MENGANGKAT POTENSI UMKM: STRATEGI DIGITAL MARKETING UNTUK SUKSES PEMASARAN

Authors

  • Tri Sugiarti Ramadhan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang
  • Nanik Wahyuningtiyas Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang
  • Muhammad Tody Arsyianto Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang

DOI:

https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v11i2.1492

Keywords:

UMKM, Penyuluhan, Digital Marketing

Abstract

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan tulang punggung ekonomi Indonesia. Zaman sekarang para pelaku UMKM diharapkan untuk bisa memanfaatkan teknologi dengan sebaik-baiknya, salah satunya adalah dunia digital marketing. Namun, masih banyak pelaku UMKM yang belum memahami dan memanfaatkan digital marketing secara optimal. Ini disebabkan oleh beberapa faktor, seperti keterbatasan pengetahuan dan keterampilan dalam bidang teknologi digital, serta kurangnya pemahaman tentang manfaat dan potensi yang bisa didapatkan dari digital marketing. Artikel ini mengkaji mengenai pemanfaatan penyuluhan sebagai alat pemberdayaan masyarakat, memberikan rekomendasi dan strategi bagi UMKM, serta menjadi referensi bagi pihak yang berkepentingan dalam pengembangan UMKM dan pemanfaatan digital marketing. Metode survei adalah pendekatan penelitian yang melibatkan pengumpulan data dari sampel populasi yang dipilih secara representatif. Tujuannya adalah untuk memperoleh informasi dan karakteristik umum tentang populasi tersebut. Data dikumpulkan dan dianalisis dari data responden yang mewakili populasi yang lebih besar. Hasil artikel menunjukkan bahwa pengetahuan para pelaku UMKM tentang digital marketing meningkat setelah adanya kegiatan penyuluhan. Penerapan digital marketing memberikan dampak positif terhadap penjualan produk UMKM dan menghasilkan lonjakan penjualan yang signifikan. Selain itu, pengenalan digital marketing terhadap produk UMKM juga meningkatkan omzet UMKM. Hal ini berdampak positif pada brand awareness dan kepercayaan konsumen, yang pada akhirnya akan memengaruhi keputusan pembelian konsumen. Maka, penyuluhan digital marketing efektif dalam memberdayakan UMKM dan meningkatkan kinerja usaha mereka. Ini menjadi referensi penting bagi pihak-pihak yang berkepentingan dalam pengembangan UMKM dan pemanfaatan digital marketing. UMKM tulang punggung ekonomi, perlu manfaatkan teknologi. Artikel mengkaji penyuluhan memberdayakan UMKM, memberikan rekomendasi. Survei menunjukkan peningkatan UMKM digital marketing.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraini, T. R. (2022). Pengaruh Gaya Hidup dan Brand awareness terhadap Minat Beli serta Dampaknya pada Keputusan Pembelian Produk Emina (Studi pada Mahasiswa Administrasi Bisnis Angkatan 2018-2019 Universitas Mulawarman). CAPITAL: Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 5(2), 143-161.

Amrullah, A. A., Anisya, A., Syahrani, A., Warman, I., & Minarni, M. (2023). Survei Pengalaman Pengguna Dompet Digital Menggunakan Metode Kuesioner. Device, 13(2), 156-161.

Bunyamin, H., Kasih, J., Gantini, T., Marcus, T., Toba, H., Setiawan., & Vieri, R. (2022). Penyuluhan Pengenalan Dunia Digital marketing Bagi Desa Cibodas. Aptekmas Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(3), 78-84.

Farizki, F. I., Salamah, R., Mutiah, T. S. R., Wardhani, W. K., & Siddi, P. (2020). Penyuluhan UMKM di Era New Normal Dengan Memprioritaskan Ekonomi Digital Marketing. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(1), 620-623.

Hanifa, I. N., & Nur, D. I. (2023). Pemberdayaan Masyarakat dalam Meningkatkan Pemasaran Melalui Digital Marketing UMKM Kelurahan Keputih Surabaya. Karunia: Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(3), 69-75.

Hendriadi, A. A., Sari, B. N., & Padilah, T. N. (2019). Pelatihan Digital marketing Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Karawang. Jurnal Pengabdian Masyarakat J-DINAMIKA, 4(2), 120-125.

Kristanti, M. M. (2021). Analisis Pengaruh Digital Marketing, Online Customer Experience Quality, E-Servqual, Terhadap Online Customer Trust, Online Customer Review Rating, dan Online Customer Loyalty UMKM Indonesia Masa Pandemi COVID-19. In Widyagama National Conference on Economics and Business (WNCEB), 2(1), 896-915.

Naimah, R. J., Wardhana, M. W., Haryanto, R., & Pebrianto, A. (2020). Penerapan digital marketing sebagai strategi pemasaran UMKM. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, 2(2), 119-130.

Nurfida, A., Cornellia, R., & Ulina, N. S. (2022). Penyuluhan Pengembangan Strategi Pemasaran Melalui Digital marketing Pada Koperasi Wanita Mandiri Zayda. PUNDIMAS: Publikasi Kegiatan Abdimas, 1(3), 146-150.

Nurani, N., Nursjanti, F., & Munawar, F. (2020). Penyuluhan sertifikasi halal bagi UMKM Jawa barat pada situasi pandemi Covid-19. Madaniya, 1(3), 126-139.

Putri, S. V., Soemaryani, I., & Zusnita, W. O. (2023). Pengaruh Kompetensi Digital dan Kemitraan Terhadap Daya Saing Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Kuliner di Kota Bandung. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan, 17(4), 2942-2957.

Razak, M., Hidayat, M., & Rahman, M. H. (2021). Pengaruh Video Advertising dan Sosial Media Konten Melalui Brand Awareness Terhadap Minat Beli Pada Aplikasi Gofood di Kota Makassar. Akmen Jurnal Ilmiah, 18(1), 84-97.

Setiyana, C. D. M. R., & Maulidasari, C. D. (2020). Sosialisasi Digital Marketing Pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Jurnal Pengabdian Masyarakat Darma Bhakti Teuku Umar, 2(1), 63-73.

Sobandi, A., & Somantri, B. (2020). Pengaruh Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online. Winter Journal: Imwi Student Research Journal, 1(1), 41-52.

Sumadi, S., Tho’in, M., Efendi, T. F., & Permatasari, D. (2021). Pengaruh Strategi Pemasaran Syariah, Kepuasan Konsumen, dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen (Studi Kasus Pada Naughti Hijab Store). Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(2), 1117-1127.

Susanto, B., Hadianto, A., Chariri, F. N., Rochman, M., Syaukani, M. M., & Daniswara, A. A. (2021). Penggunaan digital marketing untuk memperluas pasar dan meningkatkan daya saing UMKM. Community Empowerment, 6(1), 42-47.

Published

2024-05-12

How to Cite

Ramadhan, T. S., Wahyuningtiyas, N., & Arsyianto, M. T. (2024). MENGANGKAT POTENSI UMKM: STRATEGI DIGITAL MARKETING UNTUK SUKSES PEMASARAN. Jurnal Abdi Insani, 11(2), 1263–1273. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v11i2.1492

Issue

Section

section editor