WORKSHOP PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA INTERAKTIF CLASS POINT DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Zainuddin Untu Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
  • Tri Widyasari Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
  • Rahma Adya Pinastika Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
  • Raudatul Hikmah Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
  • Lesti Nur Pratiwi Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v12i5.2446

Keywords:

Interactive Learning Media, ClassPoint

Abstract

Penggunaan media pembelajaran merupakan salah satu keterampilan dasar yang harus dikuasai oleh guru matematika. Namun, sebagian guru Sekolah Dasar di Kecamatan Samarinda Utara masih mengalami kesulitan dalam mengembangkan media pembelajaran matematika interaktif. Padahal, penggunaan media pembelajaran sangat diperlukan karena matematika merupakan suatu konsep yang abstrak sehingga diperlukan inovasi dan variasi dalam pembelajarannya. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, tim pengabdian kepada masyarakat mengadakan workshop pengembangan media pembelajaran interaktif ClassPoint di Sekolah Dasar. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan pendampingan pengembangan serta penyusunan media pembelajaran matematika interaktif ClassPoint di Sekolah Dasar Negeri 013 Samarinda Utara dan sekitarnya. Kegiatan ini dilaksanakan melalui tahap pelaksanaan, evaluasi dan refleksi. Pada tahap pelaksanaan, peserta diberi pendampingan terkait pengembangan dan pembuatan media pembelajaran matematika interaktif ClassPoint. Selanjutnya pada tahap evaluasi dan refleksi, berbagai masukan dan umpan balik dari peserta kegiatan dijadikan acuan dalam perancangan program pendampingan selanjutnya. Berdasarkan hasil pendampingan, dari total 22 peserta kegiatan workshop, sebanyak 18 peserta mampu membuat media pembelajaran dengan memanfaatkan media ClassPoint dengan baik. Sedangkan 4 peserta lainnya kurang mampu membuat media pembelajaran menggunakan ClassPoint, dikarenakan keempat peserta ini memiliki kemampuan yang kurang dalam hal penggunaan IT. Namun selama kegiatan, seluruh peserta sangat antusias untuk mengikuti kegiatan workshop dan tetap mencoba walau sebagian peserta memiliki keterbatasan kemampuan. Diharapkan peserta kegiatan pengabdian ini dapat menularkan pengetahuan yang diperoleh selama workshop kepada guru lain, khususnya kepada mereka yang tidak mengikuti kegiatan ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amir, A. (2016). Penggunaan media Gambar Dalam Pembelajaran Matematika. Eksakta: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA, 1(2), 34–40. https://doi.org/10.31604/eksakta.v1i2.184

Astari, T. (2022). Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran Yang Menarik dan Interaktif Dengan Classpoint. Journal of Social Empowerment, 7(2), 104–110.

Fitriyani, F., Sakur, S., & Maimunah, M. (2020). Media Pembelajaran Matematika Berbasis Komputer Pada Materi Kesebangunan dan Kekongruenan Bagi Siswa SMP/MTs kelas IX. JURING: Journal for Research in Mathematics Learning, 3(1), 81–90. https://doi.org/10.24014/juring.v3i1.9006

Ikhsan, A. N., Kuncoro, A. P., Iftinani, A. D., & Fadilah, A. N. (2024). Pelatihan Penggunaan Classpoint Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Guru di SMK Negeri Kebasen. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 8(4), 4030–4036.

Indraswati, D., Sobri, M., Rahmatih, A. N., Fauzi, A., & Amrullah, L. W. Z. (2023). Pelatihan Pembuatan Media Interaktif Menggunakan Aplikasi Classpoint Untuk Mengoptimalkan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal INTERAKTIF: Warta Pengabdian Pendidikan, 3(2), 74–81.

Kustandi, C., & Darmawan, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran: Konsep & Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran Bagi Pendidik di Sekolah dan Masyarakat. KENCANA.

Mardati, A. (2021). Media digital dalam pembelajaran matematika. Prosiding Seminar Nasional Dies Natalis UTP Surakarta, 1, 1. https://doi.org/10.36728/semnasutp.v1i01.25

Ni’mah, A. M., & Supriyo, S. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Classpoint Pada Materi Relasi dan Fungsi di SMPN 4 Pasuruan. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 8(1), 46–55. https://doi.org/10.33369/jp2ms.8.1.46-55

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/165614/permendikbud-no-22-tahun-2016

Rhiyanto, D. F. P., & Rachmadiarti, F. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Add-Ins Classpoint Materi Bioteknologi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Peserta Didik Kelas XII SMA/MA. Bioedu: Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 12(2), 452–465. https://doi.org/10.26740/bioedu.v12n2.p452-465

Saputri, S., Sabri, T., & Kartono, K. (2022). Analisis Keterampilan Guru Dalam Menggunakan Media Pada Pembelajaran Tematik Kelas V SD. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 11(1), 84–91. https://doi.org/10.26418/jppk.v11i1.51767

Thoyibah, A. P., Efriani, A., & Arifin, S. (2024). Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Classpoint Untuk Melihat Minat Belajar Siswa. J-CEKI: Jurnal Cendekia Ilmiah, 3(4), 1140–1146.

Waty, H. R. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif E-Learning Pendidikan Agama Islam Melalui Aplikasi Classpoint. ITJMIE (International Journal of Technology and Management in Education), 4(1), 1–10. https://doi.org/10.32832/itjmie.v4i1.5683

Yunita, S. (2020). Media Pembelajaran Matematika Berbasis TIK. Ahlimedia Press.

Yusuf, M., Syamsunardi, S., Manan, A., Almeyda, R., Hidayah, N., Naufal, M. A., & Haris, H. (2023). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Classpoint di Sekolah Sebagai Media Pembelajaran Interaktif. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian, 550–554.

Published

2025-05-24

How to Cite

Untu, Z., Widyasari, T., Pinastika, R. A., Hikmah, R., & Pratiwi, L. N. (2025). WORKSHOP PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA INTERAKTIF CLASS POINT DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Abdi Insani, 12(5), 1882–1890. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v12i5.2446

Issue

Section

section editor

Most read articles by the same author(s)