DISEMINASI BUDIDAYA TANAMAN SAYURAN MENGGUNAKAN WALL PLANTER BAG DALAM UPAYA PENINGKATAN PENDAPATAN ANGGOTA PKK DESA PEMATANG GANJANG

Authors

  • Nana Trisna Mei Br Kabeakan Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Muhammad Alqamari Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Rini Susanti Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Dian Retno Intan Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Khairul Fahmi Purba Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Wildani Lubis Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v10i4.1190

Keywords:

Wall planter bag, budidaya, Tanaman sayuran

Abstract

Mitra atau peserta pada kegiatan ini adalah ibu-ibu anggota PKK yang merupakan ibu rumah tangga sehingga memiliki waktu luang untuk melakukan kegiatan produktif. Kegiatan produktif yang dapat dilakukan adalah melakukan budidaya tanaman sayuran dengan teknik vertikultur menggunakan wall planter bag, kegiatan budidaya ini masih belum banyak dilakukan oleh mitra dikarenakan belum memperoleh informasi mengenai wall planter bag, sehingga tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan informasi sekaligus melakukan pelatihan atau praktik langsung budiaya tanaman sayuran dengan teknik vertikultur menggunakan wall planter bag yang nantinya dapat dipraktikkan langsung oleh mitra untuk pemenuhan kebutuhan pangan keluarga, seperti yang diketahui bahwa tanaman sayuran merupakan tanaman yang memiliki kandungan gizi yang tinggi dan juga hasil panen dari budidaya yang dilakukan dapat  dijadikan sebagai sumber penghasilan dengan cara menjual hasil panen sayuran tersebut mengingat sayuran merupakan kebutuhan bagi sebagian besar masyarakat. Metode kegiatan ini adalah memberikan informasi dan pelatihan atau mempraktikkan secara langsung kepada ibu-ibu anggota PKK bagaimana teknik budidaya vertikultur dengan menggunakan wall planter bag. Hasil yang diperoleh setelah melakukan kegiatan program kemitraan masyarakat sesuai dengan waktu yang telah disepakati adalah dapat diketahui bahwa ibu-ibu anggota PKK yang merupakan mitra kegiatan ini antusias dalam mengikuti kegiatan dan aktif dalam mengikuti kegiatan praktik budidaya yang dilakukan secara langsung setelah sebelumnya diberikan informasi mengenai kegiatan produktif yang dapat dilakukan dan menjelaskan apa itu wall planter bag kepada mitra. Diharapkan dengan adanya kegiatan pelatihan yang diberikan kepada ibu-ibu anggota PKK dapat menambah pengetahuan dan keterampilan melakukan kegiatan budidaya menggunakan wall planter bag dengan memanfaatkan dinding luar rumah ataupun pagar rumah yang dimiliki.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ariyanto, S. E., & Sudjianto, U. (2022). Teknik Budidaya Sayuran Secara Vertikultur Di Pekarangan Untuk Ketahanan Pangan Keluarga. Muria Jurnal Layanan Masyarakat, 4(1).

Dinariani, D., Heddy, Y. B., & Guritno, B. (2014). Kajian Penambahan Pupuk Kandang Kambing Dan Kerapatan Tanaman Yang Berbeda Pada Pertumbuhan Dan Hasil Tanaman Jagung Manis (Zea mays saccharata Sturt). Jurnal Produksi Tanaman, 2(2), 128-136.

Diwanti, D. P. (2018). Pemanfaatan pertanian rumah tangga (pekarangan rumah) dengan teknik budidaya tanaman sayuran secara vertikultur. MARTABE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 101-107.

Hidayati, N., Rosawanti, P., Arfianto, F., & Hanafi, N. (2018). Pemanfaatan Lahan Sempit Untuk Budidaya Sayuran Dengan Sistem Vertikultur: Utilization of narrow-land area to cultivate vegetables by verticulture system. PengabdianMu: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 40-46.

Kabeakan, N. T. M. B., Alqamari, M., Susanti, R., & Yusuf, M. (2022). Pelatihan Dan Pendampingan Petani Sayur Pada Kelompok Tani Makmur Sejahtera Di Kelurahan Denai Kota Medan. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(8), 2953-2958.

Kusmiati, A., & Solikhah, U. (2015). Peningkatan pendapatan keluarga melalui pemanfaatan pekarangan rumah dengan menggunakan teknik vertikultur. Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship (AJIE), 4(2), 94-101.

Liferdi, L., & Saparinto, C. (2016). Vertikultur Tanaman Sayur. Penebar Swadaya Grup. Jakarta.

Madawistama, S. T., Ni’mah, K., Heryani, Y., & Kurniawan, D. (2022). Pola Tanam Polikultur Sayuran Pada Pekarangan Sempit Melalui Sistem Vertikal Garden Dalam Mendukung Ketahanan Pangan Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 2(1), 47-53.

Manik, J. R., Alqamari, M., & Hanif, A. (2018). Usaha Pemanfaatan Lahan Pekarangan Budidaya Tanaman Sayuran Secara Vertikultur Pada Kelompok Ibu-Ibu ‘Aisyiyah. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1).

Oktaviani, A. D., Ulayyah, N. N. P., Yuliani, T. S., Rahayu, M. S., Lubis, I., & Nurul, F. (2020). Pemanfaatan lahan pekarangan untuk memenuhi kebutuhan keluarga di Desa Cintalaksana, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Karawang. Jurnal Pusat Inovasi Masyarakat (PIM), 2(4), 535-539.

Rauf, A., Rahmawaty., & Said, D.B.T.J. (2013). Sistem Pertanian Terpadu di Lahan Pekarangan Mendukung Ketahanan Pangan Berkelanjutan dan Berwawasan Lingkungan. Jurnal Pertanian Tropik, 1(1), 1-8.

Sari, R.M.P., Maghfoer, M. D., & Koesriharti, K. (2016). Pengaruh frekuensi penyiraman dan dosis pupuk kandang ayam terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman pakchoy (Brassica rapa L. Var. Chinensis). Jurnal Produksi Tanaman, 4 (5), 342-251.

Suhastyo, A. A. (2017). Pemberdayaan masyarakat melalui pelatihan pembuatan pupuk kompos. JPPM (Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat), 1(2), 63-68.

Sukenti, K., Sukiman, S., Suripto, S., Rohyani, I. S., & Jupri, A. (2019). Optimalisasi pemanfaatan lahan pekarangan sebagai upaya dalam membantu ketersediaan pangan dan perekonomian masyarakat di desa sukarema, kabupaten lombok timur. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA (JPMPI), 2(1), 97-101.

Tambunan, N., Masruroh, A., Siagian, I., & Hatmoko, B. D. (2023). PKM Pelatihan Penanam Sayuran Dengan Teknik Vertikultur. Jurnal Abdimas Multidisiplin, 2(1), 18–23.

Published

2023-11-21

How to Cite

Kabeakan, N. T. M. B., Alqamari, M. ., Susanti, R. ., Intan, D. R. ., Purba, K. F., & Lubis, W. (2023). DISEMINASI BUDIDAYA TANAMAN SAYURAN MENGGUNAKAN WALL PLANTER BAG DALAM UPAYA PENINGKATAN PENDAPATAN ANGGOTA PKK DESA PEMATANG GANJANG. Jurnal Abdi Insani, 10(4), 2421–2428. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v10i4.1190

Issue

Section

section editor

Most read articles by the same author(s)