PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM PEMBANGUNAN DESA WISATA BERBASIS PERATURAN DESA DI DESA TAMPAKSIRING GIANYAR

Authors

  • Ni Luh Gede Astariyani Program Studi Ilmu Hukum Universitas Udayana, Bali
  • Ni Ketut Arismayanti Program Studi Pariwisata, Universitas Udayana, Bali
  • Ni Made Ari Yuliarthini. G Program Studi Ilmu Hukum Universitas Udayana, Bali

DOI:

https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v8i3.446

Keywords:

Desa wisata, tampaksiring, peraturan desa

Abstract

Kegiatan Pengabdian untuk Masyarakat di Desa Tampaksiring, Kecamatan Tampaksiring, Kabupaten Gianyar bertujuan untuk memperkuat pemberdayaan masyarakat melalui peningkatan partisipasi Sumber Daya Manusia dalam pembangunan desa wisata berbasis inovasi dan ekonomi kreatif sesuai dengan visi dan misi Desa Tampaksiring. Selain itu, kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat sistem pengelolaan desa, karena masih minimnya keterlibatan masyarakat dalam pengelolaan desa wisata yang terdapat di desa, lemahnya partisipasi SDM terhadap potensi wisata dan potensi budaya yang dimiliki. Metode  pendekatan dengan model yang dilakukan meliputi: 1) Model Partisipatory Rural Appraisal (PRA); 2) Model Entrepreneurship Capacity Building (ECB); dan 3) Model Teknologi Transfer (TT). Untuk mengatasi berbagai permasalahan tersebut diatas, beberapa rencana kegiatan yang diusulkan dalam pelaksanaan program Pengabdian untuk Masyarakat sebagai berikut: 1) Pelatihan penyusunan peraturan desa; 2) Pelatihan teknik memandu wisata bagi calon guide dan muda-mudi lokal di Desa Tampaksiring 3) Pelatihan manajemen pengolahan pangan ; 4) Pelatihan pembuatan souvenir khas untuk meningkatkan ekonomi kreatif di Desa Tampaksiring; 5) Membuat pelatihan kesehatan hewan; dan 6) Membuat Buku Panduan informasi tentang segala potensi wisata yang ada di Desa Tampaksiring dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anonim. (2017). Profil Desa Tampaksiring, Tabanan-Bali.

Astariyani, N. L. G. (2020). Regional Government Authority in Determining Policies on the Master : Plan of Tourism Development. Jurnal Kertha Patrika, 30.

Astariyani, N. L. G., & Sudiarawan, K. A. (2021). Evaluasi Pengaturan Kebijakan Daerah Dalam Masa Pandemi Covid-19 Di Kota Denpasar. Abdi Insani, 8(1), 111–117. https://doi.org/https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v8i1.376

Desky, M. A. (2001). Pengantar Bisnis Biro Perjalanan Wisata. Yogyakarta (ID) : Adicita Karya Nusa.

Kesrul. (2003). Penyelenggaraan Operasi Perjalanan Wisata. Jakarta (ID) : PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Muhajir. (2005). Menjadi Pemandu Wisata Pemula. Jakarta (ID) : PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Ni’am, H. U. M., Purnomoadi, A., & Dartosukarno, S. (2019). Hubungan Antara Ukuran-ukuran Tubuh Dengan Bobot Badan Sapi Bali Betina Pada Berbagai Kelompok Umur. Animal Agriculture Journal, 1(1), 541 – 556.

Soekarto, S. T. (1985). Penilaian Organoleptik (untuk Industri Pangan dan Hasil. Pertanian). Jakarta (ID) : Penerbit Bharata Karya Aksara.

Published

2021-12-28

How to Cite

Astariyani, N. L. G., Arismayanti, N. K., & Yuliarthini. G, N. M. A. . (2021). PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM PEMBANGUNAN DESA WISATA BERBASIS PERATURAN DESA DI DESA TAMPAKSIRING GIANYAR. Jurnal Abdi Insani, 8(3), 324–330. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v8i3.446

Issue

Section

section editor