WORKSHOP PEMBUATAN PROPOSAL KEWIRAUSAHAAN BAGI SISWA SMA NEGERI 14 SAMARINDA

Authors

  • Siti Akmalia Program Studi Pendidikan Ekonomi, IKIP PGRI Kalimantan Timur
  • Milawati Milawati Program Studi Pendidikan Ekonomi, IKIP PGRI Kalimantan Timur
  • Tri Widyasari Program Studi Pendidikan Ekonomi, IKIP PGRI Kalimantan Timur https://orcid.org/0000-0002-1084-9812
  • Enny Kartini Program Studi Pendidikan Ekonomi, IKIP PGRI Kalimantan Timur
  • Tri Nugroho Program Studi Pendidikan Ekonomi, IKIP PGRI Kalimantan Timur
  • Umi Fitria Program Studi Pendidikan Ekonomi, IKIP PGRI Kalimantan Timur

DOI:

https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v10i2.981

Keywords:

Proposal Kewirausahaan

Abstract

Pendidikan kewirausahaan diperlukan bagi siswa agar setelah lulus nanti mereka memiliki pemahaman tentang memulai suatu usaha. Sehingga mereka tidak terlalu bergantung pada pekerjaan di suatu instansi atau perusahaan karena memiliki kemampuan untuk menciptakan lapangan pekerjaan dengan berwirausaha. Pembelajaran kewirausahaan akan lebih efektif jika dilaksanakan melalui pendekatan learning by doing. Salah satu materi yang perlu diberikan untuk membekali siswa adalah materi tentang penyusunan proposal usaha sebagai langkah awal untuk memulai kewirausahaan. Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan pemahaman tentang teknik pembuatan proposal kewirausahaan. Kegiatan ini diharapkan menjadi bekal bagi siswa di SMA Negeri 14 Samarinda jika setelah lulus nanti ingin berwirausaha. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini ada dua, yaitu metode ceramah dan metode permainan (games).  Metode ceramah digunakan untuk memberikan penjelasan tentang teknik pembuatan proposal kewirausahaan.  Kemudian untuk memperkuat pemahaman siswa tentang materi yang diberikan, digunakan metode permainan (games). Hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini menunjukkan adanya peningkatan pemahaman siswa dalam menyusun proposal kewirausahaan. Selain meningkatnya pemahaman tentang menyusun proposal kewirausahaan, siswa menunjukkan peningkatan keterampilan dalam menyusun proposal untuk memulai suatu usaha. Kemampuan membuat proposal kewirausahaan adalah tahap awal dalam melaksanakan kegiatan wirausaha dalam rangka mendukung kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).  Melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini juga memberikan pengalaman belajar yang baru kepada siswa yaitu melalui pembelajaran dalam bentuk permainan (games) teka teki silang yang memunculkan motivasi belajar bagi siswa pada saat proses pemberian materi proposal. Melalui kegiatan ini dapat menambah pemahaman dan keterampilan siswa dalam penyusunan proposal kewirausahaan.  Kegiatan ini diharapkan mendukung Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andayani, A. A., & Tugirah. (2020). Meningkatkan Pemahaman Konsep Ekonomi Siswa Melalui Media Teka-Teki Silang Di SMA Kartikatama Metro. Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian LPPM UM METRO, 5(2), 201–209.

Andayani, A. A., & Tugirah. (2020). Meningkatkan Pemahaman Konsep Ekonomi Siswa Melalui Media Teka-Teki Silang Di SMA Kartikatama Metro. Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian LPPM UM METRO, 5(2), 201–209.

Astuti, S. D., & Supriyanta. (2023). Pelatihan Kewirausahaan (Proposal Bisnis Dan Pembukuan Sederhana) Bagi Ibu-Ibu Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Di Lingkungan Desa Wirogunan Kecamatan Kartasura. JPM Jurnal Pengabdian Mandiri, 2(1), 339–344.

Hutabarat, H., Elindra, R., & Harahap, M. S. (2022). Analisis Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Di SMA Negeri Sekota Padangsidimpuan. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal), 5(3), 58–69.

