PELATIHAN TOEFL ITP UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS

Authors

  • Putu Wahyu Sudewi Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Sulawesi Barat
  • Nurul Imansari Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Sulawesi Barat
  • Andi Mega Januarti Putri Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Sulawesi Barat

DOI:

https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v11i1.1431

Keywords:

Pelatihan, TOEFL, Bahasa Inggris

Abstract

Ujian TOEFL digunakan untuk menilai keahlian berbahasa Inggris pada individu non-penutur asli. Umumnya, terdapat standar nilai yang harus dicapai peserta ujian untuk memenuhi persyaratan pendaftaran beasiswa internasional, melanjutkan pendidikan atau mencari pekerjaan. Peningkatan kemampuan bahasa Inggris di SMA merupakan bagian penting dari kurikulum pendidikan yang bertujuan untuk mempersiapkan siswa untuk berbagai tantangan akademik. Siswa yang memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik memiliki keunggulan kompetitif dalam mencari kesempatan pendidikan dan pekerjaan. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini mempunyai tujuan untuk memperkuat pemahaman siswa tentang pentingnya TOEFLuntuk bisa melanjutkan pendidikan. Pelatihan TOEFL ini adalah pelatihan mengatasi soal soal TOEFL ITP, dan memberikan saran bagaimana cara mencapai TOEFL ITP secara maksimal. Metode kegiatan ini dibagi menjadi tiga bagian. Pertama adalah tahap analisis masalah dan kebutuhan, kemudian pelaksanaan dan terakhir adalah evaluasi. Dampak dari pelatihan TOEFL ini dapat terlihat dari meningkatnya kemampuan siswa dalam menganalisis dan menyelesaikan berbagai masalah dalam konteks TOEFL. Pelatihan ini juga membantu siswa dalam memahami dan merespons teks-teks bahasa Inggris dengan lebih baik, termasuk peningkatan pemahaman ide, detail, dan struktur bacaan yang lebih kompleks. Selain itu, siswa mengalami peningkatan dalam kemampuan mendengarkan, termasuk pemahaman terhadap berbagai aksen dan kecepatan bicara. Pelatihan in juga meningkatkan pemahaman siswa tentang budaya Inggris. Dengan demikian, pelatihan TOEFL ini memiliki dampak yang positif dalam meningkatkan kemampuan bahasa Inggris siswa serta mempersiapkan mereka untuk tantangan akademik dan profesional di masa depan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Brown, H. D. (2001). Teaching by Principles: An Interactive Approach to Language Pedagogy. New-York: Longman.

Clapham, C. (1996). The development of IELTS: A study of the effect of background knowledge on reading comprehension. Cambridge: Cambridge University Press.

Fitria, T. N., & Prastiwi, I. E. (2020). Pelatihan Tes Toefl (Test of English Foreign Language) Untuk Siswa SMK/SMA, Mahasiswa, Dosen dan Umum. Budimas : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 173–180. https://doi.org/10.29040/budimas.v2i2.1457

Hadi, M. Z. P., Syamsurrijal, S., Miswaty, T. C., & Anggrawan, A. (2022). Pelatihan TOEFL dengan Penerapan Metode Presentation, Practice, and Production bagi Dosen pada Institut Agama Hindu Negeri Gde Pudja Mataram. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 2(4), 1223–1230. https://doi.org/10.54082/jamsi.404

Hartanto, E. C. S., & Inayati, R. (2016). Strategi Peningkatan Nilai Toefl Mahasiswa Di Universitas Trunojoyo Madura. Prosodi, 10(2), 133–144. https://www.google.com/url?sa=i&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&cad=rja&uact=8&ved=0CAIQw7AJahcKEwio2pW_3a3_AhUAAAAAHQAAAAAQAw&url=https%3A%2F%2Fjournal.trunojoyo.ac.id%2Fprosodi%2Fissue%2Fdownload%2F504%2F35&psig=AOvVaw0vbYRWxsPvlJC_0UMBD6Vz&ust=168610949

Ilham., Isnaini, Y., Irwandi, Lukman, & Ismail, H. (2022). Pelatihan TOEFL (Test of English as Foreign Language) bagi Guru-Guru Pesantren. Journal of Character Education Society, 5(3), 715–725. http://journal.ummat.ac.id/index.php/JCEShttps://doi.org/10.31764/jces.v3i1.9228https://doi.org/10.31764/jces.v3i1.XXX

Iswati, L. (2021). Pelatihan TOEFL secara virtual bagi anggota Nasyiatul ‘Aisyiah Cabang Mantrijeron Yogyakarta. KACANEGARA Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(2), 247. https://doi.org/10.28989/kacanegara.v4i2.959

Octavita, R. A. I., Saraswati, R., & Santoso, A. (2018). Sosialisasi Bahasa Inggris Berekuivalen Toefl (Test Of English As A Foreign Language) bagi Guru Yayasan Nara Kreatif Jakarta Timur. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(2), 13. https://doi.org/10.30734/j-abdipamas.v2i2.168

Prasetyo, Y., Sari, D. M. M., & Riza, M. D. (2022). Program Pendampingan Dan Bimbingan Toefl Pada Siswa Sekolah Menengah Atas. 2(1), 76–82.

Ma’ruf, Z., Yusri, Hutagalung, G. U., Rohliah, L., & Lestari, P. (2023). Pelatihan TOEFL di Pondok Pesantren Tahfidz Qur’an Palembang. Jurnal Abdimas Bencoolen (JAB). 1(2), 32-38.

Nugraeni, I. I., Widiyati, M., Rokhayati, T., & Widodo, S. (2020). Pelatihan Bahasa Inggris Bebasis TOEFL bagi Para Guru SMP se-MGMP Bahasa Inggris Kabupaten Purworejo. Jurnal Surya Abdimas. 4 (2), 91-95.

Situmorang, K., Nugroho, D. Y., Pramusita, S. M., Manurung, E. I., & Albertina, B. C. (2021). Mengenal TOEFL ITP untuk Menunjang Karir Akademik. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 4(4), 430-434.

Sudirman, A. (2020). Peningkatan kompetensi Bahasa Inggris bagi dosen-dosen Unma Banten melalui pelatihan “TOEFL strategies and predictions.†Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(1), 271–278. http://ppm.ejournal.id/index.php/pengabdian/article/view/441

Syamsurrijal, S., Ceriyani Miswaty, T., & Pahrul Hadi, M. Z. (2021). Pelatihan TOEFL Dengan Metode Cooperative Integrated Reading And Composition Untuk Mencapai Nilai Ideal di Masa Pandemi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(5), 217–226. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.48

Wijayanti, F., & Miqawati, A. H. (2016). Pelatihan Test of English as A Foreign Language (TOEFL) Ekuivalen Anggota UKM E-Club Politeknik Negeri Jember. Prosiding, 177–180.

Zimmermann, J., Davier, A. A. V, Buhmann, J. M., & Heinimann, H. R. (2018). Validity of GRE General Test Scores and TOEFL Scores for Graduate Admission to a Technical University in Western Europe. European Journal of Engineering Education, 43(1), 144–165. https://doi.org/10.1080/03043797.2017.1343277

Published

2024-03-06

How to Cite

Sudewi, P. W. ., Imansari, N. ., & Putri, A. M. J. . (2024). PELATIHAN TOEFL ITP UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS. Jurnal Abdi Insani, 11(1), 667–677. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v11i1.1431

Issue

Section

section editor