STRATEGI 7P UNTUK PERLUASAN PANGSA PASAR SEKTOR INDUSTRI PARIWISATA DI DESA EKOWISATA KERUJUK KABUPATEN LOMBOK UTARA
DOI:
https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v6i1.190Keywords:
Strategi 7P, Saluran distribusi, Pangsa pasar, Desa Ekowisata KerujukAbstract
Program pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pendampingan kepada para pemilik usaha yang ada di Desa Ekowisata Kerujuk. Dalam usaha memasarkan produknya, para pemilik usaha di desa ekowisata Kerujuk sudah mulai menggunakan beberapa media sosial sebagai alat bantu, seperti instagram, facebook, youtube, whatsapp, twitter bahkan wordpress. Penggunaan media sosial seadanya menyebabkan usaha yang mereka lakukan tidak dapat optimal. Pemberian materi mengenai strategi 7P, yang terdiri dari Product (Services), Price, Place, Promotion, People, Process, dan Physical Evidence, strategi ini ini disebut pula strategi komunikasi pemasaran untuk dapat mengenali pangsa pasar agar dapat memaksimalkan penjualan. Hal ini dilakukan untuk membantu mereka menganalisis permasalahan utama mereka di dalam aspek pemasaran. Program pengabdian kepada masyarakat ini kemudian dapat mengidentifikasi ketidak-mampuan mereka mengenali atribut utama produk mereka, yang akhirnya membuat mereka tidak dapat memetakan konsumen dengan baik sehingga promosi yang mereka lakukan tidak banyak membuahkan hasil. Program pengabdian kepada masyarakat ini, dilaksanakan dengan menggunakan metode intervensi yaitu pemberian ceramah dan tanya-jawab yang bertujuan untuk merubah pemikiran para pemilik usaha sehingga konsep pemasaran yang mereka terapkan dapat menyeluruh sesuai dengan harapan konsumen. Berdasarkan hasil kegiatan pengabdian terhadap masyarakat ini adalah kemampuan untuk menguraikan permasalahan utama dengan memperbanyak saluran disitribusi. Pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada msyarakat ini memfasilitasi urun rembug pemilik usaha di desa ekowisata Kerujuk untuk dapat menjalin kerja-sama dengan BUMDES-Mart sebagai sarana peningkatan saluran distribusi untuk peningkatan pangsa pasar.