PEMBINAAN PAK BAGI REMAJA SMP NEGERI 1 SEMAU SELATAN DI ERA DIGITALISASI

Penulis

  • Tri Oktavia Oematan Program Studi Pendidikan Agama Kristen Institut Agama Kristen Negeri Kupang
  • Maria Indriani Sesfao Program Studi Pendidikan Agama Kristen Institut Agama Kristen Negeri Kupang
  • Januar Daniel Rohi Program Studi Pendidikan Agama Kristen Institut Agama Kristen Negeri Kupang
  • Catur Prio Purnomo Program Studi Pendidikan Agama Kristen Institut Agama Kristen Negeri Kupang
  • Yuniarti Ablelo Program Studi Pendidikan Agama Kristen Institut Agama Kristen Negeri Kupang

DOI:

https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v10i4.1146

Kata Kunci:

Pembinaan, PAK, Remaja

Abstrak

Teknologi merupakan sarana yang disediakan untuk memudahkan berbagai kegiatan yang dilakukan. Ini sangat membawa keuntungan yang besar bagi berbagai lapisan amsyarakat, akan tetapi ternyata kehadiran teknologi juga justru membawa pengaruh yang negative begi Masyarakat, khususnya bagi kaum remaja. Karena remaja yang dalam masa peralihan terkadang belum mampu untuk memanfaatkan teknologi yang ada secara baik, yang mengakibatkan penyimpangan perilaku remaja. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah memberikan edukasi serta dorongan bagi remaja SMP Negeri 1 Semau Selatan agar dapat bijak menggunakan teknologi yang semakin berkembang sehingga tidak merusak karakter remaja. Metode pelaksanaan PKM “Pembinaan PAK bagi remaja Kristen di Era Digitalisasi di SMP N 1 Semau Selatan“ dibagi dalam tahapan sebagai berikut: 1) pelaksaan Pengabdian kepada Masyarakat didahuluo dengan observasi awal yang dilakukan secara daring (online) bersama dengan kepala sekolah SMP Negeri 1 Semau Selatan. Nilai-nilai Pendidikan Agama Kristen (PAK) penting disampaikan kepada remaja agar remaja di SMP Negeri 1 Semau Selatan agar dapat bertindak bijaksana di era digitalisasi, tetap setia dalam iman kepada Tuhan Yesus dan tidak terpengaruh oleh hal-hal negatif yang ditawarkan oleh kemajuan teknologi.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Aslan, A. (2019). Peran Pola Asuh Orangtua di Era Digital. Jurnal Studia Insania, 7(1), 20. https://doi.org/10.18592/jsi.v7i1.2269

Boiliu, F. M. (2021). Peran Pendidikan Agama Kristen Di Era Digital Sebagai Upaya Mengatasi Penggunaan Gadget Yang Berlebihan Pada Anak Dalam Keluarga Di Era Disrupsi 4.0. REAL DIDACHE: Journal of Christian Education, Vol. 1 Nom, 25–38.

Dalensang, R., & Molle, M. (2021). Peran Gereja dalam Pengembangan Pendidikan Kristen bagi Anak Muda pada Era Teknologi Digital. Jurnal Abdiel: KhazanahPemikiranTeologi, Pendidikan Agama Kristen Dan MusikGereja, Vol. 5 Nom, 255–271.

Danuri, M. (2019). Development and transformation of digital technology. Infokam, XV(II), 116–123.

Gabriela, J., & Mau, B. (2021). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Perilaku Anak Remaja Masa Kini. Jurnal Excelsis Deo, Vol. 5 No., 99–110.

Joseph, Priscillia Diane Joy;Boiliu, F. M. (2021). Peran Pendidikan Agama Kristen dalam Penggunaan Teknologi pada Anak. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, Volume 3 N(Pendidikan), 2037–2045. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.1115

Kamagi, K. S. (2022). Peran Pendidikan Agama Kristen Terhadap Remaja dalam Mencegah Perilaku Konsumerisme di Era Digital. Jurnal Shanan, 6(2), 201–220. https://doi.org/10.33541/SHANAN.V6I2.4123

Lumbantoruan, W. (2021). Peran Pendidik Kristen terhadap Dampak New Moralitydari Era Digital. SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, Vol.2 nomo(Pendidikan Agama Kristen), 49–59.

Meilani, M. (2022). Pendidikan Agama Kristen dalam Keluarga di Era Digital Membangun Remaja Bijak Menggunakan Media Sosial. Veritas Lux Mea (Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen), 4 nom(Pendidikan Agama Kristen), 2685–9718.

MS, E., & Pasaribu, A. G. (2023). Hubungan Pelaksanaan PAK Dalam Keluarga Terhadap Tingkal Laku Anak Di Era Digital. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, Vol. 2, No, 10602–10614.

Munti, N. Y. S., & Syaifuddin, D. A. (2020). Analisa Dampak Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Bidang Pendidikan. Pendidikan Tambusai, Vol. 4 Nom, 1799–1805.

Novianti, R., & Garzia, M. (2020). Pendidikan Agama Kristen, Mental, Spiritual, Karakter Anak, Era Digital. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 4 Nom(2), 1000–1010.

Putra, A. M. (2020). Kristen dan Teknologi: Etika, Literasi dan Ciptaan. Jurnal Teologi Amreta, Volume 3, 101–123.

Rindengan, W. D. (2019). PENINGKATAN PROFESIONALITAS PENGAJAR AGAMA DI ERA DIGITAL MENYONGSONG REVOLUSI 4.0 (Suatu Tinjauan PAK dalam Perspektif Pedagogik Kritis). Institutio:Jurnal Pendidikan Agama Kristen, Vol. V nom(Pendidikan Agama Kristen), 20–30.

Wulandari, C. F. (n.d.). Peran Pendidik Kristen Mengatasi Kemerosotan Moral di Era Digital. Journal on Education, 2023(Pendidikan), 4790–4801.

Unduhan

Diterbitkan

2023-11-14

Cara Mengutip

Oematan, T. O. ., Sesfao, M. I. ., Rohi, J. D. ., Purnomo, C. P. ., & Ablelo, Y. . (2023). PEMBINAAN PAK BAGI REMAJA SMP NEGERI 1 SEMAU SELATAN DI ERA DIGITALISASI. Jurnal Abdi Insani, 10(4), 2188–2193. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v10i4.1146

Terbitan

Bagian

section editor