SOSIALISASI SERTIFIKASI HALAL DIDALAM MELAYANI KEPUASAN KONSUMEN GUNA MENINGKATKAN KINERJA KEUANGAN UMKM BINAAN PONDOK PESANTREN AL MUBAAROK CARINGIN DI KOTA BANDUNG

Authors

  • R. Susanto Hendiarto Program Studi Manajemen S1 Universitas Widyatama
  • Didi Tarmidi Program Studi Manajemen S1 Universitas Widyatama
  • Radea Respati Paramudhita Program Studi Manajemen S1 Universitas Widyatama
  • Ivan Gumilar Sambas Program Studi Manajemen S1 Universitas Widyatama
  • Fadhlan Ridwana Sunjana Program Studi Manajemen S1 Universitas Widyatama
  • Rima Wini Program Studi Manajemen S1 Universitas Widyatama

DOI:

https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v12i6.2257

Keywords:

Sosialisasi Sertifikat Halal Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan Digital, Kinerja Keuangan, UMKM Binaan Pondok Pesantren Al Mubaarok Caringin di Kota Bandung

Abstract

Sosialisasi Sertifikasi Halal diharapkan dapat memberikan pelayanan untuk memberikan kepuasan kepada konsumen dimana berharap memberikan berdampak yang baik dalam mengembangkan kinerja keuangan dimana merupakan petunjuk utama dalam pertumbuhan UMKM Binaan Pondok pesantren Al Mubaarok Caringin di Kota Bandung. Sertifikasi halal merupakan pengerjaan didalam mendapatkan sertifikat halal, dengan secara bertahap pemeriksaan dalam rangka menyatakan tentang material, pengerjaan produksi, serta sistem jaminan halal telah mengikuti standar Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM),sehingga merupakan persyaratan untuk pengusahaa dalam mendistribusikan hasil produksinya ke setiap tempat guna menggaransi kualitas hasil produksinya sebelum dilakukan pemasaran. Terbitnya Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal sebagai kepastian hukum didalam melindungi masyarakat muslim. UndangUndang Jaminan Produk Halal sebagai pembangunan hukum nasional dibidang produk halal. Menjadi harapan UMKM Binaan Pondok pesantren Al Mubaarok Caringin di Kota Bandung dapat menggunakan secara optimal, untuk mendaftarkan produk-produknya guna memperoleh Sertifikat Halal, sehingga dapat memberikan kepastian dan keyakinan kepada pengguna konsumen muslim adalah pasar terbesar di tanah air, bahwa hasil produksi buatan UMKM Binaan Pondok pesantren Al Mubaarok Caringin di Kota Bandung, dapat menumbuhkan kinerja keuangannya menuju daya saing baik pada tataran lokal dan bahkan global. Adapun luaran penelitian berupa : (1) Naskah jurnal terakreditasi Sinta 4 , (2) Pendafaran HKI, (3) Publikasi melalui media massa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alinsari, N. (2021). Peningkatan literasi keuangan pada UMKM melalui pelatihan dan pendampingan pembukuan sederhana. Magistrorum et Scholarium: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 256–268. https://doi.org/10.24246/jms.v1i22020p256-268Ejournal UKSW+1Google Scholar+1

AXA. (2020, November 30). Pengertian dan manfaat literasi keuangan. Portal AXA. https://portal.axa.co.id/direct/Tips/Detail/pengertian-dan-manfaat-literasikeuangan

BKPM. (2020, November 8). Penguatan UMKM sebagai penggerak pemulihan ekonomi nasional. Invest Indonesia. https://www.investindonesia.go.id/id/mengapa-berinvestasi/perkembanganekonomi-indonesia/penguatan-umkm-sebagai-penggerak-pemulihanekonomi-nasional-id

Cahyani, B. E. (2021). Analisis pengelolaan keuangan usaha mikro, kecil, dan menengah (Studi kasus pada Paguyuban Keramik Dinoyo Malang). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 9(2).

Damayanti, E. G. (2020). Pengaruh pengetahuan keuangan, sikap keuangan dan kecerdasan spiritual terhadap perilaku pengelolaan keuangan pada pelaku UKM di Kabupaten Banyumas (Tesis, Universitas Jenderal Soedirman).

Djou, L. G. (2019). Analisis pengaruh literasi keuangan, sikap keuangan dan kepribadian terhadap perilaku pengelolaan keuangan UMKM di Kabupaten Ende. Jurnal Magisma, 7(2), 1–12. http://jurnal.stiebankbpdjateng.ac.id

Ghozali, I. (2013). Aplikasi analisis multivariate dengan program SPSS. Yogyakarta: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hartaroe, B. P., Mardani, R. M., & Abs, M. K. (2021). Pengaruh financial literacy, financial attitude dan pendapatan terhadap perilaku pengelolaan keuangan pada UMKM fashion di Kota Malang. Jurnal Riset Manajemen, 1, 87–99. http://riset.unisma.ac.id/index.php/jrm/article/view/10615

Herdjiono, I., & Damanik, L. A. (2016). Pengaruh financial attitude, financial knowledge, parental income terhadap financial management behavior. Jurnal Manajemen Teori dan Terapan, 9(3), 226–241.

Humaira, I. (2017). Pengaruh pengetahuan keuangan, sikap keuangan dan kepribadian terhadap perilaku manajemen keuangan pada pelaku UMKM Sentra Kerajinan Batik (Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta).

Humaira, I., & Sagoro, E. M. (2018). Pengaruh pengetahuan keuangan, sikap keuangan, dan kepribadian terhadap perilaku manajemen keuangan pada pelaku UMKM Sentra Kerajinan Batik Kabupaten Bantul. Nominal: Barometer Riset Akuntansi dan Manajemen, 7(1).