Indrayani, L., Bambang Permadi, W., Ulfah Arini, D., Amin, P., & Ekonomi Universitas Pamulang, F. (2021). Menciptakan Wirausaha Milenial dalam Pelatihan Strategi Perencanaan Bisnis. Dedication: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 95–104.

Mariana, N. I. (2022). Upaya Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar IPS Menggunakan Metode Teka-Teki Silang Kelas IX MTS N 6 Ponorogo. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(5), 6123–6136.

Matulessy, A., Ismawati, I., & Muhid, A. (2022). Efektivitas permainan tradisional congklak untuk meningkatkan kemampuan matematika siswa: literature review. AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 13(1), 165–178.

Maulana, A., Novalia, N., Rosa, A., & Yunita, D. (2021). Peningkatan Kapasitas Wirausaha Desa Melalui Pelatihan Pembuatan Rencana Bisnis (Village Entrepreneurial Capacity Building Through Business Planning Training). Yumary: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat , 2(3), 133–142.

Noviani, L., Wahida, A., & Umiatsih, S. T. (2022). Strategi Implementasi Proyek Kewirausahaan Di SMA Negeri 1 Sumberlawang. Jurnal Kewirausahaan Dan Bisnis, 27(1), 60–70. https://doi.org/10.20961/jkb.v27i1.58934

Purwanti, I., Winarto, W. W. A., & Sucianti, N. (2021). Pemberdayaan Wirausahawan Muda Melalui Pelatihan Penyusunan Studi Kelayakan Usaha, Proposal Usaha dan Analisis Laporan Keuangan di Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah. EKONOMI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 132–137.

Rahma, Q., & Effendy, U. (2017). Penerapan Media Teka-Teki Silang Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Kelas IVB SD Negeri 24 Palembang. Jurnal Kajian Pengembangan Pendidikan, 4(2), 1–9.

Ratang, S. A., & Ugun, M. (2020). Pelatihan Pembuatan Proposal Bagi Mahasiswa Dan Pelajar Dalam Mendapatkan Pinjaman Dana Usaha. The Community Engagement Journal, 3(2), 26–32.

Rosmiati, Putra, I., Nasori, A., Sari, N., & Dwijayanti, N. S. (2022). Pelatihan Pembelajaran Berbasis Knowledge Dan Entrepereneurial Learning Untuk Mengatasi Pengangguran Intelektual Di SMA Negeri 1 Sungai Penuh. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(4), 732–742.

Shalikha, P. A. A. (2022). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JPE), 15(2), 86–93.

Suprapto, A. H., Rusdi, M., & Paryono. (2018). Pelatihan Pembuatan Proposal Rencana Bisnis (Business Plan) Bagi Siswa Madrasah Tsanawiyah Nurul Hikmah Dan SMP Al-Ihsan Guna Meningkatkan Kemampuan Berwirausaha. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Abdimas) IKIP Siliwangi , 1(2), 81–88.

Wulandari, I., Hendrian, J., Sari, I. P., Arumningtyas, F., Siahaan, R. B., & Yasin, H. (2020). Efektivitas Permainan Kartu sebagai Media Pembelajaran Matematika. E-DIMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 11(2), 127–131.

Yunitasari, S., Santoso, A., & Sapto, A. (2019). Pengaruh Metode Permainan Kata Teka-Teki Silang dan Anagram terhadap Penguasaan Kosakata Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(2), 202—205. https://doi.org/doi: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v4i2.11974

Published

2023-06-20

How to Cite

Akmalia, S., Milawati, M., Widyasari, T., Kartini, E., Nugroho, T., & Fitria, U. (2023). WORKSHOP PEMBUATAN PROPOSAL KEWIRAUSAHAAN BAGI SISWA SMA NEGERI 14 SAMARINDA. Jurnal Abdi Insani, 10(2), 1083–1091. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v10i2.981

Issue

Section

section editor

Most read articles by the same author(s)