PELATIHAN DIGITAL MARKETING: PEMBUATAN CONTENT MARKETING DAN SOCIAL MEDIA UNTUK MENDUKUNG PROGRAM KEWIRAUSAHAAN SISWA BMW (BEKERJA, MELANJUTKAN DAN WIRAUSAHA) DI SMKN 1 CILEUNGSI
DOI:
https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v12i4.2240Keywords:
Digital marketing, Content Marketing, Social Media Marketing, Kewirausahaan, PelatihanAbstract
Dalam era digital yang semakin berkembang, pemasaran digital telah menjadi salah satu komponen penting dalam strategi bisnis. Kemampuan untuk memanfaatkan platform digital dan media sosial untuk mempromosikan produk dan layanan menjadi keterampilan yang krusial bagi generasi muda. Oleh karena itu, pelatihan digital marketing, pembuatan konten marketing, dan social media marketing di SMKN 1 Cileungsi sangat diperlukan untuk mempersiapkan siswa agar dapat bersaing di dunia kerja yang semakin kompetitif. Pelatihan digital marketing yang dilaksanakan di SMKN 1 Cileungsi bertujuan untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam pembuatan content marketing dan strategi pemasaran media sosial. Program ini mendukung inisiatif kewirausahaan siswa yang dikenal sebagai BMW (Bekerja, Melanjutkan, Wirausaha), di mana banyak produk telah dihasilkan oleh siswa, tetapi masih kurang dalam hal pemahaman pemasaran digital. Metode pelaksanaan mencakup observasi untuk mengidentifikasi kebutuhan, sosialisasi program kepada guru dan siswa, serta pelatihan praktik yang terdiri dari sesi teori dan praktik langsung. Pada sesi teori, peserta mempelajari dasar-dasar content marketing dan social media marketing, sementara sesi praktik berfokus pada teknik fotografi produk. Hasil dari evaluasi menunjukkan peningkatan signifikan dalam pengetahuan peserta, dengan nilai rata-rata pretest meningkat dari 35,1 menjadi 68,5 pada posttest. Selain itu, pelatihan ini juga dilengkapi dengan pemberian alat fotografi yang diperlukan untuk mendukung kegiatan pembelajaran di masa mendatang. Diharapkan, program ini tidak hanya meningkatkan keterampilan siswa dalam digital marketing, tetapi juga menciptakan ekosistem yang mendukung keberlanjutan kewirausahaan di lingkungan sekolah, sehingga siswa dapat lebih siap menghadapi tantangan di dunia usaha yang semakin kompetitif.
Downloads
References
Aprilia, S. F., & Hatammimi, J. (2024). Perancangan strategi promosi yang terintegrasi dengan metode design thinking pada UMKM Pesona Hijab. e-Proceeding of Management, 11(5), 5050–5057.
Audrey, A. W., Murfiyana, Y. A., Muzaki, A., & Anjarsari, R. (2023). Peran guru bimbingan dan konseling dalam mendukung karir siswa SMK N 3 Metro melalui program BMW. PANDU: Jurnal Pendidikan Anak dan Pendidikan Umum, 1(4), 225–233. https://doi.org/10.59966/pandu.v1i4.654
Baltes, L. P. (2015). Content marketing—the fundamental tool of digital marketing. Bulletin of the Transilvania University of Braşov, Series V: Economic Sciences, 8(2), 111–118.
Da Silva, D. J. C., Stertz, E. D. S., Portella, A. G., Gomes, C. F. S., Moreira, M. Â. L., & dos Santos, M. (2023). Social media platform for digital marketing: An analysis using CRITIC-GRA-3N method. Procedia Computer Science, 221, 169–176. https://doi.org/10.1016/j.procs.2023.07.024
Darmawan, B., Dwiyanti, V., Okitasari, H., Rahman, A. Z., & Sadida, H. M. (2021). Lentera karya edukasi penguatan penyiapan kompetensi lulusan SMK teknik logistik yang dibutuhkan industri logistik. Lentera, 1(2), 61–69. https://doi.org/10.17509/lentera.v1i2.35943
Dimitrios, B., Ioannis, R., Ntalakos, A., & Nikolaos, T. (2023). Digital marketing: The case of digital marketing strategies on luxurious hotels. Procedia Computer Science, 219, 688–696. https://doi.org/10.1016/j.procs.2023.01.340
Howard, D., Mangold, W. G., & Johnston, T. (2014). Managing your social campaign strategy using Facebook, Twitter, Instagram, YouTube & Pinterest: An interview with Dana Howard, social media marketing manager. Business Horizons, 57(5), 657–665. https://doi.org/10.1016/j.bushor.2014.05.001
Karim, A., Nasution, M. B. K., & Suryadi, S. (2022). Pelatihan digital marketing dalam meningkatkan kompetensi siswa SMK Negeri 1 Rantauprapat. Journal of Social Responsibility Projects by Higher Education Forum, 3(2). https://doi.org/10.47065/jrespro.v3i2.2759
Kasvi, M. D., Purwana, D., & Febriantina, S. (2024). Ekspektasi pendapatan, pendidikan kewirausahaan, dan motivasi terhadap minat berwirausaha siswa SMKN. Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan, 7(2), 166–175.
Keke, M. E. (2022). The use of digital marketing in information transport in social media: The example of Turkish companies. Transportation Research Procedia, 63, 2579–2588. https://doi.org/10.1016/j.trpro.2022.06.297
Pahmi, M. A., Wilarso, & Imtihan, M. (2025). Perancangan infografis terkait produktivitas industri di Kabupaten Bogor. BEMAS: Jurnal Bermasyarakat, 6(1), 30–39. https://doi.org/10.37373/bemas.v6i1.1498
Supriyanto, D. (2023). Peningkatan jiwa entrepreneurship bagi siswa SMK Mambaul Ulum Sukodadi Paiton Kab. Probolinggo. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 946–952. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.12704
Suwarni, E., Astuti, M., Fernando, Y., & Enjelya, M. (2022). Membangun karakter entrepreneur bagi siswa SMK Al-Hikmah, Kalirejo, Lampung Tengah. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(5), 517–522.
Trivedi, S., & Malik, R. (2021). Social media marketing as new marketing tool. In Big Data Analytics for Improved Accuracy, Efficiency, and Decision Making in Digital Marketing (pp. 207–226). IGI Global. https://doi.org/10.4018/978-1-7998-7231-3.ch015
Wijaya, M. B. R., Suwahyo, S., Kurniawan, A., Kurniawan, M., Nugroho, A. Y., & Satyawiguna, T. (2023). Application of competency test materials standard motorcycle business techniques with SKKNI level II scheme standards for excellent and competitive vocational high school graduates. In Proceedings of the 4th Vocational Education International Conference (VEIC 2022) (pp. 33–45). Atlantis Press SARL. https://doi.org/10.2991/978-2-494069-47-3_6