STRATEGI 7P UNTUK PERLUASAN PANGSA PASAR SEKTOR INDUSTRI PARIWISATA DI DESA EKOWISATA KERUJUK KABUPATEN LOMBOK UTARA

Authors

  • Baiq Nurul Suryawati Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Iwan Kusmayadi univeritas mataram
  • Laila Wardani univeritas mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v6i1.190

Keywords:

Strategi 7P, Saluran distribusi, Pangsa pasar, Desa Ekowisata Kerujuk

Abstract

Program pengabdian kepada  masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pendampingan kepada para pemilik usaha yang ada di Desa Ekowisata Kerujuk. Dalam usaha memasarkan produknya, para pemilik usaha di desa ekowisata Kerujuk  sudah mulai menggunakan beberapa media sosial sebagai alat bantu, seperti instagram, facebook, youtube, whatsapp, twitter bahkan wordpress. Penggunaan media sosial seadanya menyebabkan usaha yang mereka lakukan tidak dapat optimal. Pemberian materi mengenai strategi 7P, yang terdiri dari Product (Services), Price, Place, Promotion, People, Process, dan Physical Evidence, strategi ini ini disebut pula strategi komunikasi pemasaran untuk dapat mengenali pangsa pasar agar dapat memaksimalkan penjualan. Hal ini dilakukan untuk membantu mereka menganalisis permasalahan utama mereka di dalam aspek pemasaran. Program pengabdian kepada masyarakat ini kemudian dapat mengidentifikasi ketidak-mampuan mereka mengenali atribut utama produk mereka, yang akhirnya membuat mereka tidak dapat memetakan konsumen dengan baik sehingga promosi yang mereka lakukan tidak banyak membuahkan hasil.  Program pengabdian  kepada masyarakat ini, dilaksanakan dengan menggunakan metode intervensi yaitu  pemberian ceramah dan tanya-jawab yang bertujuan  untuk merubah pemikiran para pemilik usaha sehingga konsep pemasaran yang mereka terapkan dapat menyeluruh sesuai dengan harapan konsumen. Berdasarkan hasil kegiatan pengabdian terhadap masyarakat ini adalah kemampuan untuk menguraikan permasalahan utama dengan memperbanyak saluran disitribusi. Pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada msyarakat ini memfasilitasi urun rembug pemilik usaha di desa ekowisata Kerujuk untuk dapat menjalin kerja-sama dengan BUMDES-Mart sebagai sarana peningkatan saluran distribusi untuk peningkatan pangsa pasar.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2019-04-29

How to Cite

Suryawati, B. N., Kusmayadi, I., & Wardani, L. (2019). STRATEGI 7P UNTUK PERLUASAN PANGSA PASAR SEKTOR INDUSTRI PARIWISATA DI DESA EKOWISATA KERUJUK KABUPATEN LOMBOK UTARA. Jurnal Abdi Insani, 6(1), 64–71. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v6i1.190