PENDAMPINGAN IMPLEMENTASI DIGITAL MARKETING PADA UMKM GAPOKTAN MANDIRI JAYA DI DESA CIKARAWANG

Penulis

  • Ayumi Fitriani Gunawan Program Studi Komunikasi, Sekolah Vokasi IPB University
  • Aisyah Ramdani Santoso Program Studi Komunikasi, Sekolah Vokasi IPB University
  • Atisah Raihan Fadillah Program Studi Komunikasi, Sekolah Vokasi IPB University
  • Aulia Raihan Fadillah Program Studi Komunikasi, Sekolah Vokasi IPB University
  • Thalla Syaikha Zakira Program Studi Komunikasi, Sekolah Vokasi IPB University

DOI:

https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v10i3.691

Kata Kunci:

Digital marketing, Gapoktan Mandiri Jaya, Implementation, MSMEs assistance

Abstrak

Adanya penyebaran Covid-19 berdampak luas terutama dalam ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) IPB University melalui program IPB Goes to Field (IGTF) bekerja sama dengan Sekolah Vokasi IPB membantu membangkitkan kembali pelaku usaha UMKM yang terkena dampak dari pandemi. Salah satunya adalah UMKM Gapoktan Mandiri Jaya. Penurunan penjualan yang signifikan dirasakan setelah adanya pandemi, terlebih UMKM ini mengandalkan penjualan konvensional dengan tatap muka dan direct marketing. Tujuan dari program IGTF ini adalah untuk memberikan pendampingan bagaimana digital marketing dapat diimplementasikan pada usaha untuk memperluas cakupan pemasaran dan diharapkan dapat meningkatkan volume penjualan. Pelaku usaha juga diharapkan dapat secara secara mandiri dan kontinyu melakukan pemasaran secara digital bahkan setelah program ini berakhir. Metode kegiatan: Metode yang digunakan pada kegiatan ini adalah participatory learning activity (PLA). Pelaku usaha akan diberikan pendampingan secara intensif selama pembekalan materi dan diakhiri dengan simulasi pengoperasian. Pendampingan implementasi digital marketing dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu sosialisasi, perencanaan digital marketing, pengambilan foto produk, pendampingan digital marketing, dan simulasi. Pembekalan keberlanjutan digital marketing diberikan dalam dua tahapan yaitu pembuatan buku saku dan pemberian stok foto dan video.

Kedua program ini dijalankan secara terintegrasi sehingga pelaku usaha UMKM Gapoktan Mandiri Jaya tidak hanya teredukasi dan mampu menjalankan pemasaran digital secara mandiri, akan tetapi dapat mengimplementasikannya dalam jangka panjang.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Alfajri, M. F., Adhiazni, V., & Aini, Q. (2019). Pemanfaatan Social Media Analytics pada Instagram dalam Peningkatan Efektivitas Pemasaran. Jurnal Ilmu Komunikasi, 8(2), 1–11. https://doi.org/https://doi.org/10.14710/interaksi.8.1.34-42

Arianto, B. (2020). Pengembangan UMKM Digital di Masa Pandemi Covid-19. ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis, 6 (2), 233-247. https://doi.org/10.38204/atrabis.v6i2.512

Armayani, R. R., Chintiya Tambunan, L., Siregar, R. M., Lubis, N. R., & Azahra, A. (2021). Analisis Peran Media Sosial Instagram dalam Meningkatkan Penjualan Online. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 8920-8928. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2400

Chaffey, D., Ellis-Chadwick, F. (2019). Digital Marketing: Strategy, Implementation and Practice (7th Ed). London (UK): Pearson Education Limited.

Darmawan, D., Alamsyah, P., & Rosmilawati, I. (2020). Participatory Learning and Action untuk Menumbuhkan Quality of Life pada Kelompok Keluarga Harapan Di Kota Serang. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 4(2), 160–169. https://doi.org/10.15294/pls.v4i2.41400

Enterprise, J. (2012). 101 Tips Jualan Ala Perang Gerilya di Internet. Jakarta (ID) : PT Elex Media Komputindo.

