PENDAMPINGAN PENGEMBANGAN WEBSITE IBU DAN ANAK SEHAT DI DESA RAJAIYANG KECAMATAN LOSARANG KABUPATEN INDRAMAYU
DOI:
https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v10i4.815Kata Kunci:
Anak, Ibu, Kesehatan, WebsiteAbstrak
ABSTRAK
Kebijakan pembangunan kesehatan diarahkan pada upaya meningkatkan akses dan mutu pelayanan kesehatan menuju cakupan kesehatan semesta dengan penekanan pada penguatan pelayanan kesehatan dasar melalui peningkatan upaya promotif dan preventif didukung oleh inovasi dan pemanfaatan teknologi. Sehingga bonus demografi mendatang kita memperoleh sumber daya manusia (SDM) yang unggul dan berdaya saing. Upaya mendukung SDM unggul dan berdaya saing dapat dimulai pada bidang kesahatan dengan memanfaatkan teknologi website sehingga terciptanya smart village menjadi sebuah keniscayaan khususnya di Desa Rajaiyang, Kabupaten Indramayu. Tujuan dari program ini adalah meningkatnya kebugaran Ibu dan Anak di Desa Rajaiyang dengan mengembangkan website menuju smart village. Metode pengabdian kepada masyarakat ini menggunakan metode ABCD (Aset-Based Community -driven Development).Hasil pengabdian kepada masyarakat ini mberhasil memberikan pemahaman baru kepada masyarakat di Desa Rajaiyang tentang pentingnya penggunaan website sebagai upaya meningkatkan kebugaran. Selama kegiatan pendampingan peserta antusias dan memberikan respon positif. Kesimpulan dari kegiatan pengabdian ini adalah penyampaian materi dan pendampingan pengembangan website telah memberikan kontribusi pada meningkatkan pemahaman dan keterampilan masyarakat Desa Rajaiyang dalam meningkatkan kebugaran.
Unduhan
Referensi
Agustiyawan et al. (2022) “Pembinaan Pengembangan Website Layanan Fisioterapi Homecare Dan Bisnis Alat Kesehatan,†Logista Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, 6(1), hal. 45–50. Tersedia pada: https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf.
Badan Pusat Statistik (2023) STATISTIK INDONESIA 2023: Statistical Yearbook of Indonesia, Badan Pusat Statistik. Diedit oleh Direktorat Diseminasi Statistik. Jakarta: Badan Pusat Statistik. Tersedia pada: https://www.bps.go.id/publication/2020/04/29/e9011b3155d45d70823c141f/statistik-indonesia-2020.html.
Bappenas (2020) “Pilar Pembangunan Sosial,†in V. Yulaswati et al. (ed.) Kementerian PPN/Bappenas. II. Jakarta: Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, hal. 1–133.
Cholik, C.A. (2017) “PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI UNTUK MENINGKATKAN PENDIDIKAN DI INDONESIA,†Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, 2(6), hal. 21–30. Tersedia pada: https://www.jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/130/208 (Diakses: 26 Juli 2023).
Fatimah, S. dan Indrawati, F. (2019) “Faktor Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan di Puskesmas,†HIGEIA (Journal of Public Health Research and Development), 3(1), hal. 121–131. Tersedia pada: https://doi.org/10.15294/HIGEIA.V3I1.24747.
Fitriani, L. et al. (2021) “Keputusan Pemilihan Pelayanan Pengobatan Ditinjau dari Karakteristik Individu dan Aksesibilitas,†Jurnal Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Masyarakat Indonesia, 2(1), hal. 67–75. Tersedia pada: https://doi.org/10.15294/JPPKMI.V2I1.47366.
Harinie, L.T., Hukom, A. dan Juma’eh, J. (2020) “Pendampingan dalam Memasarkan Produk Hasil Usaha UKM melalui Penggunaan Media Sosial di Kabupaten Gunung Mas Kalimantan Tengah,†Engagement: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), hal. 51–59. Tersedia pada: https://doi.org/10.29062/engagement.v4i1.179.
