PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENDESAIN MULTIMEDIA INTERAKTIF DI SMAN 2 PALOPO
DOI:
https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v10i4.1175Kata Kunci:
Multimedia, interaktif, androidAbstrak
Aktifitas pembelajaran di dalam kelas yang dilakukan di SMAN 2 Palopo belum memaksilkan penggunaan media dalam proses pembelajaran di kelas. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi di SMAN 2 Palopo, media yang digunakan berupa powerpoint yang diunduh dari internet dan guru hanya melakukan beberapa penyesuaian. Hal ini menyebabkan aktivitas pembelajaran belum bisa menarik perhatian siswa. Dilain pihak, siswa banyak menghabiskan waktunya dengan smartphone. Hasil observasi menunjukkan bahwa mayoritas siswa sudah mempunyai smartphone berbasis android. Sehingga pada kegiatan pengabdian ini dilakukan peningkatan kapasitas guru dalam mendesain multimedia interaktif berbasis android. Multimedia ini memungkinkan siswa dapat mengakses materi pembelajaran melalui smartphone dan dapat mengkasesnya kapanpun dan dimanapun. Pelaksanaan kegiatan dimulai dari kegiatan focus group discussion (FGD) yang diikuti workshop perancangan pembelajaran dan multimedia interaktif berbasis android. Workshop ini ditindak lanjuti dengan pendampingan guru dalam merancang multimedia interaktif disertai penerapan multimedia pada proses pembelajaran. Disetiap akhir pembelajaran dilakukan refleksi untuk melihat kekurangan baik pada proses maupun multimedia interkatif. Berdasarkan kegiatan FGD yang dilakukan, guru belum pernah mendesaian multimedia berbasis android dan belum memiliki kompetensi mendesain multimedia berbasis android. Setelah melului serangkaian workshop dan pendampingan perangcangan multimedia, guru sudah dapat guru dapat mendesain multimedia interaktif berbasis android yang digunakan dalam pembelajaran. Pendampingan ini dilakukan selama empat minggu untuk 4 kali pertemuan. Guru mengungkapkan bahwa kemampuan merancang multimedia mengalami peningkatan setiap minggunya dan harapannya ini dapat berlanjut. Berdasarkan angket respon siswa, multimedia yang digunakan mudah diinstall dan digunakan, tampilan yang menarik dan cakupan materinya lengkap disertai lembar kerja siswa. Kegiatan pengabdian ini, kemampuan guru dapat mendesain multimedia interaktif berbasis android mengalami peningkatan yang muaranya pada peningkatan aktivitas belajar siswa dikelas.
Unduhan
Referensi
Akmal, N., Putri, Y. E., & Anugerah, A. I. (2022). Developing adobe animate-based interactive learning media of table manner for university students. International Journal for Educational and Vocational Studies, 4(3). https://doi.org/10.29103/ijevs.v4i3.9336
Al-Mashhadani, M. A., & Al-Rawe, M. F. (2018). The future role of mobile learning and smartphones applications in the Iraqi private universities. Smart Learning Environments, 5(1), 28. https://doi.org/10.1186/s40561-018-0077-7
Areed, M. F., Amasha, M. A., Abougalala, R. A., Alkhalaf, S., & Khairy, D. (2021). Developing gamification e-quizzes based on an android app: The impact of asynchronous form. Education and Information Technologies, 26(4), 4857–4878. https://doi.org/10.1007/s10639-021-10469-4
Arirang, K. D. G., Wijayanto, P. W., & Rosely, E. (2021). Implementation of an Android-Based Application as a Thematic Interactive Learning Media for English Subjects. KnE Social Sciences, 524–540. https://doi.org/10.18502/kss.v5i4.8709
Chappel, R., & Paliwal, K. (2014). An educational platform to demonstrate speech processing techniques on Android based smart phones and tablets. Speech Communication, 57, 13–38. https://doi.org/10.1016/j.specom.2013.08.002
Ghofur, A., & Youhanita, E. (2020). Interactive Media Development to Improve Student Motivation. IJECA (International Journal of Education and Curriculum Application), 3(1), 1–6. https://doi.org/10.31764/ijeca.v3i1.2026
Manyeredzi, T., & Mpofu, V. (2022). Smartphones as digital instructional interface devices: The teacher’s perspective. Research in Learning Technology, 30. https://doi.org/10.25304/rlt.v30.2639
Mayer, R. E. (2014). Incorporating motivation into multimedia learning. Learning and Instruction, 29, 171–173. https://doi.org/10.1016/j.learninstruc.2013.04.003
Miaz, Y., Helsa, Y., Zuardi, Yunisrul, Febrianto, R., & Erwin, R. (2019). The development of interactive multimedia-based instructional media for elementary school in learning social sciences. J. Phys.: Conf. Ser., 1321, 032107. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1321/3/032107
Pratama, Y., Endry Boeriswati, & Fathiaty Murtadho. (2020). THE USE OF ADOBE ANIMATE AS A NEW TECHNOLOGY IN TEACHING ACADEMIC ESSAY WRITING IN DARMA PERSADA UNIVERSITY. Getsempena English Education Journal, 7(1), 1–11. https://doi.org/10.46244/geej.v7i1.1001
Putra, L. D., & Ishartiwi, I. (2015). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGENAL ANGKA DAN HURUF UNTUK ANAK USIA DINI. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 2(2), 169–178. https://doi.org/10.21831/tp.v2i2.7607
Sukariasih, L., Erniwati, E., & Salim, A. (2019). Development of Interactive Multimedia on Science Learning Based Adobe Flash CS6. International Journal for Educational and Vocational Studies, 1(4), Article 4. https://doi.org/10.29103/ijevs.v1i4.1454
Wang, J. C., Hsieh, C.-Y., & Kung, S.-H. (2023). The impact of smartphone use on learning effectiveness: A case study of primary school students. Education and Information Technologies, 28(6), 6287–6320. https://doi.org/10.1007/s10639-022-11430-9
Wulandari, E. (2022). Pemanfaatan Powerpoint Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Dalam Hybrid Learning. JUPEIS : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(2), 26–32. https://doi.org/10.55784/jupeis.Vol1.Iss2.34
Zhou, M., Dzingirai, C., Hove, K., Chitata, T., & Mugandani, R. (2022). Adoption, use and enhancement of virtual learning during COVID-19. Education and Information Technologies, 27. https://doi.org/10.1007/s10639-022-10985-x
Zulfadewina, Z., Sucipto, A., Iba, K., & Zulherman, Z. (2020). Development of Adobe Flash CS6 Multimedia-Based Learning Media on Science Subjects Animal Breeding Materials. Jurnal Basicedu, 4(4), 1308–1314. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.551