Hamzah, R. E., Citra, D., & Putri, E. (2021). Pemanfaatan Digital Marketing oleh Pelaku UMKM di Kuningan Barat, Jakarta Selatan. Jurnal Pustaka Dianmas, 1(1), 12-20. https://journal.moestopo.ac.id/index.php/dianmas

Hanum, L., Sari, R. I. K., Hendriani, R., Fitrianti, S. (2021). Pelatihan Aplikasi Sarana Pemasaran Online Imooji Untuk Mitra Produk Gusereen di Masa Pandemi Covid-19. Agrokreatif, 7(3), 201-208. https://doi.org/10.29244/agrokreatif.7.3.201-208

Hartono, U., Kistyanto, A., Fatoni, F., Isbanah, Y., & Arifah, I. D. C. (2022). Peningkatan Pangsa Pasar UMKM Batik Melalui Optimalisasi Pemasaran Digital Berbasis Web. Jurnal Abdi Insani, 9(2), 381–389. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v9i2.540

Ikhwan, A. (2017). Metode Simulasi Pembelajaran dalam Perspektif Islam. ISTAWA: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 1-33. DOI: 10.24269/ijpi.v2i2.623

Irfani, H., Yeni, F., & Wahyuni, R. (2020). Pemanfaatan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UKM dalam Mendhadapi Era Industri 4.0. JCES (Journal of Character Education Society, 3(3), 651-659. https://doi.org/10.31764/jces.v3i1.2799

Jesslyn, & Winduwati, S. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Instagram Pada Online Shop @ivoree.id dalam Memasarkan Produk. Prologia, 5(1), 135-141. http://dx.doi.org/10.24912/pr.v5i1.8178

Kotler, P., Kartajaya, H., & Setiawan, I. (2019). Marketing 4.0, Bergerak dari Tradisional ke Digital. Diterjemahkan oleh Ilyas, F. Jakarta (ID) : PT Gramedia Pustaka Utama.

Nasrullah, R. (2017). Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung (ID) : Simbiosa Rekatama Media.

Pranoto, R. (2020). Digital Marketing untuk Bumdes. Yogyakarta (ID) : CV Hikam Media Utama.

Priambada, S. (2015). Manfaat Penggunaan Media Sosial pada Usaha Kecil Menengah (UKM). Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia, 2-3 November.

Purwana, D. E. S., Rahmi, & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1–17. https://doi.org/10.21009/jpmm.001.1.01

Purwidiantoro, M. H., Fajar, D. K. S. W., & Hadi, W. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Pengembangan Usaha Kecil Menegah (UKM). Jurnal EKA CIDA, 1(1), 30-39.

Putra, Y. K., Sadali, M., Fathurrahman, & Mahpuz. (2020). Pelatihan uji kompetensi keahlian siswa sekolah kejuruan menggunakan metode Participatory Learning and Action (PLA). ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(2), 46–52. https://doi.org/10.29408/ab.v1i2.2772

Rerung, R. R. (2018). E-Commerce, Menciptakan Daya Saing Melalui Teknologi Informasi. Yogyakarta (ID) : CV Budi Utama.

Suhayati, E., & Supriatna, N. N. (2022). Strategi Penjualan di Marketplace Shopee Untuk Meningkatkan Penjualan Sepatu Kulit Pada 10 UMKM di Cibaduyut, Bandung. Jurnal Wahana Abdimas Sejahtera, 3(1), 34–50. https://doi.org/10.25105/juara.v3i1.10014

Switrayni, N. W., Wardhana, I. G. A. W., Irwansyah, I., Aini, Q., & Salwa, S. (2022). Workship E-Modul Interaktif dengan Canva untuk Pembelajaran pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Abdi Insani, 9(2), 390–399. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v9i2.435

Untari, D., & Fajariana, D. E. (2018). Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram (Studi Deskriptif Pada Akun @Subur_Batik). Widya Cipta, 2(2), 271–278. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/widyacipta

Unduhan

Diterbitkan

2023-08-16

Cara Mengutip

Gunawan, A. F., Santoso, A. R., Fadillah, A. R., Fadillah, A. R., & Zakira, T. S. (2023). PENDAMPINGAN IMPLEMENTASI DIGITAL MARKETING PADA UMKM GAPOKTAN MANDIRI JAYA DI DESA CIKARAWANG. Jurnal Abdi Insani, 10(3), 1397–1409. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v10i3.691

Terbitan

Bagian

section editor