PENGUATAN MATERI KEWIRAUSAHAAN DI ERA PELAJAR PANCASILA BAGI SISWA SMA NEGERI 14 SAMARINDA
DOI:
https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v10i4.1178Kata Kunci:
Penguatan Materi KewirausahaanAbstrak
Seorang pelajar merupakan generasi yang nantinya memegang peran penting dalam perekonomian karena pelajar adalah generasi revolusioner sosial yang memiliki semangat, kemampuan, daya saing, daya pikir dan fisik yang kuat serta tanggap sehingga adanya tema kewirausahaan. Tujuan dari kegiatan ini meningkatkan jiwa wairausahawan pada siswa yaitu dengan meningkatkan pengetahuan tentang kewirausahaan. Metode yang dilakukan dalam penguatan ini yaitu dengan menggunakan metode ceramah yang dilakukan dengan memberikan penjelasan tentang penguatan materi kewirausahan, kemudian dilanjutkan dalam bentuk permainan (games) dan proses tanya jawab. Hasil kegiatan dalam kegiatan ini yaitu dengan adanya transfer pengetahuan tentang materi kewirausahaan yang akan di sampaikan dalam kegiatan workshop, maka harapannya akan terjadi peningkatan pemahaman siswa terhadap penguatan kewirausahaan dan mendorong siswa lebih berpikir aktif, kreatif dan inovatif dan memiliki jiwa semangat wirausahawan terutama untuk menyelesaikan tugas dalam kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Dengan adanya kegiatan penguatan materi kewirausahaan ini dapat dijadikan acuan siswa untuk menambah pengetahuan untuk melakukan kegiatan berwirausaha.
Unduhan
Referensi
Andayani, A. A., & Tugirah. (2020). Meningkatkan Pemahaman Konsep Ekonomi Siswa Melalui Media Teka-Teki Silang Di SMA Kartikatama Metro. Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian LPPM UM METRO, 5(2), 201–209.
Astuti, S. D., & Supriyanta. (2023). Pelatihan Kewirausahaan (Proposal Bisnis Dan Pembukuan Sederhana) Bagi Ibu-Ibu Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Di Lingkungan Desa Wirogunan Kecamatan Kartasura. JPM Jurnal Pengabdian Mandiri, 2(1), 339–344. http://bajangjournal.com/index.php/JPM.
Hutabarat, H., Elindra, R., & Harahap, M. S. (2022). Analisis Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Di SMA Negeri Sekota Padangsidimpuan. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal), 5(3), 58–69. http://journal.ipts.ac.id/index.php/
Indrayani, L., Bambang, P. W., Ulfah, A. D., Amin, P., & Ekonomi Universitas Pamulang, F. (2021). Menciptakan Wirausaha Milenial dalam Pelatihan Strategi Perencanaan Bisnis. Dedication: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 95–104. https://doi.org/10.31537/dedication.v5i1.444
Mariana, N. I. (2022). Upaya Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar IPS Menggunakan Metode Teka-Teki Silang Kelas IX MTS N 6 Ponorogo. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(5), 6123–6136.
Matulessy, A., Ismawati, I., & Muhid, A. (2022). Efektivitas permainan tradisional congklak untuk meningkatkan kemampuan matematika siswa: literature review. AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 13(1), 165-178.
Maulana, A., Novalia, N., Rosa, A., & Yunita, D. (2021). Peningkatan Kapasitas Wirausaha Desa Melalui Pelatihan Pembuatan Rencana Bisnis(Village Entrepreneurial Capacity Building Through Business Planning Training). Yumary: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat , 2(3), 133–142. https://doi.org/10.35912/jpm.v2i3.674
Noviani, L., Wahida, A., & Umiatsih, S. T. (2022). Strategi Implementasi Proyek Kewirausahaan Di SMA Negeri 1 Sumberlawang. Jurnal Kewirausahaan Dan Bisnis, 27(1), 60–70. https://doi.org/10.20961/jkb.v27i1.58934
Purwanti, I., Winarto, W. W. A., & Sucianti, N. (2021). Pemberdayaan Wirausahawan Muda Melalui Pelatihan Penyusunan Studi Kelayakan Usaha, Proposal Usaha dan Analisis Laporan Keuangan di Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah. EKONOMI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 132–137.
Rahma, Q., & Effendy, U. (2017). Penerapan Media Teka-Teki Silang Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Kelas IVB SD Negeri 24 Palembang. Jurnal Kajian Pengembangan Pendidikan, 4(2), 80-89.
Ratang, S. A., & Ugun, M. (2020). Pelatihan Pembuatan Proposal Bagi Mahasiswa Dan Pelajar Dalam Mendapatkan Pinjaman Dana Usaha. The Community Engagement Journal, 3(2), 26–32.
Rosmiati, Putra, I., Nasori, A., Sari, N., & Dwijayanti, N. S. (2022). Pelatihan Pembelajaran Berbasis Knowledge Dan Entrepereneurial Learning Untuk Mengatasi Pengangguran Intelektual Di SMA Negeri 1 Sungai Penuh. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(4), 732–742. https://doi.org/10.31949/jb.v3i4.3207
Shalikha, P. A. A. (2022). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan. Jurnal Pendidikan Ekonomi (Jpe), 15(2), 86–93. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.17977/UM014v15i22022p86
Suprapto, A. H., Rusdi, M., & Paryono. (2018). Pelatihan Pembuatan Proposal Rencana Bisnis (Business Plan) Bagi Siswa Madrasah Tsanawiyah Nurul Hikmah Dan SMP Al-Ihsan Guna Meningkatkan Kemampuan Berwirausaha. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Abdimas) IKIP Siliwangi , 1(2), 81–88.
Wulandari, I., Hendrian, J., Sari, I. P., Arumningtyas, F., Siahaan, R. B., & Yasin, H. (2020). Efektivitas Permainan Kartu sebagai Media Pembelajaran Matematika. E-DIMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 11(2), 127–131. http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas
Yunitasari, S., Santoso, A., & Sapto, A. (2019). Pengaruh Metode Permainan Kata Teka-Teki Silang dan Anagram terhadap Penguasaan Kosakata Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(2), 202—205. https://doi.org/doi: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v4i2.11974