MENGASAH KETERAMPILAN MANAJEMEN KEUANGAN SANTRI PONDOK PESANTREN DENGAN PENDEKATAN PARTICIPATORY ACTION RESEARCH (PAR)

Authors

  • R. Agoes Kamaroellah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Madura
  • Alfian Halid Sofian Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Madura
  • Anang Jarot Pratama Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Madura

DOI:

https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v12i7.2486

Keywords:

Pelatihan Manajemen Keuangan, Participatory Action Research (PAR), Keterampilan Keuangan Santri

Abstract

Pendidikan keuangan Islam merupakan aspek penting yang perlu ditanamkan sejak usia dini. Anak-anak perlu dibekali dengan pemahaman dan keterampilan dalam mengelola keuangan secara Islami agar kelak menjadi individu yang cerdas finansial dan mampu mengambil keputusan keuangan yang bijaksana sesuai tuntunan syariah. Penelitian Pengabdian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengimplementasikan pelatihan manajemen keuangan bagi santri pondok pesantren menggunakan pendekatan Participatory Action Research (PAR). Pendekatan PAR dipilih karena melibatkan partisipasi aktif santri dalam setiap tahap penelitian pengabdian. Penelitian pengabdian ini dilakukan pada 150 santri dari Pondok Pesantren Banyuanyar Pamekasan Madura, melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Materi pelatihan mencakup perencanaan keuangan, pengelolaan uang saku, menabung, investasi, dan pengelolaan utang, dengan metode pembelajaran seperti ceramah, diskusi, studi kasus, dan simulasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam pengetahuan, keterampilan, dan sikap santri terhadap manajemen keuangan. Skor pengetahuan meningkat dari 45% pada pre-test menjadi 80% pada post-test. Santri juga menunjukkan kemampuan yang lebih baik dalam membuat anggaran, menabung, mengelola pengeluaran, dan mengelola utang. Sikap mereka terhadap manajemen keuangan menjadi lebih positif dengan meningkatnya kesadaran dan kepercayaan diri. Penelitian ini mengindikasikan bahwa pendekatan PAR efektif dalam meningkatkan kemampuan manajemen keuangan santri pondok pesantren. Dengan partisipasi aktif dan metode pembelajaran variatif, santri dapat lebih memahami dan menerapkan konsep manajemen keuangan dalam kehidupan sehari-hari. Hasil ini diharapkan dapat berkontribusi pada pengembangan pendidikan keuangan di pondok pesantren, sehingga santri lebih mandiri dan sejahtera di masa depan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ajzen, I., & Fishbein, M. (2005). The Influence of Attitudes on Behavior. In The handbook of attitudes.

(pp. 173–221). Lawrence Erlbaum Associates Publishers.

Aryawati, N. P. A., Harahap, T. K., Yanti, N. N. S. A., Mahardika, I. M. N. O., Widiniarsih, D. M., Ahmad,

M. I. S., Mattunruang, A. A., & Amali, L. M. (2023). Manajemen keuangan. Penerbit Tahta Media.

De Oliveira, B. (2023). Participatory action research as a research approach: Advantages, limitations

and criticisms. Qualitative Research Journal, 23(3), 287–297.

Elliehausen, G. (2019). Behavioral Economics, Financial Literacy, and Consumers’ Financial Decisions.

In A. N. Berger, P. Molyneux, & J. O. S. Wilson (Eds.), The Oxford Handbook of Banking (p. 0).

Oxford University Press. https://doi.org/10.1093/oxfordhb/9780198824633.013.26

Filipiak, D. (2022). Youth Participatory Action Research. Routledge.

https://doi.org/10.4324/9781138609877-REE169-1

Fitri, R., & Ondeng, S. (2022). Pesantren Di Indonesia: Lembaga Pembentukan Karakter. Al-Urwatul

Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 42–54.

Irbah, A. N., Munastiwi, E., Riyadi, A. S. M., & Binsa, U. H. (2022). Peran Orang Tua Dalam Membangun

Financial Education Pada Anak Usia Dini. WISDOM: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 137–

Musthafa, H., & SE, M. M. (2017). Manajemen keuangan. Penerbit Andi.

Nicolini, G., & Cude, B. J. (Eds. ). (2021). The Routledge Handbook of Financial Literacy (1st ed.).

Routledge. https://doi.org/10.4324/9781003025221

Open access article under the CC–BY-SA license. Copy right © 2025, Kamaroellah et al., 3030

Nurasikin, A., Masyhari, K., & Imron, A. (2022). Pelatihan Manajemen Keuangan bagi Santri Menuju

Kemandirian Pondok Pesantren. DIMAS: Jurnal Pemikiran Agama Untuk Pemberdayaan, 22(1),

–98.

Ozer, E. J., Sprague Martinez, L., Abraczinskas, M., Villa, B., & Prata, N. (2022). Toward integration of

life course intervention and youth participatory action research. Pediatrics, 149(Supplement 5).

Sa’adah, L. (2020). Manajemen Keuangan. Lppm Universitas Kh. A. Wahab Hasbullah.

Setia Mulyawan, S. (2015). Manajemen keuangan. Pustaka Setia.

Świecka, B., Grzesiuk, A., Korczak, D., & Wyszkowska-Kaniewska, O. (2020). Financial Literacy and

Financial Education. In Theory and Survey. De Gruyter Oldenbourg.

https://doi.org/doi:10.1515/9783110636956

Umuri, K., Riyaldi, M. H., Nizam, A., Sari, N., & Syahrizal, T. M. (2023). Upaya Peningkatan Literasi

Keuangan Syariah di Kalangan Santri Pesantren Tradisional Aceh. Humanism: Jurnal Pengabdian

Masyarakat, 4(3), 331–345

Published

2025-07-20

How to Cite

Kamaroellah, R. A., Sofian, A. H., & Pratama, A. J. (2025). MENGASAH KETERAMPILAN MANAJEMEN KEUANGAN SANTRI PONDOK PESANTREN DENGAN PENDEKATAN PARTICIPATORY ACTION RESEARCH (PAR). Jurnal Abdi Insani, 12(7), 3022–3030. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v12i7.2486

Issue

Section

section editor