PELATIHAN BRANDING DAN MANAJEMEN KONTEN MEDIA UNTUK MENINGKATKAN KAPASITAS PENGELOLA BANK SAMPAH MELALUI ADOPSI TEKNOLOGI

Authors

  • Lilis Dwi Farida Program Studi D3 Manajemen Informatika Universitas Amikom Yogyakarta
  • Akhmad Dahlan Program Studi D3 Manajemen Informatika Universitas Amikom Yogyakarta
  • Eko Tri Anggono Program Studi D3 Manajemen Informatika Universitas Amikom Yogyakarta
  • Dwi Arini Ayu Ambarwati Program Studi D3 Manajemen Informatika Universitas Amikom Yogyakarta
  • Muhammad Rafi Nur Yuliana Program Studi D3 Manajemen Informatika Universitas Amikom Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v12i5.2261

Keywords:

Konten Media, Pelatihan, Branding, Bank Sampah, Adopsi Teknologi

Abstract

Bank Sampah Mitra Insani merupakan salah satu bank sampah yang berada di Kelurahan Ngupasan, Kecamatan Gondomanan, Kota Yogyakarta. Berada pada jarang kurang lebih 200 m dengan alun-alun utara, Bank Sampah Mitra Insani berada pada titik strategis untuk dicari. Memiliki nasabah sekitar 160 orang, menjadikan bank sampah masih bisa terus beroperasi sehingga mendukung program “zero sampah” dari Pemkot Kota Yogyakarta. Akan tetapi, nasabah dan publisitas bank sampah tidak meningkat secara signifikan. Hal tersebut yang melatarbelakangi kegiatan pelatihan. Pelatihan ini dilaksanakan untuk meningkatkan kesadaran peserta dalam hal ini adalah pengelola dan nasabah aktif Bank Sampah Mitra Insani dalam penggunaan konten media sosial untuk membantu branding usaha. Pelatihan ini dilaksanakan melalui aktivitas ceramah, diskusi, dan tanya jawab serta praktik singkat penggunaan media sosial dan manfaatnya. Hasil pengabdian menunjukkan peningkatan signifikan pada kemampuan peserta dalam mengelola konten media sosial (41,2%), membuat konten dengan smartphone (32,4%), dan mengedit gambar (20,5%). Kegiatan ini dilaksanakan di Bank Sampah Mitra Insani dengan melibatkan 19 peserta, mayoritas pelaku UMKM. Melalui pelatihan selama tiga jam, peserta mendapatkan pemahaman dasar tentang branding dan pemanfaatan media sosial. Metode ceramah, diskusi, dan praktik langsung mendorong adopsi teknologi sederhana untuk meningkatkan engagement dan memperkuat branding unit usaha peserta maupun Bank Sampah. Saran kegiatan selanjutnya adalah pendampingan yang berkelanjutan pada pemanfaatan teknologi sehingga para pengelola bank sampah dapat memanfaatkan konten media untuk meningkatkan branding usaha.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Admin. (2023). Mengatasi darurat sampah di Kota Yogyakarta: Kreativitas menuju kebersihan yang memikat hati. Pemerintah Kota Yogyakarta. https://bkpsdm.jogjakota.go.id/detail/index/28545.

Admin. (2024). Peta bank sampah di Kota Yogyakarta. Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta. https://lingkunganhidup.jogjakota.go.id/page/index/peta-bank-sampah-di-kota-yogyakarta.

Andriani, R. (2022). Pelatihan branding sosialisasi pengelolaan sampah mandiri (PSM) Kasturi [Laporan kegiatan].

Andriani, R., & Pujianto, A. (2024). Pembuatan konten social media pada PSM Kasturi sebagai media informasi dan edukasi. SWAGATI: Journal of Community Service, 1(3), 187–192. https://doi.org/10.24076/swagati.2023v1i3.1296.

Firdaus, H., & Rukmorini, R. (2023, Agustus 10). Kalang kabut warga di tengah darurat sampah Yogyakarta. Kompas.id. https://www.kompas.id/baca/nusantara/2023/08/10/kalang-kabut-warga-di-tengah-darurat-sampah-yogyakarta.

Humas. (2023). Kabupaten/kota harus kurangi sampah di hulu, Gubernur DIY mempersilakan penggunaan SG sebagai tempat penampungan sementara. Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta. https://jogjaprov.go.id/berita/kabupatenkota-harus-kurangi-sampah-di-hulu-gubernur-diy-mempersilakan-penggunaan-sg-sebagai-tempat-penampungan-sementara.

Ma’rufah, A., Nihayah, E. Z., & Awalliya, M. R. (2022). Upaya peningkatan pemasaran produk bank sampah melalui pelatihan digital marketing. Abdimas Indonesian Journal, 2(2), 124–130.

Nisa, S. Z., & Saputro, D. R. (2021). Pemanfaatan bank sampah sebagai upaya peningkatan pendapatan masyarakat di Kelurahan Kebonmanis Cilacap. Bantenese: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 89–103. https://doi.org/10.30656/ps2pm.v3i2.3899.

Pangestu, M. G., Karoluspasaribu, J. P., Fahdillah, Y., Sabrina, H. L., & Syaputra, A. S. (2024). Pelatihan konten digital untuk meningkatkan promosi pada UMKM Dimme Place di Kota Jambi. JPMU: Jurnal Pengabdian Masyarakat UMJ, 3(2), 75–81. https://doi.org/10.33998/jpmu.v3i2.6230.

Pramusinto, W., Waluyo, S., & Susanti, I. (2021). JAM-TEKNO: Pemanfaatan digital marketing pada bank sampah PCH. JAM-TEKNO: Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknologi dan Inovasi, 2(2), 32–37. http://jurnal.iaii.or.id/index.php/JAMTEKNO/article/view/166.

Ramdhani, L. S., Riyanto, A., Farlina, Y., Noviani, H., & Muttaqin, M. Z. (2024). Pelatihan digital marketing dalam upaya pengembangan pemasaran produk Bank Sampah IPPEC Kabupaten Sukabumi. Abditeknika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 65–71. https://doi.org/10.31294/abditeknika.v4i2.4347.

Takbiran, H. (2020). Bank sampah sebagai alternatif strategi pengelolaan sampah menuju Sentul City zero emission waste Kabupaten Bogor. IJEEM - Indonesian Journal of Environmental Education and Management, 5(2), 165–172. https://doi.org/10.21009/IJEEM.052.05.

Published

2025-05-24

How to Cite

Farida, L. D., Dahlan, A., Anggono, E. T., Ambarwati, D. A. A., & Yuliana, M. R. N. (2025). PELATIHAN BRANDING DAN MANAJEMEN KONTEN MEDIA UNTUK MENINGKATKAN KAPASITAS PENGELOLA BANK SAMPAH MELALUI ADOPSI TEKNOLOGI. Jurnal Abdi Insani, 12(5), 2176–2184. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v12i5.2261

Issue

Section

section editor