APLIKASI TEKNOLOGI BIO-BALITANI DALAM PRODUKSI BIOURINE DI KELOMPOK TANI ARSA WINANGUN DI DESA TARO

Authors

  • Ardina Ratna Pramesti Program Studi Peternakan Universitas Udayana Bali
  • I Made Arba Rahastra Program Studi Peternakan Universitas Udayana Bali
  • Ni Putu Dewi Tata Arini Program Studi Peternakan Universitas Udayana Bali
  • Komang Rita Noviyanti Program Studi Peternakan, Universitas Udayana BALI
  • Putu Erika Nandia Program Studi Peternakan, Universitas Udayana BALI
  • I Made Mudita Program Studi Peternakan, Universitas Udayana BALI

DOI:

https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v8i3.408

Keywords:

Bio-Balitani, Biourine, Fermentasi, Inokulan

Abstract

Teknologi pemanfaatan urin ternak menjadi pupuk organik cair penting diketahui untuk mengurangi resiko pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh limbah kotoran ternak yang tidak diolah dengan baik. Desiminasi teknologi fermentasi melalui pemanfaatan produk Bio-BaliTani yang diproduksi memanfaatkan konsorsium bakteri Lignosellulolitik asal rumen sapi bali dan rayap merupakan salah satu inovasi yang dikembangkan untuk menanggulangi berbagai permasalahan yang ada di Kelompok Tani Arsa Winangun. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mengatasi kurangnya pengetahuan dan keterampilan Kelompok Tani Arsa Winangun dalam pengelolaan limbah peternakan yang dihasilkan.  Hasil pelaksanaan kegiatan menunjukkan bahwa Kelompok Tani Arsa Winangun mampu menyerap dan mengaplikasikan teknologi yang di diseminasikan. Hal ini ditunjukkan dengan adanya kemampuan dari kelompok tersebut dalam memproduksi biourine dengan memanfaatkan teknologi Bio-BaliTani. Hasil analisis kandungan hara biourine yang diproduksi juga menunjukkan bahwa biourine memiliki kualitas baik dan mampu memenuhi standar SNI No.19-7030-2004.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Mudita, I. M., Cakra, I. G. L. O., Mahardika, I. G., & Sutama, I. N. S. (2019). Penapisan dan Pemanfaatan Bakteri Lignoselulolitik Cairan Rumen Sapi Bali dan Rayap Sebagai Inokulan dalam Optimalisasi Limbah Pertanian Sebagai Pakan Sapi Bali. [disertasi] Program Pascasarjana Peternakan, Universitas Udayana.

Mudita, I. M., Cakra, I. G. L. O., Wibawa, A. A. P. P., & Siti, N. W. (2009). Penggunaan Cairan Rumen Sebagai Bahan Bioinokulan Plus Alternatif serta Pemanfaatannya dalam Optimalisasi Pengembangan Peternakan Berbasis Limbah yang Berwawasan Lingkungan. [Laporan Penelitian Hibah Unggulan] Universitas Udayana.

Published

2021-12-06

How to Cite

Pramesti, A. R., Rahastra, I. M. A. ., Arini, N. P. D. T., Noviyanti, K. R. ., Nandia, P. E. ., & Mudita, I. M. . (2021). APLIKASI TEKNOLOGI BIO-BALITANI DALAM PRODUKSI BIOURINE DI KELOMPOK TANI ARSA WINANGUN DI DESA TARO. Jurnal Abdi Insani, 8(3), 283–286. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v8i3.408

Issue

Section

section editor