PELATIHAN VALUE PROPOSITION PRODUCT DAN TATA KELOLA KEUANGAN BERBASIS DIGITAL DALAM UPAYA MENGHENTASKAN KEMISKINAN EKSTREM PADA MASYARAKAT DESA LALIKO

Authors

  • Muhammad Fauzan Program Studi Manajemen Universitas Sulawesi Barat
  • Abdul Galib Program Studi Akuntansi Universitas Sulawesi Barat
  • Rahmat Ghazali Program Studi Manajemen Universitas Sulawesi Barat

DOI:

https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v12i4.2180

Keywords:

Pemberdayaan Ekonomi, Value Proposition Product, Tata Kelola Keuangan Digital, Teknologi Vacuum Frying, Desa Laliko

Abstract

Desa Laliko dihadapkan pada tantangan kemiskinan ekstrem, dimana banyak penduduk yang tidak memiliki pekerjaan meskipun desa. Pemerintah desa berupaya untuk mengurangi angka tersebut guna meningkatkan pendapatan dan menciptakan kesejahteraan bagi masyarakat, salah satunya dengan mengembangkan potensi pariwisata berbasis ekowisata pada tanaman mangrove serta dengan memanfaatkan hasil perkebunan atau pertanian yang berada di Desa Laliko.  Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan TP-PKK Desa Laliko dalam pemasaran dan pengelolaan keuangan melalui pelatihan Value Proposition Product serta tata kelola keuangan berbasis aplikasi digital. Metode kegiatan mencakup melakukan sosialisasi kepada mitra terkait pelaksanaan kegiatan dalam memecahkan permasalahan, kemudian melakukan pelatihan penerapan metode value proposition product dan tata kelola keuangan, selanjutnya penerapan penggunaan teknologi vacuum frying, dan terakhir melakukan pendampingan secara berkelanjutan kepada mitra. Kegiatan ini dihadiri oleh 44 orang peserta yang terdiri dari 39 orang merupakan tim PKK Desa Laliko dan 5 orang dari tim pengabdian, Hasil pelaksanaan kegiatan menunjukkan bahwa pelatihan value proposition product berhasil meningkatkan pemahaman dan pengetahuan mitra tentang strategi produk dan kebutuhan pasar, sementara tata kelola keuangan berbasis digital berupa aplikasi keuangan mempermudah pencatatan yang lebih terstruktur dalam mengelola bisnisnya. Teknologi Vacuum Frying juga berhasil meningkatkan kualitas produk keripik mangrove, membuatnya lebih tahan lama dan menarik bagi konsumen luar desa. Hasilnya, mitra mampu meningkatkan kapasitas produksi dan daya saing produk. Kesimpulannya, kegiatan ini efektif dalam membekali TP-PKK Desa Laliko dengan keterampilan manajemen usaha dan kualitas produk yang lebih baik, menciptakan peluang kemandirian ekonomi yang berkelanjutan di masa mendatang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, R. R. N., Endayani, F., Salsabila, S., & Primadani, E. I. (2022). Pengembangan proposisi nilai bisnis melalui pelatihan business model canvas pada Godress Koffie Malang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 3(2), 555-562.

Azmy, A., Wiadi, I., & Risza, H. (2023). Product value creation training through value proposition canvas (VPC) with the South Jakarta small medium enterprise (SME) community. JPPM. https://doi.org/10.30653/jppm.v8i4.440.

Fathurohman, M. F., Dayat, U., & Ramdani, R. (2022). Peran pemerintah daerah dalam mengentaskan kemiskinan ekstrim di Kabupaten Karawang. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidik.

Fauzan, M., Galib, A., Ghazali, R., & Mas'ud, A. A. (2024). Pendampingan mahasiswa pada kegiatan MBKM Desa Cemara dalam upaya penghentasan kemiskinan ekstrem di Desa Laliko. J Kreativa. https://journal.lontaradigitech.com/KREATIVA/issue/view/28.

Firdaus, R. M., Kusufa, R. A. B. D., & Dwanoko, Y. S. (2019). PKM pemberdayaan kelompok usaha keripik mangrove Desa Tambakrejo, Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Share: Journal of Service Learning, 5(2), 38-42.

Kareja, N., Setiadevi, S., Alfiyah, N., & Triyaningsih, L. (2022). Pelatihan pengelolaan keuangan dan pelatihan pemasaran digital pada Kedai Kopi Garasi. Jurnal ABDINUS: Jurnal Pengabdian Nusantara, 6(2), 448-459.

Kaukab, M. E. (2023). Penguatan ekonomi masyarakat dalam pengentasan kemiskinan ekstrim melalui sinergi pemberdayaan masyarakat. Jamasy J Akuntansi Manajerial dan Perbankan Syariah, 3(5), 36–42.

Noviyanto. (2016). Strategi memperluas pangsa pasar. Available from: https://koinworks.com/blog/strategi-memperluas-pangsa-pasar/.

Sadik, M., Muhiddin, A. H., & Ukkas, M. (2017). Kesesuaian ekowisata mangrove ditinjau dari aspek biogeofisik kawasan pantai Gonda di Desa Laliko Kecamatan Campalagian Kabupaten Polewali Mandar. J Ilmu Kelautan Spermonde.

Santoso, R., & Herlina, A. (2023). Pendampingan tata kelola keuangan UMKM berbasis digital untuk generasi Z. KACANEGARA J Pengabdian Pada Masyarakat.

Septiana, A. R., Alauddin, M. R. S., Triani, N., Zahari, A. F. M., & Astaginy, N. (2022). Sosialisasi pemanfaatan media digital dalam meningkatkan kapasitas keuangan desa di Desa Wulonggere Kabupaten Kolaka. LOSARI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 105-109.

Susanto, E., Adianto, H., Tjaja, A. I. S., Hamzah, G., & Susanto, R. M. S. S. (2022). Pelatihan: Metode value proposition dalam upaya menjaga keberlangsungan bisnis home industry di Cikampek. Martabe J Pengabdian Kepada Masyarakat.

Syahrir, N., Ansari, M. I., & Basir, I. (2023). Pendampingan tata kelola keuangan dan pemasaran berbasis digital dalam meningkatkan penjualan. JAI.

Rahmanto, D. E., & Daniyati, R. (2017). Pelatihan dan pendampingan produksi keripik buah pisang masak menggunakan vacuum frying di SMK Sunan Klijogo Kecamatan Randuagung Kabupaten Lumajang. J Dinamika. https://publikasi.polije.ac.id/j-dinamika/article/view/v2-i1-d.

Ramadhani, D., Maisyaroh, D. S., Setianingrum, C., & Retnaningsih, D. (2022). Keripik daun mangrove dalam upaya optimalisasi pemanfaatan tanaman mangrove. Idea Pengabdian Masyarakat, 2(2), 118-123.

Published

2025-04-28

How to Cite

Fauzan, M., Galib, A., & Ghazali, R. (2025). PELATIHAN VALUE PROPOSITION PRODUCT DAN TATA KELOLA KEUANGAN BERBASIS DIGITAL DALAM UPAYA MENGHENTASKAN KEMISKINAN EKSTREM PADA MASYARAKAT DESA LALIKO. Jurnal Abdi Insani, 12(4), 1763–1771. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v12i4.2180

Issue

Section

section editor