Isworo, T. (2021). UMKM dinilai perlu penguatan pengelolaan keuangan. Lampost.co. https://m.lampost.co/berita-umkm-dinilai-perlu-penguatanpengelolaan-keuangan.html

Showalter, J. W., & Williams, L. T. (2016). Theory of planned behavior. In Mastering Physician Engagement (pp. 21–30). CRC Press. https://doi.org/10.1201/9781315367279-3Taylor & Francis

Kharismayanti, S. I. (2017). Pola penggunaan dana dan gaya hidup mahasiswa penerima beasiswa Bidikmisi di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Pendidikan dan Ekonomi, 6(4), 400–410.Student Journals

Kusnandar, D. L., & Kurniawan, D. (2018). Literasi keuangan dan gaya hidup ibu rumah tangga dalam membentuk perilaku keuangan keluarga di Kota Tasikmalaya. Seminar Nasional dan Call for Paper Sustainable Competitive Advantage, September, 1–13.

Latifiana, D. (2016). Studi literasi keuangan pengelola usaha kecil menengah (UKM). African Journal of Economy and Management Studies, 5(1), 5. https://www.neliti.com/publications/173134/studi-literasi-keuanganpengelola-usaha-kecil-menengah-ukm#cite

Luhsasi, D. I. (2021). Pengelolaan keuangan: Literasi keuangan dan gaya hidup mahasiswa. Ecodunamika, 4(1).

Nisa, F. K., Salim, M. A., & Priyono, A. A. (2020). Pengaruh pengetahuan keuangan, sikap keuangan, dan kepribadian terhadap perilaku manajemen keuangan pada pelaku UMKM ekonomi kreatif sub sektor kuliner Kabupaten Malang. E-Jurnal Riset Manajemen, 9(7), 93–106.

Nugraha, R. I. (2020). Pengaruh literasi keuangan terhadap pengelolaan keuangan (Studi kasus UMKM sektor perdagangan di wilayah Kota Tasikmalaya).

Otoritas Jasa Keuangan. (2016). Peraturan Otoritas Jasa Keuangan No.76/POJK.07/2016 tentang peningkatan literasi dan inklusi keuangan di sektor jasa keuangan bagi konsumen dan/atau masyarakat. Jakarta: OJK.

Putri, D. A. R. (2021). Analisis pengaruh literasi keuangan, sikap keuangan, dan gaya hidup terhadap perilaku pengelolaan keuangan mahasiswa akuntansi (Tesis, Universitas Jenderal Soedirman).

Putri, W. E. (2020). Pengaruh literasi keuangan terhadap pengelolaan keuangan UMKM di Kecamatan Medan Marelan. Jurnal Pembangunan Perkotaan, 8(1), 45–50.

Rumbianingrum, W., & Wijangka, C. (2018). Pengaruh literasi keuangan terhadap pengelolaan keuangan UMKM. Jurnal Manajemen dan Bisnis (ALMANA), 2(3), 155–165.

Sari, I. W., Susyanti, J., & Salim, M. A. (2020). Pengaruh financial literacy, financial attitude dan pendapatan terhadap perilaku pengelolaan keuangan pada pelaku UMKM fashion di Kota Batu. E-Jurnal Riset Manajemen, 9(5), 17–31.

Sasongko, N., & Trisnawati, R. (2019). Tata kelola keuangan yang baik bagi UMKM. Seminar Nasional & Call For Paper Seminar Bisnis Magister Manajemen (SAMBIS-2019), 287–291.

Sekaran, U., & Bougie, R. (2017). Metode penelitian untuk bisnis (6th ed.). Jakarta: Salemba Empat.

Setiawan, B., & Saputra, T. S. (2021). Literasi keuangan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) Kota Palembang. Jurnal Abdimas Mandiri, 4(2), 70–75. http://ejournal.uigm.ac.id/index.php/PGM/article/view/1258

Sisputro, A. A. (2019). Pengaruh literasi keuangan dan pengendalian diri terhadap perilaku konsumtif mahasiswa akuntansi Universitas Ciputra. Journal of Marketing Research, 53(9), 1689–1699.

Sukistini, A. S., Setiawan, A. S., & Widyartono, A. (2012). Gaya hidup, orientasi pilihan strategi dan pengambilan keputusan usaha pada UMKM di Kota Palembang. GEMA: Jurnal Gentiaras Manajemen dan Akuntansi, 13(2), 73–84. https://doi.org/10.47768/gema.v13i2.238

Suliyanto. (2018). Metode penelitian bisnis. Yogyakarta: Andi Offset.

Susanti, A., Ismunawan, P., Pardi, P., & Ardyan, E. (2018). Tingkat pendidikan, literasi keuangan, dan perencanaan keuangan terhadap perilaku keuangan UMKM di Surakarta. Telaah Bisnis, 18(1), 45–56.

Ubaidillah, M. S. (2019). Pengaruh pengetahuan keuangan terhadap perilaku keuangan dengan sikap keuangan dan self-efficacy sebagai variabel mediasi (Tesis, Universitas Airlangga). http://repository.unair.ac.id/88317/.

Published

2025-06-10

How to Cite

Hendiarto, R. S., Tarmidi, D., Paramudhita, R. R., Sambas, I. G., Sunjana, F. R., & Wini, R. (2025). SOSIALISASI SERTIFIKASI HALAL DIDALAM MELAYANI KEPUASAN KONSUMEN GUNA MENINGKATKAN KINERJA KEUANGAN UMKM BINAAN PONDOK PESANTREN AL MUBAAROK CARINGIN DI KOTA BANDUNG. Jurnal Abdi Insani, 12(6), 2414–2421. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v12i6.2257

Issue

Section

section editor