PENGENALAN DAN PELATIHAN SINGKAT TOEFL ITP UNTUK SISWA SMP-SMA SAHABATQU ISLAMIC FULL-DAY SCHOOL

Authors

  • Purwaningtyas Dwi Astuti Program Studi Sastra Inggris Universitas Negeri Yogyakarta
  • Brigitta Sita Oentari Program Studi Sastra Inggris Universitas Negeri Yogyakarta
  • Dindadari Arum Jati Program Studi Sastra Inggris Universitas Negeri Yogyakarta
  • Regita Sekar Arrum Program Studi Sastra Inggris Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v12i4.2336

Keywords:

TOEFL ITP, PkM, SIFS

Abstract

TOEFL ITP merupakan salah satu tes Bahasa Inggris terstandarisasi untuk menguji kecakapan Bahasa Inggris. Banyak institusi pendidikan menggunakan TOEFL ITP sebagai syarat kelulusan untuk program S1 dan S2. Selain itu, banyak lembaga pemberi beasiswa (salah satunya adalah LPDP), perusahaan multinasional, serta lembaga pemerintahan, mensyaratkan TOEFL ITP sebagai salah satu kriteria seleksi untuk mengukur kecakapan bahasa Inggris pelamar. Dilihat dari pentingnya tes ini, Program Studi Sastra Inggris UNY melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) yang bertujuan untuk mengenalkan dan memberikan pelatihan singkat TOEFL ITP kepada siswa SMP dan SMA SahabatQu Islamic Fullday School (SIFS), Sleman, DIY. PkM ini juga diharapkan mampu meningkatkan kesadaran siswa terhadap pentingnya bahasa Inggris dalam dunia akademik dan profesional serta membantu siswa dalam persiapan studi lanjut. Pada tahap persiapan, tim PKM melakukan analisis kebutuhan dan survei lapangan di sekolah SMP dan SMA SIFS. Pada tahap pengembangan, tim PKM membuat materi pelatihan TOEFL ITP serta soal yang pada tahap pelaksanaan diujikan kepada peserta pelatihan. Evaluasi akhir dilakukan melalui penyebaran angket. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa 58% peserta setuju pelatihan ini meningkatkan keterampilan mereka dalam mengerjakan TOEFL ITP dengan baik. Persentase yang sama juga menyatakan bahwa materi yang diberikan jelas dan mudah dipahami. 52% peserta menyatakan sangat setuju untuk pelatihan lanjutan ke depannya. Evaluasi tersebut menunjukkan bahwa pelatihan ini dinilai sangat bermanfaat dalam memberikan pemahaman terhadap tes TOEFL ITP, dan peserta berharap untuk ada pelatihan berkelanjutan lainnya. Program ini secara keseluruhan berhasil meningkatkan kesadaran siswa terhadap pentingnya belajar bahasa Inggris, dan meningkatkan pemahaman siswa terhadap format dan strategi pengerjaan TOEFL ITP.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alderson, J. C. (2005). Diagnosing foreign language proficiency: The interface between learning and assessment. Continuum International Publishing Group.

Brown, H. D. (2004). Language assessment: Principles and classroom practices. Pearson Education.

Chappelle, C. A., Enright, M. K., & Jamieson, J. (2008). Building a validity argument for the Test of English as a Foreign Language. Routledge.

Educational Testing Service (ETS). (2020). Official guide to the TOEFL ITP test. ETS.

Fitria, T. N., & Prastiwi, I. E. (2020). Pelatihan tes TOEFL (Test of English as a Foreign Language) untuk siswa SMK/SMA, mahasiswa, dosen, dan umum. Jurnal Budimas, 2(2), 43–49. https://doi.org/10.29040/budimas.v2i2.1457

Kamis, A. S. (2019). Bahan pembelajaran otonom struktur dan ekspresi tertulis untuk persiapan TOEFL. Jurnal LingTera, 6(1), 62-72. https://doi.org/10.21831/lt.v6i1.24191

Phillips, D. (2003). Longman preparation course for the TOEFL test: The paper test. Pearson Education.

Phillips, D. (2003). Longman complete course for the TOEFL test: Preparation for the computer and paper tests. Pearson Education.

Purnaning, E. R., Ayuningtyas, A. K., Kridaningtyas, I., & Nurul, H. (2014). Upgrade TOEFL score: Rahasia melejitkan skor TOEFL. https://books.google.co.id/books?id=Xk0PBAAAQBAJ

Rogers, B. (2011). The complete guide to the TOEFL test (2nd ed.). Heinle Cengage Learning.

Rojak, O. B. (2022). Pelatihan TOEFL ITP untuk mahasiswa tingkat akhir Politeknik Ketenagakerjaan. Jurnal Acitya Bhakti, 2(1), 45-52. http://www.openjournal.unpam.ac.id/index.php/ACB/index

Rosyidi, A. Z. (2021). Efektifitas metode PBL dalam meningkatkan pemahaman naratif text pada siswa SMA kelas X. Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 1(1), 1-9. https://doi.org/10.36418/alinea.v1i1.24

Ruminar, H., Prasetyaningrum, D. I., Maharddhika, R., & Prasetianto, M. (2023). Pelatihan dan simulasi TOEFL sebagai upaya pencapaian nilai yang ditargetkan. Dharmakarya: Jurnal Penerapan Iptek Bagi Masyarakat, 12(1), 122-128. https://doi.org/10.24198/dharmakarya.v12i1.45033

Sharpe, P. J. (2020). Barron’s TOEFL ITP: Test of English as a Foreign Language Institutional Testing Program. Barron's Educational Series.

Suwartono, T., & Prihadi, D. (2018). The effectiveness of TOEFL preparation training in improving students’ English proficiency. Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris, 5(1), 45-60. https://doi.org/10.15294/lc.v5i1.12345

Published

2025-04-24

How to Cite

Astuti, P. D., Oentari, B. S., Jati, D. A., & Arrum, R. S. (2025). PENGENALAN DAN PELATIHAN SINGKAT TOEFL ITP UNTUK SISWA SMP-SMA SAHABATQU ISLAMIC FULL-DAY SCHOOL . Jurnal Abdi Insani, 12(4), 1459–1467. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v12i4.2336

Issue

Section

section editor