PELATIHAN TERAPI OKSIGEN PADA TENAGA KESEHATAN DI RUMAH SAKIT UMUM UNIVERSITAS MATARAM

Authors

  • Moulid Hidayat Program Studi Pendidikan Dokter, Fakultas Kedokteran Universitas Mataram
  • Prima Belia Fathana Program Studi Pendidikan Dokter, Fakultas Kedokteran Universitas Mataram
  • Devi Ramadhona Program Studi Pendidikan Dokter, Fakultas Kedokteran Universitas Mataram
  • Wahyu Sulistya Affarah Program Studi Pendidikan Dokter, Fakultas Kedokteran Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v8i3.442

Keywords:

pelatihan terapi oksigen, tenaga kesehatan, RS Unram

Abstract

Oksigen merupakan substrat penting bagi kehidupan manusia. Pengambilan oksigen dari lingkungan melalui kerja paru memberikan asupan substrat penting untuk proses produksi energi. Pada kondisi gawat napas, pemberian oksigen merupakan hal yang sangat esensial untuk menjaga homeostasis tubuh dan mencegah kerusakan organ lebih lanjut. Sehingga, pengetahuan akan indikasi pemberian oksigen, berapa dosis oksigen yang tepat, bagaimana cara memberikan oksigen yang benar, dan apa yang harus diperhatikan dalam pemberian oksigen sangat perlu dikuasai dengan baik. Pada era pandemi Covid-19 ini, penggunaan terapi oksigen sangat masif, sehingga perlunya dilakukan penyegaran kembali mengenai terapi oksigen terhadap tenaga kesehatan di lingkungan Rumah Sakit Universitas Mataram agar penggunaan oksigen dapat lebih tepat guna, dan optimal. Meningkatkan pengetahuan tenaga kesehatan di Rumah Sakit Universitas Mataram mengenai terapi oksigen. Kegiatan pelatihan ini dilakukan dengan menggunakan metode ceramah interaktif dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan diskusi. Pengetahuan peserta dinilai berdasarkan pre-test dan post-test. Kegiatan pelatihan dihadiri oleh 35 orang tenaga kesehatan yang khusus berasal dari instalasi rawat isolasi, instalasi gawat darurat, dan instalasi perawatan kritis (intensive care unit (ICU)) Rumah Sakit Universitas Mataram. Pada pelatihan ini, terdapat peningkatan pengetahuan yang bermakna, dengan selisih skor peningkatan pengetahuan sebesar 10.89 (p=0.0225 (<0.05), 95% KI 1.551-19.06). Peningkatan pengetahuan tenaga kesehatan melalui kegiatan pelatihan terapi oksigen dibutuhkan untuk pelayanan kesehatan sehari-hari pasien dengan kegawatan napas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Rogayah, R., & Rasmin, M. (2010). Terapi oksigen. Dalam : Pulmonologi intervensi dan gawat darurat nafas. Jakarta (ID) : Universitas Indonesia Press.

Sardesai, I., Grover, J., Garg, M., Nanayakkara, P. W. B., Di Somma, S., & Paladino, L. (2020). Short Term Home Oxygen Therapy for COVID-19 patients : The COVID-HOT algorithm. J Family Med Prim Care, 9(7), 3209–3219.

West, J. B. (2013). Pulmonary Pathophysiology The Essentials 8th edition. China : Lippincott Williams & Wilkins.

Published

2021-12-29

How to Cite

Hidayat, M., Fathana, P. B. ., Ramadhona, D., & Affarah, W. S. (2021). PELATIHAN TERAPI OKSIGEN PADA TENAGA KESEHATAN DI RUMAH SAKIT UMUM UNIVERSITAS MATARAM. Jurnal Abdi Insani, 8(3), 337–341. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v8i3.442

Issue

Section

section editor

Most read articles by the same author(s)