UPAYA PENINGKATKAN NILAI JUAL PRODUK RENGGINANG DESA RANCA KALAPA, KABUPATEN TANGERANG MELALUI INOVASI PRODUK BORING’S
DOI:
https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v9i3.708Kata Kunci:
rengginang, inovasi, desa, RengginangAbstrak
Kegiatan ini bertujuan untuk mendampingi pelaku usaha UMK Desa Ranca Kalapa dalam meningkatkan nilai jual produk Rengginang yang menjadi makanan tradisional sehingga dapat mengupgrade produk tersebut. Peran pelaku usaha UMK sangat penting dalam meningkatkan ekonomi daerah maupun perekonomian negara sehingga berkewajiban untuk melakukan banyak inovasi dan kreasi terhadap produknya agar mampu bersaing dengan baik di kancah nasional maupun internasional. Adapun metode yang digunakan pada kegiatan ini yaitu PAR (Participatory Action Research), yaitu metode yang merupakan bagian dari penelitian (Riset) yang melibatkan berbagai Stakeholder (pihak yang relevan) dalam hal pengkajian aksi yang akan dilaksanakan sehingga terbentuk perubahan yang lebih baik. Melalui metode ini kami melakukan inovasi produk Rengginang, berupa Re-Branding, Re-Packging dan Re-Promoting, dengan begitu produk yang sudah ada dapat memenuhi segmen pasar saat ini. Hasil kegiatan ini adalah menghasilkan sebuah produk baru dari inovasi rengginang yaitu Boring’s (Bola Rengginang) disajikan denagn balutan coklat yang dapat menjadi cemilan kekinian khas Desa Ranca Kalapa.
Unduhan
Referensi
Dewi, K. N. K., & Mahyuni, L. P. (2022). Pelatihan Digital Marketing Kepada UMKM di Banjar Pitik untuk Daya Saing Usaha. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(3), 716–724. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i3.6302
Miftahuddin, M., Syahrial, H., & Sunaryo, S. (2020). Pembinaan Usaha Rumah Tangga Di Desa Sei Rotan Kecamatan Percut Sei Tuan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 26(4), 215–220. https://doi.org/10.24114/jpkm.v26i4.20592
Perkembangan Kredit UMKM. (t.t.). Diambil 14 Agustus 2022, dari https://www.bi.go.id/id/umkm/kredit/default.aspx
Perumahan di Tangerang—CitraRaya (Official Website). (t.t.). Diambil 14 Agustus 2022, dari https://citraraya.com/
Primadewi, A., Anwar, T. M., Yustin, Y., Sani, A. H., & Fauzi, M. (2020). Penguatan Pemasaran Produk Umkm Ashfa Madu Borobudur Melalui Strategi Product Branding. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 26(3), 154–161. https://doi.org/10.24114/jpkm.v26i3.17683
Putri, M. F., & Agustina, T. (2014). Peningkatan Kualitas Produksi Rengginang Ketan Menggunakan Teknologi Pengering Buatan. 12(1), 6.
Ridwan, H., Hasyim, A. M. T., & Sulistiawati. (2020). Pengembangan Usaha Rumahan Kerupuk Rengginang Sebagai Peluang Dalam Peningkatan Pendapatan Kaum Wanita Di Kelurahan Biringere Kecamatan Sinjai Utara Kab. Sinjai. Jurnal Adz-Dzahab: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 5(1), 22–35. https://doi.org/10.47435/adz-dzahab.v5i1.300
Soedjiwo, N. A. F. (2019). Implementasi Mata Kuliah PAR (PARTICIPATORY ACTION RESEARCH) di TPQ AL-MAGFIROH Denpasar Bali. Widya Balina, 4(2), 9–19. https://doi.org/10.53958/wb.v4i2.36
Sumarno, S., Gimin, G., Mujiono, M., & Pernantah, P. S. (2021). Pembinaan Diversifikasi Produk Untuk Pengembangan Usaha Mikro. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 27(4), 366–373. https://doi.org/10.24114/jpkm.v27i4.27003
Upaya Pemerintah Memajukan UMKM Indonesia | BKPM. (t.t.). Diambil 14 Agustus 2022, dari https://www.bkpm.go.id/id/publikasi/detail/berita/upaya-pemerintah-untuk-memajukan-umkm-indonesia
Yani, R. (2014). Analisis Pendapatan Pada Usaha Rengginang (Studi Kasus DI UKM Rengginang Sejahtera Di Desa Bonto Cinde Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa). 65.
Yuniarti, E., Dasir, I., Si, M., & Herudiansyah, G. (2020). Rengginang, Produksi Dan Pemasaran. NoerFikri Palembang, 1, 15.