WORKSHOP E-MODUL INTERAKTIF DENGAN CANVA UNTUK PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID-19

Penulis

  • Ni Wayan Switrayni Program Studi Matematika Universitas Mataram
  • I Gede Adhitya Wisnu Wardhana Program Studi Matematika Universitas Mataram
  • Irwansyah Irwansyah Program Studi Matematika Universitas Mataram
  • Qurratul Aini Program Studi Matematika Universitas Mataram
  • Salwa Salwa Program Studi Matematika Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v9i2.435

Kata Kunci:

Workshop, e-Modul Interaktif, Canva

Abstrak

Pandemi covid-19 mempengaruhi berbagai aspek kehidupan di Indonesia, salah satunya adalah sektor Pendidikan.  Contohnya, selama masa pandemi covid-19, sebagian besar guru SMP, khususnya di SMP Islam Pondok Pesantren At-Tamimy, hanya memanfaatkan buku teks saja sebagai bahan ajar yang tentunya kurang efektif dan interaktif.  Oleh karena itu, kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini bertujuan untuk mengenalkan para guru SMP Islam Pondok Pesantren At-Tamimy dengan e-modul interaktif untuk pembelajaran daring menggunakan Canva. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa pelaksanaan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini telah berjalan dengan cukup baik dan lancar. Melalui workshop ini, para guru SMP Islam Pondok Pesantren At-Tamimy diberikan tutorial pembuatan e-modul interaktif yang sebenarnya tidak hanya dapat digunakan dalam proses pembelajaran daring selama masa pandemi covid-19, tetapi juga dapat digunakan untuk pembelajaran secara luring yang lebih efisien, efektif dan menyenangkan karena guru dapat berkreatifitas membuat desain e-modul yang semenarik mungkin bagi siswa.  Berdasarkan paparan hasil pelaksanaan kegiatan ini, dapat disimpulkan bahwa tim sudah melaksanakan workshop dengan baik, lancar, dan menyenangkan karena guru dapat berkreatifitas membuat desain e-modul yang semenarik mungkin bagi siswa.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Agustini, S. W., Hadijati, M., & Fitriyani, N. (2019). Analisis Dependensi Faktor Makroekonomi terhadap Tingkat Harga Emas Dunia dengan Pendekatan Copula. Eigen Mathematics Journal, 1(2), 82-91.

Daryanto, D. (2013). Menyusun modul bahan ajar untuk persiapan guru dalam mengajar. Yogyakarta (ID) : Gava Media.

Fitriyani, N., Hadijati, M., Harsyiah, L., & Baskara, Z. W. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Microsoft Powerpoint di MA Attamimy Lombok Tengah. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains Indonesia, 3(2), 60-71.

Fitriyani, N., Awalushaumi, L., & Kurnia, A. (2016). Polytomous Logistic Regression in Analyzing the Presence of National Pilot Mosque in Karang Baru Mataram. Scientific Committe, 220.

Hadijati, M., Harsyiah, L., & Fitriyani, N. (2021). Peningkatan Pemahaman Statistika dan Peranannya pada Era Revolusi Industri 4.0 di Madrasah Aliyah Hidayatul Muhsinin Labulia. Jurnal Karya Pengabdian, 3(1), 42-46.

Harsyiah, L., Fitriyani, N., & Salwa, S. (2020). Peramalan Jumlah Siswa Baru Madrasah Aliyah (MA) Manhalul Ma’arif Darek-Lombok Tengah. Eigen Mathematics Journal, 3(2), 110-117.

Hidayatullah, P., Irwansyah, I., Aini, Q., & Syechah, B. N. (2022). Pipeline Network Optimization using Hybrid Algorithm between Simulated Annealing and Genetic Algorithms. Eigen Mathematics Journal, 4(2), 30-39.

Kurnia, A., & Fitriyani, N. (2018). Pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran PAI di universitas mataram. In Prosiding Seminar Nasional II APPPI NTB.

Michael, A. (2013). Michael Allen’s Guide to E-learning. New Jersey (USA) : John Wiley & Sons.

Nana, S., & Rivai, A. (2002). Media Pengajaran Bandung. Bandung (ID) : Sinar Baru Algensindo.

Nasution, A. (2018). Pengembangan modul matematika berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Mataram (ID) : Universitas Mataram.

Purwanto, Rahadi, A., & Lasmono, S. (2010). Pengembangan Modul. Jakarta (ID) : Pendidikan PUSTEKKOM Depdiknas.

Sulwa, S., Wardana, I. G. A. W., Aini, Q., Irwansyah, I., & Switrayni, N. W. (2020). Pelatihan Membuat Dan Menggunakan Media Pembelajaran Daring Dimasa Pandemi. Prosiding PEPADU, 2, 246-248.

Syechah, B. N., Marwan, M., Bahri, S., Awalushaumi, L., & Alfian, M. R. (2021). Pengembangan Soal-Soal Berbasis Hots Di Pondok Pesantren Attamimy Brangsak Praya. Prosiding PEPADU, 3, 55-60.

Switrayni, N. W., & Aini, Q. (2016). Penentuan Susu Formula Ideal untuk Bayi Menggunakan AHP di Wilayah Kota Mataram. Jurnal Matematika, 6(2), 100-113.

Switrayni, N. W., Wardhana, I. G. A. W., & Aini, Q. (2020). Webinar Pengenalan Google Classroom Dan Google Form Sebagai Media Dan Alat Evaluasi Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Abdi Insani, 8(1), 18–24

Whardana, I. G. A. W., Romdhini, M. U., & Switrayni, N. W. (2020). Penguatan Pemahaman Terhadap Aplikasi Aljabar Dalam Teknologi Modern Bagi Siswa SMA Negeri 1 Praya. Jurnal Abdi Insani, 7(1), 71-74.

Unduhan

Diterbitkan

2022-06-20

Cara Mengutip

Switrayni, N. W., Wardhana, I. G. A. W. ., Irwansyah, I., Aini, Q., & Salwa, S. (2022). WORKSHOP E-MODUL INTERAKTIF DENGAN CANVA UNTUK PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Abdi Insani, 9(2), 390–399. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v9i2.435

Terbitan

Bagian

section editor