PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI DESA WISATA MONDU KECAMATAN KANATANG KABUPATEN SUMBA TIMUR
DOI:
https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v10i2.926Kata Kunci:
Real Work Lectures, Tutoring, Social Media, and Tourism Object VideosAbstrak
Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan perguruan tinggi. Kegiatan KKN dilakukan di Desa Mondu, Kecamatan Kanatang, Kabupaten Sumba Timur. Desa ini selain memiliki potensi, juga terdapat beberapa permasalahan, yakni sejumlah siswa sekolah dasar dan menengah mengalami kesulitan dalam memahami materi pelajaran di sekolah sebagai akibat sekolah dari rumah yang terjadi pada saat pandemi Covid-19, beberapa UMKM khususnya usaha tenun ikat yang pemasaran produknya hanya melalui penjualan di pasar tradisional dan menunggu pembeli datang membeli produknya sehingga omzet penjualan kecil dan terdampak juga dari pandemi Covid-19, dan beberapa objek wisata yang ada di Desa mondu belum semuanya diketahui oleh masyarakat luas. Oleh karena itu, program KKN yang dilakukan adalah bimbingan belajar bagi siswa, pengenalan media sosial bagi pengrajin tenun ikat, dan membuat video objek wisata di Desa Mondu. Tujuan dari kegiatan KKN ini adalah untuk menjawab ketiga permasalahan yang telah disebutkan. Metode kegiatan yang digunakan adalah metode ceramah, tanya jawab, dan latihan (bimbingan belajar), metode sosialisasi dan praktik (pengenalan media sosial), serta perancangan konsep dan perekaman gambar (pembuatan video objek wisata). Hasil yang dicapai adalah beberapa siswa mampu menguasai materi pembelajaran yang diberikan, terdapat empat akun media sosial yang dibuat untuk kelompok pengrajin tenun ikat, dan video objek wisata yang telah dibuat dan disebarkan. Dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang telah dirancang dapat berjalan sesuai dengan yang telah direncanakan dan kegiatan ini juga mampu menjawab beberapa permasalahan terkait pendidikan, pemasaran produk, dan pariwisata.
Unduhan
Referensi
Anwar, N. (2021). Efektivitas Penerapan Bimbingan Belajar Dalam Meningkatkan Pemahaman Belajar Anak Pada Masa Pandemi di Desa Babelan Kota. Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1(87), 97–110. https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/Proceedings
Cerelia, J. J., Sitepu, A. A., Pratiwi, I. R., Almadevi, M., Farras, M. N., Azzahra, T. S., & Toharudin, T. (2021). Learning Loss Akibat Pembelajaran Jarak Jauh Selama Pandemi Covid-19 di Indonesia. Seminar Nasional Statistika X, 1–14. http://semnas.statistics.unpad.ac.id/wp-content/uploads/erf_uploads/2021/11/Learning-Loss-Akibat-Pembelajaran-Jarak-Jauh-Selama-Pandemi-Covid-19-di-Indonesia.pdf
Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD: Jurnal Manajemen Dewantara, 1(2), 61–76. https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175
Gumilang, R. R. (2017). Implementasi Digital Marketing Terhadap Peningkatan Penjualan Hasil Home Industri. Coopetition: Jurnal Ilmiah Manajemen, 10(1), 9–14. https://doi.org/10.32670/coopetition.v10i1.25
Kannan, P. K., & Li, A. (2017). Digital Marketing: A Framework, Review and Research Agenda. International Journal of Research in Marketing, 34(1), 22–45.
Larasati, L., & Fadilah, A. N. (2023). Kaitan Antara Pendidikan Non-Formal (Bimbingan Belajar) Dengan Hasil Belajar Anak Desa Jambuluwuk. Educivilia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 1–12. https://doi.org/10.30997/ejpm.v4i1.6515
Muhajir, A., & Bilgies, A. F. (2022). Pengaruh Digital Marketing dan Strategi Promosi Terhadap Peningkatan Penjualan Pada CV. Sinar Terang Gresik. ADILLA: Jurnal Ekonomi Syari’ah, 5(2), 36–50. https://doi.org/10.52166/adilla.v5i2.3197
Nggalamau, I. Y., Nggalu, J. A., Rais, A., Watu, E. M., Wungo, W. A. L., Sir, O. W., Ndjalapati, M., Ngaru, B. U., Lawa, M., Ewut, E. P., Nanyetu, Z. U., & Yowi, L. R. K. (2022). Pembimbingan Belajar Informal Bagi Siswa PAUD, TK, SD, dan SMP Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kelurahan Hambala. Dedication: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 103–110.
Primasari, B. (2022). 5 Jenis Digital Marketing yang Makin Diminati untuk Strategi Pemasaran. https://bisnis.tempo.co/read/1561177/5-jenis-digital-marketing-yang-makin-diminati-untuk-strategi-pemasaran
Sulaksono, J., & Zakaria, N. (2020). Peranan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Desa Tales Kabupaten Kediri. Generation Journal, 4(1), 41–48. https://doi.org/10.29407/gj.v4i1.13906
Wardhana, A. (2015). Strategi Digital Marketing dan Implikasinya Pada Keunggulan Bersaing UKM di Indonesia. Seminar Nasional Keuangan Dan Bisnis IV, 327–337.
Wardhani, A. K., & Romas, A. N. (2021). Analisis Strategi Digital Marketing di Masa Pandemi Covid-19. EXERO: Journal of Research in Business and Economics, 4(1), 29–54. https://doi.org/10.24071/exero.v4i1.5025
Wibowo, T., & Kurniadi, A. D. (2021). Perancangan dan Pembuatan Video Promosi Wisata Kota Bengkulu Menggunakan Metode ADDIE. Conference on Business, Social Sciences and Technology, 1(1), 365–374.
Wicaksana, R. B. S., & Purwanto, A. (2013). Pembuatan Video Profil Tempat Wisata Unggulan di Klaten Sebagai Media Promosi. Jurnal Ilmiah DASI, 14(4), 37–39.
Wiratna, H., & Lakoro, R. (2017). Perancangan Video Promosi Wisata Pantai Kabupaten Jember Dengan Konsep Sinematik Infografis. Jurnal Sains Dan Seni ITS, 6(2), 94–99. https://doi.org/10.12962/j23373520.v6i2.27892