PENDAMPINGAN DAN PELATIHAN PEMASARAN PRODUK AREN TERHADAP KELOMPOK TANI MALILU SIPAKAINGA DI DESA ALU KECAMATAN ALU KABUPATEN POLEWALI MANDAR
DOI:
https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v12i6.2311Keywords:
PKM, Alu, Aren, Pemasaran Produk ArenAbstract
Desa Alu merupakan salah satu desa penghasil aren terbanyak di kabupaten Polewali Mandar. Pohon aren merupakan taman dengan berbagai manfaat , salah satunya menghasilkan nira yang dapat diolah menjadi berbagai produk olahan aren seperti gula merah, gula semut, gula cair, dan kolang-kaling. Permasalahan yang hadapi oleh mitra yaitu Pemasaran produk aren melauli pengemasan, branding dan pemasaran berbasis digital menjadi solusi yang diharapkan dapat membantu meningkatkan nilai jual produk. Tujuan kegiatan program kemitraan masyarakat (PKM) ini adalah (1) Memberikan pelatihan manajemen pemasaran produk aren yang efektif kepada kelompok tani Malilu Sipakainga di Desa Alu 2). Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan anggota kelompok tani dalam memasarkan produk aren secara online. 3). Mengembangkan model pemberdayaan kelompok tani untuk dapat memaksimalkan potensi pemasaran produk aren secara mandiri. Metode yang digunakan meliputi Analisis situasi, pelatihan dan pendampingan, serta evaluasi. Kegiatan dilaksanakan melalui ceramah, tanya jawab, dan praktek langsung oleh peserta. Hasil kegiatan menunjukan adanya peningktan signifikan terhadap pengetahuan dan keterampilan peserta dalam memasarkan produk aren dalam hal ini tercantum respon target peserta pelatihan (91%), mencapai tujuan pelatihan (90%) Mencapai tujuan (85%) dalam hasil Qusioner. Peserta juga menunjukan kepuasan tinggi terhadap pelaksanaan pelatihan. Kegiatan PKM berhasil mencapai tujuan dengan meningkatkan kemapuan dan pengethuan mitra diharapkan meningkatkan keberlanjutan pemasaran produk aren.
Downloads
References
Arif Maulana Rahman, Markum, M., & Setiawan, B. (2024). Diversifikasi Produk, Nilai Tambah, dan Pemasaran Aren Di Hkm Giri Madia Kabupaten Lombok Barat. Wahana Forestra: Jurnal Kehutanan, 19(1), 37–52. https://doi.org/10.31849/forestra.v19i1.11890.
Darma, A. W. A. (2023). 1519-Article Text-10138-1-10-20230829. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), 4 No.3, 2487–2493. https://doi.org/https://doi.org/10.55338/jpkmn.v4i2.1519.
Djafri, N., Qomar Badu, S., & Modjo, M. L. (2020). PEMBINAAN KELOMPOK USAHA BERBASIS POTENSI LOKAL DI DESA ALO KECAMATAN BONE RAYA KABUPATEN BONE BOLANGO. In Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 1-10.
Hidayat, T., Fauzi, E., Ishak, A., Rahman, T., Rosbarnawan, F., Rahmi Wati, (2023). SALURAN DAN MARGIN PEMASARAN GULA AREN DI KABUPATEN REJANG LEBONG-BENGKULU Palm Sugar Marketing Channels and Margins in Rejang Lebong District-Bengkulu. Seminar Nasional Pertanian Pesisir, 2(1).
Indasary, D., Melilani, N. H., Rachmat, M. R., & Suhasman, S. (2019). Potensi Dan Daya Dukung Lestari Tegakan Aren Di Desa Lanne. Perennial, 15(2), 93. https://doi.org/10.24259/perennial.v15i2.6775.
Istianawati, & Sudaryanti. (n.d.). PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PROGRAM KELOMPOK SENI DAN USAHA KECIL MENENGAH KELURAHAN MANGKUBUMEN (MPOK SINAH KLAMBEN) DI KELURAHAN MANGKUBUMEN KOTA SURAKARTA. In Jurnal Administrasi Publik (JAP).
Lilis S. Gultom, W. S. (2022). ANALISIS NILAI TAMBAH DAN TATANIAGA GULA AREN (Arenga pinnata) DI DESA RUMAH GALUH,KECAMATAN SEI BINGAI KABUPATEN LANGKAT, PROVINSI SUMATERA UTARA (Vol. 30). Agustus.
Naemah,D , Payung, D Dan Resa D, P. (2021). Sebaran Tingkatan Pertumbuhan Tanaman aren (Arenga pinnata merr) Di kabupaten Banjar Kalimantan Selatan. Prosiding Seminar Nasional Lingkungan Lahan Basah, April 6.
Pane, D., Sari, S., Niaga, A., & Negeri Ujung Pandang, P. (2023). PENGEMBANGAN MODEL BISNIS DAN PEMASARAN GULA AREN BERKELANJUTAN BERBASIS DIGITAL DI SEWO, SOPPENG. Social and Humanities, 9(2), 550–558.
Paulus, P., Zainal, S., & Oramahi, H. A. (2020). PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PEMANFAATAN TANAMAN AREN (Arenga pinnata Merr) DI DESA SEKABUK KECAMATAN SADANIANG KABAUPATEN MEMPAWAH. Jurnal Hutan Lestari, 8(1), 41–49. https://doi.org/10.26418/jhl.v8i1.39289.
Sarah, D. A., Said, M. I., Hasan, M., Dinar, M., & Mustari, M. (2020). Analisis Pendapatan dan Tingkat Kesejahteraan Pengusaha Gula Aren di Desa Gattareng Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng. Indonesian Journal of Social and Educational Studies, 1(2), 1–8. https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=XEIPkDAAAAAJ&pagesize=100&citation_for_view=XEIPkDAAAAAJ:eJXPG6dFmWUC.
Situmorang, H., Eviza, A., Rahmi Fitri, E., & Hardy Purba, J. (2023). Upaya Peningkatan Pemasaran Gula Aren melalui Digital Marketing pada Industri Gula Aren Kelompok Tani Mutiara Kabupaten Lima Puluh Kota. JAST : Jurnal Aplikasi Sains Dan Teknologi, 7(2), 124–132. https://doi.org/10.33366/jast.v7i2.
I GUSTI MADE SUBRATA. (2022). STRATEGI PEMASASARAN PRODUK GULA AREN DI DESA MEKARSARI KECAMATAN GUNUNGSARI KABUPATEN LOMBOK BARAT I GUSTI MADE SUBRATA. Jurnal GANEC SWARA, 16(1), 1470-1475. https://doi.org/10.35327/gara.v16i1.290
Webliana, K., & Rini, D. S. (2020). Potensi dan Pemanfaatan Tanaman Aren (Arenga pinnata) di Hutan Kemasyarakatan Aik Bual Kabupaten Lombok Tengah (The Potency and Utilization of Sugar Palm (Arenga pinnata) Plant In Aik Bual Community Forest (Hkm) Central Lombok Regency). Jurnal Agrohita, 5(1), 25–35. http://dx.doi.org/10.31604/jap.v5i1.1725.