PENINGKATAN KAPASITAS DIGITAL DESA WISATA ALAM ENDAH KABUPATEN BANDUNG MELALUI PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PENGELOLAAN WEBSITE

Authors

  • Resista Vikaliana Teknik Logistik, Universitas Pertamina Jakarta
  • Ade Irawan Ilmu Komputer, Universitas Pertamina, Jakarta
  • Yelita Anggiane Iskandar Teknik Logistik, Universitas Pertamina Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v12i5.2244

Keywords:

Digital Capacity, Tourism Village, Web Management

Abstract

Desa Wisata Alamendah (Dawala) telah mengembangkan berbagai produk dan paket wisata berbasis aktivitas lokal, seperti bertani, membuat kerajinan, hingga bersepeda keliling desa, yang menarik kunjungan lebih dari 2.500 orang per semester pada 2019. Saat ini, Dawala dikategorikan sebagai desa wisata maju, dan pada 2021 meraih juara 2 dari Kemenparekraf. Namun, Dawala menargetkan menjadi desa wisata mandiri yang diakui secara internasional melalui penerapan konsep pariwisata berkelanjutan (sustainable tourism) dan inovasi digital. Kegiatan difokuskan pada identifikasi potensi digital Dawala, pengembangan konten website interaktif, serta peningkatan kapasitas pengelola dalam pemasaran dan pemeliharaan website untuk pariwisata berkelanjutan. Metode pelaksanaan mencakup identifikasi potensi Dawala, perancangan konten website interaktif, serta penyusunan modul dan pelatihan pengelolaan website. Kegiatan dilanjutkan dengan sosialisasi dan pendampingan untuk meningkatkan kapasitas digital mitra. Kegiatan ini menghasilkan solusi atas dua permasalahan utama mitra, yaitu pengembangan website interaktif dan peningkatan keterampilan pengelolaan website. Website interaktif mempermudah reservasi dan memperkuat promosi wisata. Pelatihan web maintenance meningkatkan pengetahuan mitra agar dapat mengelola konten secara mandiri dan berkelanjutan. Kegiatan ini juga memperbaiki struktur organisasi pengelolaan web. Hasilnya mendukung terciptanya pariwisata berkelanjutan di Dawala melalui digitalisasi yang tepat guna dan partisipatif. Kegiatan ini meningkatkan kapasitas digital dan tata kelola Dawala, mendukung terwujudnya desa wisata mandiri menuju pariwisata berkelanjutan dan berdaya saing global.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraini, O. (2019). The Partnership of Tourism Stakeholders In Increasing Tourism Competitiveness In Bantul District. ICSTIAMI, 4431, 2–9.

Carayannis, E. G., Barth, T. D., Campbell, D. F. J., Leydesdorff, L., Simona Cavallini, Leydesdorff, L., González de la Fe, T., Salamanca, M. De, Junta de Extremadura, ONU, Espinoza, G., ONU, Malerba, F., & Desarrollo, B. I. De. (2012). Using the Quadruple Helix Approach to Accelerate the Transfer of Research and Innovation Results to Regional Growth. Annual Review of Information Science and Technology, CLXXXV(738), 739–755. https://doi.org/10.2863/408040

Grace Filia, P., & Khalid Alfirdaus, L. (2020). Stakeholder Analysis in the CSR-BUMN Program: Balkondes (Balai Ekonomi Desa) Borobudur, Magelang. Journal of Politic and Government Studies, 9(3), 1–13.

Kasmir. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori dan Praktik). Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Koven, S., & Strother, S. (2010). Public–Private Partnerships in Developing Countries. Encyclopedia of Public Administration and Public Policy, Second Edition (Print Version), 1669–1673. https://doi.org/10.1201/noe1420052756.ch341

Latunreng, W., Arifin, A. L., & Vikaliana, R. (2021). Budaya Organisasi. Bogor: IPB Press.

McCabe, S., Sharples, M., & Foster, C. (2012). Stakeholder Engagement in the design of Scenarios of Technology-enhanced Tourism Services. Tourism Management Perspectives, 4, 36–44. https://doi.org/10.1016/j.tmp.2012.04.007

Mulyana, M., & Sutapa, S. (2016). Peningkatan Kapabilitas Inovasi, Keunggulan Bersaing dan Kinerja melalui Pendekatan Quadruple Helix: Studi Pada Industri Kreatif Sektor Fashion. Jurnal Manajemen Teknologi, 13(3), 304–321. https://doi.org/10.12695/jmt.2014.13.3.5

Nugraha, A. R., Perbawasari, S., & Zubair, F. (2017). Kearifan Lokal. 9, 231–240.

Singsomboon, T. (2014). Tourism Promotion and the Use of Local Wisdom Through Creative Tourism Process. IJBTS International Journal of Business Tourism and Applied Sciences, 2(2), 32–37.

Suansri, P., & Ricards, P. (2012). Community Based Tourism Handbook. In Community Based Tourism Handbook. cbt-i.org

Tanudirjo, D. A., Arkeologi, J., Ilmu, F., Universitas, B., Mada, G., Kilas, Y. I., Pengelolaan, B., Budaya, W., & Indonesia, D. (2003). Warisan Budaya Untuk Semua: Arah Kebijakan Pengelola Warisan Budaya Indonesia Di Masa Mendatang. Kongres Kebudayaan V. file:///C:/Users/ASUS PC/Desktop/Pelestarian 1.pdf

Vikaliana, R. et al. (2021). Pendampingan UKM Masa Pandemi “Institut Stiami Berbagi untuk UKM.” Media Sains Indonesia.

Vikaliana, R., Irawan, A., & Iskandar, Y. A. (2024). Upaya Peningkatan Pemasaran Digital melalui Pendampingan Pengelolaan Website di Desa Wisata. Journal of Social Responsibility Projects by Higher Education Forum, 5(2), 77–82. https://doi.org/10.47065/jrespro.v5i2.6365

Vikaliana, R., Iskandar, Y. A., Rahmawati, N. L., Lusiani, M., & Candra, A. (2023). Peningkatan Daya Saing Desa Wisata Alam Endah melalui. 4(2), 64–70. https://doi.org/10.47065/jrespro.v4i2.4439

Published

2025-05-24

How to Cite

Vikaliana, R., Irawan, A., & Iskandar, Y. A. (2025). PENINGKATAN KAPASITAS DIGITAL DESA WISATA ALAM ENDAH KABUPATEN BANDUNG MELALUI PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PENGELOLAAN WEBSITE. Jurnal Abdi Insani, 12(5), 2275–2287. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v12i5.2244

Issue

Section

section editor

Most read articles by the same author(s)