PENINGKATAN PELAYANAN PEGAWAI GLAMPING KEMA MERBABU KABUPATEN BOYOLALI MELALUI PELATIHAN PENAMPILAN DIRI (PERSONAL GROOMING)
DOI:
https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v11i2.1506Keywords:
Glamorous Camping, Kema Merbabu, Pelatihan Penampilan DiriAbstract
Pengabdian kepada masyarakat ini mencerminkan kolaborasi dengan Glamping Kema Merbabu sebagai mitra dalam proyek pengabdian kepada masyarakat. Fokus utama kegiatan adalah pengembangan karakter dan penampilan diri bagi pegawai Kema Merbabu. Dalam kerangka kemitraan dengan Glamping Kema Merbabu, masalah utama terkait kurangnya pelatihan berpenampilan diri dan karakter dari Kema Merbabu sehingga para pegawai belum merasa penting untuk menjaga penampilan diri. Pegawai Kema Merbabu dalam level manajerial juga perlu pemahaman mengenai keseragaman atribut dan ciri khas yang perlu dikembangkan agar pelayanan dari Kema Merbabu dapat dikenang positif oleh wisatawan. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk meningkatkan kesadaran dan kepemahaman pentingnya penampilan diri dalam industry jasa terutama perhotelan dan pariwisata karena akan menghasilkan kesan pertama yang baik. Metode ini melibatkan tahap perencanaan pelatihan langsung menggunakan metode ceeramah, peragaan langsung dan diskusi. Sebelum pelatihan peserta diberikan kuesioner pre test untuk menilai kepemahaman masing-masing individu mengenai topik terkait. Setelah pelatihan, peserta diberi kuesioner post test agar menilai sejauh mana kepemahaman yang didapatkan setelah mengikuti pelatihan agar mampu bersinergi dengan tujuan pengabdian yaitu meningkatkan profesionalisme pegawai Kema Merbabu sekaligus citra dan kualitas pelayanan Glamping Kema Merbabu. Kegiatan Kegiatan pengabdian diikuti 21 peserta yang terdiri atas 18 level operasional dan 3 level manajerial. Bertempat di Kema Merbabu, pengabdian berjalan dengan lancar dan efektif karena para peserta antusias saat melakukan peragaan dan terlihat dari hasil pre post test. Setelah kegiatan pengabdian dengan tema penampilan diri, diharapkan kedepannya Kema Merbabu menerapkan apa yang telah dipelajari selama pelatihan. Pelatihan-pelatihan lainnya terkait peningkatkan citra yang baik dalam hal pelayanan industri jasa juga diperlukan agar Kema Merbabu memiliki ciri khas dan identitasnya yang membedakan dari glamping lainnya.
Downloads
References
Badan Pusat Statistik. (2020). Berita Resmi Statistik Perkembangan Pariwisata dan Transportasi Nasional. In Berita Resmi Statistik. 02(11).
Darsono, A. (2011). Front Office Hotel. Jakarta: PT. Grasindo.
Elnissi, S., Rahim, M. A., & Suryana, W. (2022). Memotion of Fragrance. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 8(1), 325. https://doi.org/10.32884/ideas.v8i1.492
Fitriana, R. (2020). Meningkatkan Keterampilan Pelajar Melalui Pelatihan Grooming Dalam Tourism Goes to School. Jurnal Masyarakat Mandiri, 4(2), 172–180. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm
Hubner, I. B., Juliana., Pramezwary, A., & Gajeng, W. R. M . (2022). Pelatihan Personal Grooming dan Hygiene Dalam Dunia Kerja. Abdimas Siliwangi, 5(3),556-577. http://dx.doi.org/10.22460/as.v5i3.10738
Panggabean, H. M., Ginting, J. N., Nduru, S. W., Manullang, Y. P., & Batubara, L. S. (2023). Sosialisasi “Glamping Camp” Sebagai Potensi Bisnis Pariwisata Berkelanjutan. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 168–177. https://doi.org/10.46576/rjpkm.v4i1.2358
Situmorang, J., Goeltom, V., Yuliantoro, N., Hassan, R., & Sunar, S. (2022). Pelatihan Dasar-Dasar Layanan Penampilan Diri di Restoran Bagi Yayasan Emmanuel. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia (JPKMI), 2(3), 329–335. https://doi.org/10.55606/jpkmi.v2i3.617
Sommer, K. (2020). Holidays At Home – Camping and Glamping as A Part of Domestic Tourism. IUBH Discussion Papers – Tourism & Hospitality, 6, 2–20.
Synnott. (2007). Tubuh Sosial: Simbolisme, Diri dan Masyarakat. Yogyakarta: Jalasutra
Utami, N. K. Y. (2020). Glamping Sebagai Sebuah Perspektif Baru Dalam Akomodasi Berkemah. Jurnal Arsitektur ZONASI, 3(3), 185–194. https://doi.org/10.17509/jaz.v3i3.27854
Zulkarnain, W., & Sumarsono, B. (2018). Manajemen dan Etika Perkantoran: Praktik Pelayanan Prima. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya