analisis data dengan SmartPLS, serta strategi submit artikel ke jurnal ilmiah. Evaluasi dilakukan melalui pre-test dan post-test untuk mengukur peningkatan pemahaman peserta.  Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam pemahaman peserta, dengan rata-rata nilai pre-test sebesar 65,7 dan post-test sebesar 92,8. Selain itu, peserta menunjukkan peningkatan keterampilan dalam menyusun artikel ilmiah, pengelolaan referensi, dan analisis data. Pendekatan interaktif dan kombinasi metode pembelajaran dalam bootcamp ini terbukti efektif dalam meningkatkan motivasi mahasiswa dalam menyusun dan mempublikasikan artikel ilmiah. Bootcamp ini berhasil meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam menulis artikel ilmiah serta membantu mereka dalam menyelesaikan laporan PKL dan tugas akhir tepat waktu.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggaira, A. S. (2020). Pelatihan dan pendampingan penulisan artikel ilmiah dan manager reference bagi guru UPTD SMPN 2 Metro. Dedikasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 258–269.

Aprianti, N., Nabila, R., Wijayanti, R., Safitri, A., Kurniawan, I., Sefentry, A., Masriatini, R., Fatimura, M., & Nurdiana, N. (2023). Pelatihan penulisan dan publikasi artikel ilmiah di jurnal nasional terakreditasi dan internasional bereputasi bagi dosen Fakultas Teknik Universitas PGRI Palembang. Kemas Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 77–85. https://doi.org/10.31851/kemas.v1i2.13495

Arifianto, T., Syafii, M., Febrian, W. D., Sani, I., Wajnah, W., & Nainggolan, H. (2024). Pelatihan penulisan artikel ilmiah terindeks Scopus berbantu aplikasi Mendeley. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 121–128. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.24150

Badri, R. E., Pranyoto, E., Gunawan, A., & Rumangkit, S. (2022). Research bootcamp dalam meningkatkan kemampuan menulis artikel ilmiah. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 4407–4412.

Botham, C. M., Brawn, S., Steele, L., Barrón, C. B., Kleppner, S. R., & Herschlag, D. (2020). Biosciences proposal bootcamp: Structured peer and faculty feedback improves trainees' proposals and grantsmanship self-efficacy. PLOS ONE, 15(12), e0243973. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0243973

Cahyadi, W., Ariyanto, S., & Nugraha, A. (2023). Meningkatkan kompetensi akademik mahasiswa melalui workshop pemanfaatan Mendeley sebagai alat referensi. Madiun Spoor: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 58–62. https://doi.org/10.37367/jpm.v3i2.318

Darmalaksana, W. (2021). Pelatihan penulisan artikel untuk keberhasilan mahasiswa dalam publikasi ilmiah. Pre-Print Kelas Menulis UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1–15.

Fadli, K. I., Zaen, M. T. A., Fahmi, H., Ashari, M., & Sofiansyah. (2022). Pelatihan penggunaan aplikasi Quizizz untuk penilaian akhir semester. ABDIKAN: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sains dan Teknologi, 1(4), 575–581. https://doi.org/10.55123/abdikan.v1i4.1136

Faisal, M., Challen, A. E., & Sari, I. (2020). Meningkatkan efektivitas dan kualitas karya ilmiah melalui pelatihan manajemen referensi bagi dosen dan mahasiswa. Humanism: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2). https://doi.org/10.30651/hm.v1i2.5386

Housseine, B., & Oifaa, T. (2020). The significance of English scientific writing proficiency for publishing purposes: The case of Moroccan EFL PhD students at the Euromed University of Fes. Linguistic Forum - A Journal of Linguistics, 2, 13–19.

Imtihan, K. (2024). The impact of visual quality and user interface responsiveness on student satisfaction in academic information systems (AIS). Pakistan Journal of Life and Social Sciences (PJLSS), 22(2). https://doi.org/10.57239/PJLSS-2024-22.2.001455

Imtihan, K., Mardi, M., Bagye, W., & Rodi, M. (2024). Peningkatan penjualan pupuk organik pada forum persatuan pemuda kreatif (FP2K) Desa Sambelia melalui pelatihan, manajemen usaha dan promosi digital. Jurnal Abdi Insani, 11(4), 1655–1679. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v11i4.1968

Imtihan, K., Tantoni, A., Zulkarnaen, M. F., Bagye, W., & Ashari, M. (2023). Pelatihan pemanfaatan Schoology Learning Management System sebagai media pembelajaran untuk guru dan siswa. JPEMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 97–102.

Jasiyah, R., Saifullah, S., Hasnah, S., Waangsir, F. W. F., Dewi, R. A. P. K., & Marpaung, M. P. (2023). Pelatihan penulisan artikel ilmiah terindeks Scopus. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 7687–7692. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.19204

Kadar, A. S., & Darmuh, M. M. (2023). Enhancing students' writing proficiency through extended writing projects. Klasikal: Journal of Education, Language Teaching and Science, 5(1), 236–245. https://doi.org/10.52208/klasikal.v5i1.864

Mao, Z., & Lee, I. (2024). Student engagement with written feedback: Critical issues and way forward. RELC Journal, 55(3), 810–818. https://doi.org/10.1177/00336882221150811

Mintarsih, M., Kulsum, E. M., & Fikra, H. (2022). Workshop penulisan artikel ilmiah jurnal pengabdian kepada masyarakat dosen Universitas Ma’soem. In Gunung Djati Conference Series (Vol. 9, pp. 180–192).

Rosadi, A., Nur, R. A., Ridwan, D., & Apriandinata, I. (2022). Pelatihan penulisan dan publikasi artikel pengabdian kepada masyarakat pada mahasiswa. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 3(1), 125–130. https://doi.org/10.55338/jpkmn.v3i1.297

Schillings, M., Roebertsen, H., Savelberg, H., & Dolmans, D. (2023). A review of educational dialogue strategies to improve academic writing skills. Active Learning in Higher Education, 24(2), 95–108. https://doi.org/10.1177/1469787418810663

Widiawati, C. R. A., Utomo, F. S., Saputro, R. E., Sarmini, S., Adiya, A. Z. D. N., Ilham, R. A., & Hartini, S. (2024). Program pendampingan penulisan ilmiah dan eksplorasi kesenjangan penelitian menggunakan teknologi kecerdasan buatan bagi dosen Fakultas Ilmu Komputer Universitas Amikom Purwokerto. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 8(4), 3195–3205.

Zhang, F., Schunn, C., Chen, S., Li, W., & Li, R. (2023). EFL student engagement with giving peer feedback in academic writing: A longitudinal study. Journal of English for Academic Purposes, 64, 101255. https://doi.org/10.1016/j.jeap.2023.101255

Published

2025-05-24

How to Cite

Imtihan, K., Mardi, M., Rodi, M., Bagye, W., & Zulkarnaen, M. F. (2025). PENINGKATAN KETERAMPILAN PENULISAN ARTIKEL ILMIAH MELALUI BOOTCAMP BERBASIS PENDEKATAN INTERAKTIF BAGI MAHASISWA. Jurnal Abdi Insani, 12(5), 1937–1947. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v12i5.2492

Issue

Section

section editor