INOVASI PEMASARAN TANAMAN MELON HIDROPONIK DALAM GREENHOUSE MELALUI MARKETPLACE FACEBOOK
DOI:
https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v10i4.1211Kata Kunci:
marketplace facebook, media promosi, pemasaran, melon, hidroponikAbstrak
Tujuan kegiatan ini adalah peningkatan pengetahuan dan keterampilan dalam inovasi pemasaran tanaman melon hidroponik dalam greenhouse melalui marketplace facebook. Fitur yang ada di dalam facebook berupa marketplace yang menjadi salah satu sarana media penjualan online yang digunakan. Mitra dari kegiatan adalah usaha Griya Melon Kendari. Kegiatan pelatihan dilaksanakan pada tanggal 15 Agustus 2023 diikuti 20 peserta. Rencana tahapan kegiatan: (1) tahap persiapan - rapat tim, rapat koordinasi dengan mitra, dan persiapan sarana dan peralatan; dan (2) tahap pelaksanaan: (a) pelatihan dan bimtek pembuatan desain kemasan produk sayuran hidroponik dalam mendukung pemasaran tanaman melon hidroponik. Pelatihan dilaksanakan dengan metode pendekatan demostrasi tentang inovasi pemasaran tanaman melon hidroponik dalam greenhouse melalui marketplace facebook’. Tahapan marketplace facebook terdiri atas 7 tahapan. Hasil evaluasi pre tes diketahui bahwa pengetahuan dan keterampilan tentang pemasaran tanaman melon hidroponik melalui marketplace facebook dari peserta pelatihan sebesar 50 persen Sedangkan hasil evaluasi post tes setelah kegiatan pelatihan pemasaran tanaman melon hidroponik dalam greenhouse melalui marketplace facebook terjadi peningkatan sebesar 90 persen dari peserta pelatihan. Hasil kegiatan menunjukkan proses penggunaan fitur marketplace facebook sangat mempengaruhi sebagai media promosi dan pemasaran produk tanaman melon hidroponik
Unduhan
Referensi
Ahsyar, T. K., Syahifullah, S., & Ardiansyah, A. (2020). E-Marketplace Media Pengembangan Promosi Usaha Mikro Kecil dan Menengah Dinas Koperasi UMKM Kota Pekanbaru. Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi, 6(1), 43-55. DOI: http://dx.doi.org/10.24014/rmsi.v6i1.8768
Aljawiy, A. Y., & Muklason, A.. (2011). Jurnal Ilmiah “Teknologiâ€: Jejaring Sosial dan Dampak bagi Penggunaanya. Jombang (ID): Program Studi Sistem Informasi Unipdu.
Anggraeni., & Yunaeti, E. (2022). Buku Ajar E-Business dan E-Commerce. Indramayu (ID): CV Adanu Abimata.
Anonim. (2020). Jumlah Pengguna Internet Indonesia Tahun 2020 Capai 196,7 Juta, Naik Karena WFH. Diakses pada tanggal, 30 Juli 2022. https://kumparan.com/kumparantech/jumlah-pengguna-internet-indonesia-tahun-2020-capai-196-7-juta-naik-karena-wfh-1uYnJ729dTL/full.
Asriani, & Herdhiansyah, D. (2019). Factors Affecting The Economic Policy Of Food In Indonesia. Mega Aktivita: Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 8(1), 11-17.
DOI: http://dx.doi.org/10.32833/majem.v8i1.76
Asriani., Herdhiansyah, D., & Nurcayah. (2022). Rancangan Usaha Agribisnis Tanaman Sayuran Berbasis Hidroponik. Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 8(1), 407-416.
Asriani, Herdhiansyah, D, & Yandi. (2022). Digital Marketing Produk Sagu. Penerbit NEM
Asriani, & Herdhiansyah, D. (2022). Rancangan Usaha Agribisnis Hidroponik. Penerbit NEM.
Asriani, W., Embe, F. N., & Herdhiansyah, D. (2020). Persepsi Masyarakat Terhadap Agribisnis Sayuran Metode Hidroponik Starterkit Wick di Kota Kendari. Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 6(1), 11 – 16.DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ma.v8i1.6846.
Herdhiansyah., Dhian., & Asriani. (2018). Strategi Pengembangan Agroindustri Komoditas Kakao di Kabupaten Kolaka – Sulawesi Tenggara Jurnal Agroindustri Halal, 4(1), 030-041. DOI: http://dx.doi.org/10.30997/jah.v4i1.1124.
Herdhiansyah., Dhian., Sutiarso, L., Purwadi, D., & Taryono. (2012). Analisis Potensi Wilayah untuk Pengembangan Perkebunan Komoditas Unggulan di Kabupaten Kolaka Sulawesi Tenggara. Jurnal Teknologi Industri Pertanian, 22(2), 106-114.
Herdhiansyah., Dhian., Asriani., & Midi, L. (2023). PKM Teknologi Budidaya Tanaman Melon Hidroponik dalam Greenhousepada UMKM Griya Melon Kendari. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Tahun 2023.
Ningsih S, & Handayani T., (2017). Rancangan Strategi Pemasaran Usaha Mikro Kecil Menengah Kerupuk Multisari. Jurnal Kopetetif. 3 (2) , 1-8.
Riyanto, & Putri, G. (2022). Jumlah Pengguna Internet Indonesia 2021 Tembus 202 Juta. Diakses pada tanggal, 30 Juli 2022. https://tekno.kompas.com/read/2021/02/23/16100057/jumlah-pengguna-internet- indonesia-2021-tembus-202-juta.
Salmiah., Fajrillah., Sudirman, A., Siregar, M. N., Simarmata, J., & Suleman, A. R. (2020). Online Marketing. Medan (ID): Yayasan Kita Menulis.
Widyayanti, E. R. (2019). Pengaruh Marketplace terhadap Peningkatan Pendapatan pada UKM (Studi pada UKM di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal optimum. 9 (1). 1-14.