PENINGKATAN KUALITAS DAN DAYA SAING PRODUK USAHA JAJANAN KHAS LOMBOK DI DESA SURADADI KABUPATEN LOMBOK TIMUR
DOI:
https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v6i2.202Keywords:
usaha kecil menengah, aneka jajanan khas Lombok, Desa SuradadiAbstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan daya saing produk Usaha Mikro Kecil di Desa Suradadi Kabupaten Lombok Timur khususnya. Bentuk kegiatan yang dilakukan antara lain mengadakan pelatihan manajemen Usaha, meningkatkan kemampuan mitra dalam mendesain kemasan dan katalog produk, menerbitknan No-PIRT dan label halal, dan penggunaan internet sebagai media pemasaran. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat inii dilaksanakan menggunakan metode ceramah, diskusi, demonstrasi, praktik langsung, observasi, serta sosialisasi, dan evaluasi. Pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat pada skema Program Kemitraan Masyarakat (PKM) tahun anggaran 2018 meliputi tahapan pendahuluan, perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporan. Adapun hasil kegiatan yang telah dilakukan yakni Pelatihan manajemen Usaha, Pelatihan manajemen keuangan, Pelatihan web dan pemasaran, Sosialisasi keamanan pangan dan legalitas usaha, terbitnya PIRT dan label halal untuk produk UKM Rinjani dan Sasakku, Katalog aneka jajanan khas Lombok dan Blog sebagai media pemasaran. Kegiatan-kegiatan tersebut terbukti sangat membantu mitra dengan memiliki pengetahuan dan keterampilan, menumbuhkan bahkan meningkatkan jiwa wirausaha, dari segi keamanan usaha pangan olahan lebih aman di konsumsi dan menjamin serta melindungi konsumen terhadap produk halal dan meningkatkan kepercayaan konnsumen, dengan katalog dapat memudahkan konsumen dalam memilih aneka jajanan yang akan di pesan, kemudian adanya blog dapat meningkatkan jaringan pemasaran dan memiliki jaringan yang lebih luas.