PENDAMPINGAN UMKM BERBASIS DIGITAL MARKETING UNTUK MENINGKATKAN KEUNGGULAN KOMPETITIF PRODUK DI DESA SUMBERBULU

Penulis

  • Loviga Denny Pratama Program Studi Tadris Matematika, Universitas Islam Zainul Hasan Genggong
  • Anisa Yulia Putri Program Studi Tadris Matematika, Universitas Islam Zainul Hasan Genggong
  • Novi Ayu Yulia Program Studi Tadris Matematika, Universitas Islam Zainul Hasan Genggong
  • Wahyu Lestari Program Studi Tadris Matematika, Universitas Islam Zainul Hasan Genggong

DOI:

https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v9i3.577

Kata Kunci:

Pengabdian Kepada Masyarakat, Digital Marketing, UMKM

Abstrak

Media digital dapat mendukung usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk meningkatkan brand awareness produknya, sehingga dapat memperoleh keunggulan kompetitif dan menjangkau pasar yang lebih luas. Namun, tidak semua pelaku UMKM memiliki kemampuan memanfaatkan media digital untuk mendukung usahanya. Salah satunya pada pelaku UMKM di Desa Sumberbulu Kabupaten Probolinggo. Pengabdian kepada Masyarakat ini dilakukan bersama mahasiswa Universitas Islam Zainul Hasan melalui Program KKN. Tujuan dari program ini yakni meningkatkan pengetahuan dan keterampilan UMKM tentang strategi pemasaran digital kreatif dan pemahaman mereka tentang pasar sehingga mereka dapat membuat toko online untuk bisnis mereka. Metode pengabdian kepada masyarakat ini menggunakan metode ABCD (Aset-Based Community-driven Development). Hasil dari pengabdian kepada masyarakat ini adalah pelaku UMKM di Desa Sumberbulu mampu membuat toko online. Sehingga mereka bisa mempromosikan produknya melalui marketplace dan media sosial dan akhirnya meningkatkan pendapatannya. Melalui toko online juga memungkinkan Pelaku UMKM di Desa Sumberbulu tersebut dapat memperluas jangkauan pasarnya. Selain itu, luaran dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah desain kemasan produk UMKM dan website. Dapat disimpulkan dalam program ini, selain melaksanakan tri dharma perguruan tinggi, pengabdian masyarakat ini juga membantu program pemerintah dalam mendorong pelaku UMKM agar mampu bersaing di pasar global sehingga dapat mensejahterakan masyarakat sekitar.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Afifah, A. N., Najib, M., Sarma, M., & Leong, Y. C. (2018). The influences towards business success of MSMEs creative sector. Journal of Applied Management (JAM), 16(3), 377–386.

Atmaja, H. E., & Verawati, D. M. (2020). Peluang Bisnis di Era Covid-19. Jurnal Akuntansi Dan Bisnis, 6(2).

Barovih, G., & Nurussama. (2018). Penerapan E-Commerce dan Inovasi Kemasan untuk Produsen Pia Kota Palembang. Prosiding Seminar Nasional Hasil Litbangyasa Industri, 1(1).

Erlyana, Y., & Nadya. (2020). The Effect of Packaging Design on the Improvement of MSME Brand Value Using the Pre-test and Post-tests Methods. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201202.086

Harinie, L. T., Hukom, A., & Juma’eh, J. (2020). Pendampingan dalam Memasarkan Produk Hasil Usaha UKM melalui Penggunaan Media Sosial di Kabupaten Gunung Mas Kalimantan Tengah. Engagement: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1). https://doi.org/10.29062/engagement.v4i1.179

Harjito, B., Mufidah, F., & Afifah, L. N. (2021). Peran Digital Marketing dalam Mendongkrak Omset bagi UMKM Emping Mlinjo di Desa Pucangan Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo. SEMAR (Jurnal Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Dan Seni Bagi Masyarakat), 10(2). https://doi.org/10.20961/semar.v10i2.49127

Langan, R., Cowley, S., & Nguyen, C. (2019). The State of Digital Marketing in Academia: An Examination of Marketing Curriculum’s Response to Digital Disruption. Journal of Marketing Education, 41(1). https://doi.org/10.1177/0273475318823849

Maharani, H. C., & Jaeni, J. (2021). Determinan Kebijakan Pemerintah Sebuah Solusi Keberlangsungan Usaha UMKM di Tengah Pandemi Covid-19. AKSES: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 16(1). https://doi.org/10.31942/akses.v16i1.4469

Mulyaningsih, T., Aprianti, R., Ardianti, N. L. P. J., Aswin, W. A., Faisal, M., Hikmah, N., & Keraf, N. H. D. (2019). Pengembangan Umkm Kerupuk Mambal Sebagai Wujud Ekonomi Kreatif di Desa Mambalan Kabupaten Lombok Barat. Abdi Insani, 6(2). https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v6i2.223

Nemat, B., Razzaghi, M., Bolton, K., & Rousta, K. (2019). The role of food packaging design in consumer recycling behavior-a literature review. In Sustainability (Switzerland) (Vol. 11, Issue 16). https://doi.org/10.3390/su11164350

Pratomo, A., Najwaini, E., Irawan, A., & Risa, M. (2019). Optimasi E-Commerce Dengan Penerapan Teknik Seo (Search Engine Optimization) Untuk Meningkatkan Penjualan Pada UKM Nida Sasirangan. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, 1(1). https://doi.org/10.31961/impact.v1i1.615

Rizkavirwan, D., & Erica, L. (2020). Improving the Persuasion Function in Packaging Design Through Redesigning Ready to Use Plastic Pouch Food Packaging for Micro Small Medium Enterprise Businesses. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201202.053

Rokhmah, B. E., & Yahya, I. (2020). Tantangan, Kendala, dan Kesiapan Pemasaran Online UMKM di Desa Nglebak, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar. Jurnal Manajemen Zakat Dan Wakaf, 1(1).

Saura, J. R. (2021). Using Data Sciences in Digital Marketing: Framework, methods, and performance metrics. Journal of Innovation and Knowledge, 6(2). https://doi.org/10.1016/j.jik.2020.08.001

Triyanto, W. A., & Kudus, N. S.-U. M. (2017). Optimasi Meta Tag HTML untuk Meningkatkan Search Engine Optimization (SEO) pada Website E-Commerce UMKM. IJNS - Indonesian Journal on Networking and Security, 6(4).

Unduhan

Diterbitkan

2022-09-18

Cara Mengutip

Pratama, L. D., Putri, A. Y., Yulia, N. A., & Lestari, W. (2022). PENDAMPINGAN UMKM BERBASIS DIGITAL MARKETING UNTUK MENINGKATKAN KEUNGGULAN KOMPETITIF PRODUK DI DESA SUMBERBULU. Jurnal Abdi Insani, 9(3), 770–778. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v9i3.577

Terbitan

Bagian

section editor