Harjito, B., Mufidah, F. dan Afifah, L.N. (2021) “Peran Digital Marketing dalam Mendongkrak Omset bagi UMKM,†Jurnal SEMAR, 10(2), hal. 104–107. Tersedia pada: https://jurnal.uns.ac.id/jurnal-semar/article/view/49127/31870.
Imran, A., Bagu, andi alim dan Baharuddin, Y. (2017) “MUTU PELAYANAN KESEHATAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI PUSAT KESEHATAN ANGKATAN DARAT (PUSKESAD) POLKES KABUPATEN TAKALAR,†Jurnal Kesehatan Manarang, 3(2), hal. 102–206.
Iyamu, T. (2021) “Health information systems: Developing solutions to support patients’ mobility,†International Journal of Healthcare Management, 14(1), hal. 23–34. Tersedia pada: https://doi.org/10.1080/20479700.2019.1604935.
Kwasnicka, D. et al. (2016) “Theoretical explanations for maintenance of behaviour change: a systematic review of behaviour theories,†Health psychology review, 10(3), hal. 277–296. Tersedia pada: https://doi.org/10.1080/17437199.2016.1151372.
Peraturan Presiden Republik Indonesia (2020) “Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2020 Tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2020-2024,†Sekretariat Presiden Republik Indonesia, hal. 1–7.
Pratama, A. dan Malikhah, I. (2021) “IDENTIFIKASI STRATEGI KEBERHASILAN LAYANAN E-GOVERMENT DI KOTA MEDAN,†Jurnal Akuntansi Bisnis & Publik, 11(2), hal. 38–45. Tersedia pada: https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/akuntansibisnisdanpublik/article/view/3928.
Rahmawati, E.T., Subagyo dan Budiadi, D. (2019) “Implementasi Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi Umkm Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0,†Cahaya Aktiva, 9(2), hal. 159–174. Tersedia pada: https://ojs.cahayasurya.ac.id/index.php/CA/article/view/58 (Diakses: 18 Juli 2023).
Salazar, L.F., Crosby, R.A. dan DiClemente, R.J. (2015) Research methods in health promotion, Research methods in health promotion. Tersedia pada: https://repository.dinus.ac.id/docs/ajar/Laura_F._Salazar,_Richard_A_._Crosby,_Ralph_J_._DiClemente-Research_Methods_in_Health_Promotion-Jossey-Bass_(2015)_.pdf.
Sántha, Ã. (2018) “Deborah Lupton: Digital Health. Critical and Cross-Disciplinary Perspectives,†Acta Universitatis Sapientiae, Social Analysis, 8(1), hal. 109–112. Tersedia pada: https://doi.org/10.2478/AUSSOC-2018-0007.
Suryatmaja, I.B. et al. (2016) “Pemberdayaan Melalui Pendekatan Program Dari Masyarakat (Buttom Up Program),†Jurnal Bakti Saraswati (JBS), 05(02), hal. 93–99. Tersedia pada: http://jurnal.unmas.ac.id/index.php/Bakti/article/view/603.
T, D.H., H, P.S. dan Indrawati, L. (2015) “INDEKS KESEHATAN MATERNAL SEBAGAI INDIKATOR JUMLAH KELAHIRAN HIDUP Maternal Health Index as an Indicator of Live Births,†Jurnal Ekologi Kesehatan, 14(3), hal. 259–272. Tersedia pada: https://media.neliti.com/media/publications/82060-ID-indeks-kesehatan-maternal-sebagai-indika.pdf (Diakses: 18 Juli 2023).
Triwardani, Y. (2017) “Faktor-faktor yang berhubungan dengan kepuasan pasien BJPS pada pelayanan di Puskesmas Pamulang,†Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, hal. 139.