EDUKASI GIZI SEIMBANG DENGAN PROGRAM "ISI PIRINGKU" PADA REMAJA SEKOLAH MENENGAH DI KOTA SIBOLGA
DOI:
https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v12i3.2388Keywords:
education, balanced nutrition, adolescents, SibolgaAbstract
Remaja merupakan kelompok usia yang rentan terhadap masalah gizi dan kesehatan seperti kekurusan, kegemukan, masalah perilaku konsumsi makanan dan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Masalah gizi dan kesehatan pada remaja dapat dicegah melalui penerapan gizi seimbang, sehingga remaja perlu mendapatkan informasi dan edukasi yang memadai tentang pedoman gizi seimbang. Tujuan dari kegiatan ini untuk memberikan edukasi gizi seimbang dengan isi piringku kepada remaja sekolah menengah di Kota Sibolga. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah pendidikan masyarakat melalui ceramah dan tanya jawab menggunakan media power point dan leaflet : informasi isi piringku. Kegiatan dilakukan di 4 sekolah wilayah Kota Sibolga dengan total peserta sebanyak 113 siswa. Evaluasi kegiatan dilakukan dengan mengukur pengetahuan sebelum dan sesudah pemberian edukasi melalui pre test dan post test. Nilai pre test dan post test mengalami peningkatan dari median 4 menjadi 6. Sebelum edukasi diberikan, tingkat pengetahuan gizi seimbang remaja berada pada kategori kurang (78,76%) dan cukup (21,24%). Setelah diberikan edukasi, remaja yang memiliki pengetahuan gizi seimbang kategori kurang mengalami penurunan menjadi 29,20%, kategori cukup dan baik mengalami peningkatan menjadi 61,06% dan 9,74%. Kegiatan ini membuktikan bahwa pemberian edukasi gizi seimbang dan isi piringku dengan metode ceramah menggunakan media power point dan leaflet dapat mempengaruhi pengetahuan remaja sekolah menengah di Kota Sibolga.
Downloads
References
Amira, K. A., & Setyaningtyas, S. W. (2021). Pengaruh edukasi gizi terhadap pengetahuan dan sikap anak sekolah dasar dalam pemilihan jajanan sehat: Literature review. Media Gizi Indonesia, 16(2), 130–138. https://doi.org/10.204736/mgi.v16i2.130-138
Amisi, M. D., Malonda, N. S. H., Musa, E. C., Sanggelorang, Y., & Mantjoro, E. M. (2022). Edukasi tentang gizi seimbang pada remaja di Kabupaten Minahasa. Jurnal Perempuan dan Anak Indonesia, 4(1), 38–42. https://doi.org/10.35801/jpai.4.1.2022.44730
Atasasih, H., & Mulyani, S. (2022). Sosialisasi “Isi Piringku” pada remaja putri sebagai upaya pencegahan stunting. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 116–121. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i1.4685
Azizah. (2013). Kebahagiaan dan permasalahan di usia remaja (penggunaan informasi dalam pelayanan bimbingan individual). Konseling Religi: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 4(2), 295–316.
Balitbangkes. (2018). Laporan nasional RISKESDAS 2018. Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, Kemenkes RI.
Chahyanto, B. A., Hasfika, I., & Susilo, Y. (2024). Kombinasi pemberian makanan tambahan dengan edukasi kesehatan pada anak sekolah di Kota Sibolga. Jurnal Abdi Insani, 11(1), 370–380. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v11i1.1392
Chahyanto, B. A., Pandiangan, D., Aritonang, E. S., & Laruska, M. (2019). Pemberian informasi dasar posyandu melalui kegiatan penyegaran kader dalam meningkatkan pengetahuan kader di Puskesmas Pelabuhan Sambas Kota Sibolga. AcTion: Aceh Nutrition Journal, 4(1), 7–14. https://doi.org/10.30867/action.v4i1.119
Chahyanto, B. A., Susilo, Y., Hasfika, I., Anwar, K., & Simatupang, E. (2020). Increasing Sibolga students’ health knowledge and attitude through the combination of my health report and counseling. Jurnal Vokasi Kesehatan, 6(1), 28–34.
Dirfa, E. A., Mita, J. A. N., & Adithama, S. P. (2022). Pembangunan sistem informasi manajemen rapat (studi kasus: Universitas Atma Jaya Yogyakarta). Jurnal Informatika Atma Jogja, 3(2), 82–89. https://doi.org/10.24002/jiaj.v3i2.6779
Ekayanti, I., Briawan, D., & Destiara, I. (2013). Perbedaan penggunaan media pendidikan terhadap perubahan pengetahuan dan sikap ibu dalam sarapan anak sekolah dasar di Kabupaten Bogor. Jurnal Gizi dan Pangan, 8(2), 109–114.
Femyliati, R., & Kurniasari, R. (2021). Pemanfaatan media kreatif untuk edukasi gizi pada remaja (literature review). HEARTY: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 10(1), 16. https://doi.org/10.32832/hearty.v10i1.4732
Fitria, F., Musniati, N., & Mulyawati, D. A. (2022). Gambaran tingkat pengetahuan tentang gizi seimbang pada siswa SMA Muhammadiyah 13 Jakarta. Muhammadiyah Journal of Nutrition and Food Science (MJNF), 3(1), 11. https://doi.org/10.24853/mjnf.3.1.11-16
Illavina, I., & Kusumaningati, W. (2022). Pengaruh edukasi pembacaan label informasi nilai gizi dengan media slide PowerPoint terhadap pengetahuan siswa SMA Kota Depok. Muhammadiyah Journal of Nutrition and Food Science (MJNF), 3(1), 27. https://doi.org/10.24853/mjnf.3.1.27-35
Kemenkes. (2014). Pedoman gizi seimbang. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.
Khairunnisa, D. Y., & Kurniasari, R. (2022). Literatur review: Pengaruh edukasi gizi melalui media KIE gizi terhadap pengetahuan mengenai konsumsi sayur dan buah pada remaja. HEARTY: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 10(2), 42–52. http://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/Hearty/issue/archive
Lathifa, S., & Mahmudiono, T. (2020). Pengaruh media edukasi gizi berbasis web terhadap perilaku makan gizi seimbang remaja SMA Surabaya. Media Gizi Kesmas, 9(2), 48–56.
Muthmainnah, A. F., Rahayu, N. S., & Muhdar, I. N. (2021). Pengaruh pemberian edukasi gizi menggunakan media podcast terhadap peningkatan pengetahuan dan sikap mengenai obesitas pada remaja. Arsip Gizi dan Pangan, 6(2), 95–110. https://doi.org/10.22236/argipa.v6i2.6212
Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 25 Tentang Upaya Kesehatan Anak. (2014). https://doi.org/10.1530/EJE-14-0355
Undang-Undang Republik Indonesia Tentang Kesehatan. (2023).
Yuningsih, R., & Kurniasari, R. (2022). Pengaruh edukasi gizi melalui media bergambar dan permainan terhadap pengetahuan gizi seimbang pada anak sekolah dasar (suatu pendekatan studi literature review). HEARTY: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 10(1), 1–7. http://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/Hearty/issue/archive.