EDUKASI PENGATURAN PENYIMPANAN DAN PENGEMASAN PRODUK DAGING POTONG UMKM YBS SUPPLIER & LOGISTIC
DOI:
https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v9i3.728Kata Kunci:
daging potong, pengemasan produk, penyimpanan produk, UMKMAbstrak
Daging merupakan salah satu sembako dan merupakan bahan pangan bernilai gizi tinggi, namun rentan mengalami kerusakan karena mikroba. Oleh karena itu, pengemasan produk daging potong juga perlu memenuhi standar informasi yang sebaiknya diketahui konsumen. UMKM YBS Supplier & Logistic adalah UMKM yang berlokasi di Kabupaten Gianyar, Provinsi Bali dan menjual produk daging potong. Sesuai hasil observasi awal, pengelola UMKM tersebut belum memiliki edukasi mengenai pengaturan penyimpanan maupun pengemasan produk. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan edukasi mengenai pengelolaan dan teknik penyimpanan serta pengemasan (termasuk logo dan label kemasan) produk daging potong pada UMKM YBS Supplier & Logistic. Pada tahap awal pengabdian, dilakukan penyuluhan dan pelatihan mengenai teknik penyimpanan produk. Selanjutnya dilakukan penyusun logo dan label kemasan produk yang didesain melalui proses diskusi dengan pengelola UMKM. Tahap akhir adalah pelatihan terkait penyimpanan dan pengemasan produk daging potong. UMKM YBS Supplier & Logistics telah memperoleh edukasi mengenai teknik penyimpanan produk daging potong sesuai tujuannya, yaitu melalui teknik refrigerasi atau teknik pembekuan. Dijelaskan pula mengenai tips untuk pemrosesan daging sebelum dilakukan penyimpanan. Kepada UMKM YBS Supplier & Logistics juga telah mendapat bantuan alat berupa freezer dan vacuum sealer. Terkait pengemasan produk, telah disusun logo yang merupakan perpaduan antara logogram dan logotype. Selanjutnya melalui diskusi juga didesain label kemasan produk yang informatif. Adapun keterangan yang disajikan berupa logo, jenis produk, berat, tanggal produksi, serta kontak (termasuk sosial media dan website). Melalui kegiatan pengabdian telah diberikan edukasi, pelatihan dan pemberian bantuan alat penyimpanan, serta telah dilakukan penyusunan logo dan label kemasan.
Unduhan
Referensi
Badan, Pengawas, Obat, dan Makanan, R. (2020). Pedoman Label Pangan Olahan.
Badan, Pengawas, Obat, dan Makanan, R. (2021). Pedoman Cara pengolahan dan Penanganan Pangan Olahan Beku Yang Baik. Jakarta (ID): Badan Pengawas Obat dan Makanan RI.
Bahtiar, R. A. (2021). Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah serta Solusinya. INFO Singkat (Kajian Singkat Terhadap Isu Aktual Dan Strategis), XIII(10), 19–24.
Halim, A. (2020). Pengaruh Pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Mamuju. GROWTH: Jurnal Ilmiah Ekonomi Pembangunan, 1(2), 157–172.
Nurfawaidi, A., Kuswandi, B., & Wulandari, L. (2018). Pengembangan label Pintar untuk Indikator Kesegaran Daging Sapi pada Kemasan. E-Jurnal Pustaka Kesehatan, 6(2), 199–204.
Oscario, A. (2013). Pentingnya peran Logo Dalam Membangun Brand. HUMANIORA, 4(1), 191–202.
Pratomo, S. (2015). Pengaruh Strategi Penyuluhan dan Tingkat Pendidikan Terhadap Kepedulian Kesehatan Lingkungan. Metode Didaktik, 9(2), 34–48.
Saputro, E. (2013). Dasar-Dasar Pengolahan Daging. Kementerian Pertanian, Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian, Balai Besar Pelatihan Peternakan Batu.
Sarfiah, S.N., Atmaja, H.E., Verawati, D.M. (2019). UMKM Sebagai Pilar Membangun Ekonomi Bangsa. Jurnal REP (Riset Ekonomi Pembangunan), 4(1), 137-146. http://dx.doi.org/10.31002/rep.v4i2.1952
Sudarnaya, K., Nurjiasih, L. Y., Mahandika, M. B., & Guritna, K. D. (2022). Analisis UMKM Toko Sembako Jans77. Ruang Cendekia, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 39–43.
Sumarni. (2017). Peranan UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) Terhadap Perekonomian Indonesia. Jurnal Manajemen, 5(1), 138–145.
Suyadi, Syahdanur, & Suryani, S. (2018). Analisis Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Bengkalis-Riau. Jurnal Ekonomi KIAT, 29(1), 1–10.
Van den Ban, A.W., Hawkins, H.S. (1996). Agricultural Extension. Second Edition. Oxford: Blackwell Science.
Vermila, C. W. M. (2015). Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Sembilan Kebutuhan Bahan Pokok (Sembako) pada Pasar Tradisional dan Pasar Moderen di Kota Pekanbaru. Jurnal Agribisnis, 17(1), 27–36.
Wijaya, P. Y., & Suasih, N. N. R. (2020). The effect of knowledge management on competitive advantage and business performance: A study of silver craft SMEs. Entrepreneurial Business and Economics Review, 8(4), 105–121. https://doi.org/10.15678/EBER.2020.080406
Wijaya, P. Y., Suasih, N. N. R., & Jaya, I. K. N. A. (2022). Modernisasi Perniagaan Produk Barang Kebutuhan Pokok. Prosiding SNPPM-4 (Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat) Tahun 2022. 4, 2022, 174-181.
Yenata, S. T., & Herawati, F. A. (2014). Pengaruh Tingkat Ketertarikan pada Desain Logo dan Nama Merek Terhadap Brand Image. Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 1–12. http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/5779
Yuningtyaswari. (2016). Sosialisasi Kepada Ibu-Ibu PKK RT 01 Dusun XII Sidorejo Desa Ngestiharjo Kecamatan Kasihan Kabupaten Bantul. [Pengabdian Kepada Masyarakat]. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.