STRATEGI MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK KULIT KEMBANG TAHU TAWAR DESA RANCA KALAPA TANGERANG MELALUI DIGITALISASI MARKETING
DOI:
https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v10i3.971Kata Kunci:
Tofu, digital, marketing, TangerangAbstrak
Peran pelaku usaha UMK sangat penting dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah sehingga berkewajiban untuk melakukan banyak kreasi dan inovasi terhadap produknya agar mampu bersaing secara regional maupun global. Salah satu pelaku UMKM yang perlu melakukan inovasi dan kreasi adalah pelaku usaha Kulit Kembang Tahu Tawar Desa Ranca Kalapa, Panongan, Kabupaten Tangerang. Pelaku usaha tersebut masih memproduksi, mengkemas dan memasarkan produk secara tradisional sehingga tidak dapat bersaing secara global. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk mendampingi para pelaku usaha Kulit Kembang Tahu Tawar yang berdomisili di Desa Ranca Kalapa Tangerang dalam meningkatkan nilai jual produk Kulit Kembang Tahu Tawar yang menjadi makanan tradisional sehingga dapat memberikan nilai tambah pada produk tersebut dan menjadi salah satu strategi dalam meningkatkan penjualan baik secara offline maupun online. Adapun metode yang digunakan pada kegiatan ini yaitu PAR (Participatory Action Research), yaitu metode yang merupakan bagian dari pengabdian yang melibatkan berbagai stakeholder (pihak yang relevan) dalam hal ini adalah pelaku usaha Kulit Kembang Tahu Tawar Desa Ranca Kalapa, Tangerang. Melalui metode ini peneliti melakukan kreasi dan inovasi pada produk Kulit Kembang Tahu Tawar dengan melakukan Re-Branding, Re-Packging dan Re-Promoting (Digital Marketing) sehingga produk yang dihasilkan memiliki nilai tambah dibandingkan dengan produk sebelumnya. Hasil kegiatan pengabdian ini adalah adanya desain logo baru, desain kemasan baru, kemasan produk yang lebih inovatif dan pemasaran secara digital melalui marketplace Shopee bagi produk Kulit Kembang Tahu Tawar sehingga pelaku usaha dapat meningkatkan penjualan produk secara online.
Unduhan
Referensi
Aminullah, M. W., Pamuji, M., & Fitria, D. (2022). Inovasi lengkuas Sebagai Produk Makanan Ringan dan Tambahan Pendapatan di Desa Sukamulya. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(3), Article 3. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i3.7869
Atmojo, M. E. (2022). Pemberdayaan UMKM Melalui Pemanfaatan Teknologi Informasi. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), Article 2. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i2.8214
Ayuningtias, T. (2019). Analisis Kelayakan Usaha Kembang Tahu (Studi Kasus: Desa Padang Brahrang Kecamatan Selesai Kabupaten Langkat) [Thesis]. http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/6924
Dewi, K. N. K., & Mahyuni, L. P. (2022). Pelatihan Digital Marketing Kepada UMKM di Banjar Pitik untuk Daya Saing Usaha. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(3), Article 3. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i3.6302
Fahta, A. I. A., Moreni, A. F., & Anggita, A. (2022). The Impact of Digitalization to Accelerate Economic Performance During COVID-19 Pandemic. East Java Economic Journal, 6(2), Article 2. https://doi.org/10.53572/ejavec.v6i2.92
Lamidja, A., Talumingan, C., Kumaat, R. M., & Moniaga, V. R. B. (2014). ANALISIS PERSEDIAAN BAHAN BAKU KEDELAI PADA AGROINDUSTRI PRODUK SUSU KEDELAI DAN TAHU CINA DI TAAS BANJER (STUDI KASUS UD. KEMBANG TAHU). COCOS, 4(4), Article 4. https://doi.org/10.35791/cocos.v4i4.4489
Nur, L. C. N., Maarif, I. B., & Husnia, M. (2022). Strategi Pemasaran melalui Digital Marketing Berbasis E- Modul Flipbook untuk Kelompok Wanita Tani Desa Bedahlawak. Jumat Ekonomi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.32764/abdimas_ekon.v3i2.2412
Perumahan di Tangerang—CitraRaya (Official Website). (t.t.). Diambil 14 Agustus 2022, dari https://citraraya.com/
Primadewi, A., Anwar, T. M., Yustin, Y., Sani, A. H., & Fauzi, M. (2020). PENGUATAN PEMASARAN PRODUK UMKM ASHFA MADU BOROBUDUR MELALUI STRATEGI PRODUCT BRANDING. JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 26(3), Article 3. https://doi.org/10.24114/jpkm.v26i3.17683
Rachman, A., Ash Shidiqi, M. F., Devy, S. T., Meilina, T., Afifah, S. N., Astuti, W., Octavani, S., Wulandari, S., Nurhanifah, V., Asrof, M. R., Putri, N. M., Syafinatunnisa, Z., Sari, S. N., & Karmelia, N. H. (2022). UPAYA PENINGKATKAN NILAI JUAL PRODUK RENGGINANG DESA RANCA KALAPA, KABUPATEN TANGERANG MELALUI INOVASI PRODUK BORING’S. Jurnal Abdi Insani, 9(3), 1069–1078. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v9i3.708
Rahmat, A., & Mirnawati, M. (2020). Model Participation Action Research Dalam Pemberdayaan Masyarakat. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6(1), 62. https://doi.org/10.37905/aksara.6.1.62-71.2020
Saidi, M. (2011). Segelas Susu Kedelai Sepiring Kembang Tahu. 2P Publisher.
Septianingsih, R. (2023). Digital Marketing Training Towards Vocational Centers of Excellence: Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), Article 1. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v7i1.13370
Sugianto, N., & Utama, F. P. (2021). E-COMMERCE UNTUK OPTIMALISASI PEMASARAN PRODUK DI ERA DIGITAL BAGI USAHA MIKRO KELOMPOK TANI PANGESTU RAKYAT DESA BARUMANIS KABUPATEN REJANG LEBONG. JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 27(1), Article 1. https://doi.org/10.24114/jpkm.v27i1.23656
Widowati, S., Dayani, D., & Santosa, B. a. S. (2017). Substitusi Lupin (Lupineus luteus) terhadap Kedelai (Glycine max) dalam Pembuatan Kembang Tahu. AgriTECH, 19(2), Article 2. https://doi.org/10.22146/agritech.22349
Zeleansi, Z., Janah, N., Wahyuni, D., & Prayanti, B. D. A. (2022). Penguatan Usaha Masyarakat Melalui Peningkatan Teknologi dan strategi Pemasaran Usaha Kembang Tahu di Desa Jurung Kabupaten Bangka. Jurnal Abdimastek (Pengabdian Masyarakat Berbasis Teknologi), 3(2), Article 2.
Zuchrillah, D. R., Altway, S., Karisma, A. D., Agustiani, E., & Suprapto, S. (2022). Pendampingan UMKM Binaan Koperasi Wanita Setia Bhakti Wanita Surabaya Menuju Sertifikasi Halal. JPP IPTEK (Jurnal Pengabdian dan Penerapan IPTEK), 6(2), Article 2. https://doi.org/10.31284/j.jpp-iptek.2022.v6i2.2346