PENINGKATAN LITERASI DIGITAL GURU MELALUI PKM WORKSHOP PEMBUATAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS ANDROID DI YAYASAN PONDOK PESANTREN NURUL HUDA OKU TIMUR

Penulis

  • Arini Rosa Sinensis Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Nurul Huda
  • Thoha Firdaus Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Nurul Huda
  • Uli Riski Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi, Universitas Nurul Huda

DOI:

https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v10i4.1138

Kata Kunci:

Literasi Digital, Media Interaktif, Android

Abstrak

Perkembangan teknologi dalam pendidikan membawa guru untuk terus belajar dengan tujuan menciptakan pengalaman belajar yang lebih interaktif dan menarik bagi siswa, ini juga bersesuaian dengan implementasi kurikulum merdeka. Guru di Yayasan Pondok Pesantren Nurul Huda sebanyak 56,3% dari total 253 guru, guru belum mampu memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran dan banyak dari guru yang menyatakan bahwa tidak bisa membuat media pembelajaran interaktif berbasis teknologi seperti membuat media android. Tujuan Workhsop ini adalah memberikan informasi dan wawasan kepada guru-guru dalam pemanfaatan teknologi sebagai media pembelajaran dan memberikan pelatihan dan praktik  dalam pembuatan media interaktif berbasis android dengan menggunakan aplikasi kodular. Metode dalam pelaksanaan workshop ini adalah: 1) Pemberian materi tentang inovasi pembelajaran digital seperti Artifical Intelegent dan Kodular, 2)  Pelatihan Pembuatan Media Interaktif Berbasia Android dengan Aplikasi Kodular, 3) Diskusi dan Problem Solving, 4) Penugasan dan Latihan, 5) Evaluasi Keterlaksanan Program. Hasil dari kegiatan PKM workshop ini diperoleh bahwa guru-guru YPPNH telah:  1) Memahami dan menambah wawasan tentang tentang perkembangan teknologi dalam Inovasi pembelajaran, 2) mengetahui cara membuat media interaktif berbasis android dengan menggunakan aplikasi Kodular dan 3) telah menghasilkan media interaktif berbasis android dengan materi sesuai bidang kompetensi dan mata Pelajaran yang diampu dan, 4) hasil evaluasi keterlaksanaan dilihat dari kepuasan mitra terhadap pelaksanaan PKM Workshop Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android didapatkan hasil analisis kuesioner bahwa mitra menyatakan puas dengan rata rata persentase 85,09% terhadap keterlaksanaan Program atau kegiatan Workshop. Kesimpulannya telah terjadi peningkatan literasi digital guru dan keterampilannya dalam membuat media android yang dapat digunakan untuk pembelajaran di kelas.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Afrida, A., Harizon, H., Bakar, A., & Sanova, A. (2018). Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Multimedia Sebagai Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesionalisme Dan Kreativitas Guru-Guru Sma Muaro Jambi. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 2(1), 15–22.

Agustina, I., Asep Sumarni, R., & Luhur, S. D. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Mobile Learning berbasis Android. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(1), 57–62. https://doi.org/10.21009/1

Fauzi, L. M., Gazali, M., Hayati, N., Satriawan, R., Fitri Rahmawati, B., & Dewi, G. (2022). Workshop Desain Media Pembelajaran Berbasis Android Dalam Menghadapi Implementasi Kurikulum Merdeka. Al-Mu’awanah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 104–112.

Haq, F., & Sujatmiko, B. (2021). Studi Literatur Penggunaan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi. Jurnal IT-EDU, 06(2), 78–84.

Haryani, P., & Triyono, J. (2017). Augmented Reality (Ar) Sebagai Teknologi Interaktif Dalam Pengenalan Benda Cagar Budaya Kepada Masyarakat. Jurnal SIMETRIS, 8(2), 807–812.

Hidayat, M. T., & Zakaria, Y. (2023). Pembuatan Aplikasi Matematika Berbasis Android Menggunakan Kodular Sebagai Alat Bantu Pembelajaran. ICT Learning, 7(1), 1–9.

Kusumawati, H., Wachidah, L. R., & Triana, D. C. (2021). Dampak Literasi Digital Terhadap Peningkatan Keprofesionalan Guru Dalam Kegiatan Belajar Mengajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SENDIKSA-3), 3, 155–164.

Muyasir, M., & Musfikar, R. (2022). Perancangan Aplikasi Media Pembelajaran Dasar Desain Grafis Berbasis Android Menggunakan Web Kodular. JINTECH: Journal of Information Technology, 3(1), 22–28. https://journal.ar-raniry.ac.id/index.php/jintech

Qumillaila, Q., Susanti, B. H., & Zulfiani, Z. (2017). Pengembangan Augmented Reality Versi Android Sebagai Media Pembelajaran Sistem Ekskresi Manusia. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 36(1), 57-69. https://doi.org/10.21831/cp.v36i1.9786

Rahmat, R. F., Mursyida, L., Rizal, F., Krismadinata, K., & Yunus, Y. (2019). Pengembangan media pembelajaran berbasis mobile learning pada mata pelajaran simulasi digital. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 6(2), 116–126. https://doi.org/10.21831/jitp.v6i2.27414

Savitri, D., Karim, A., & Hasbullah. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Di Kelas 4 Sekolah Dasar. 63Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 1(2), 63–75. https://doi.org/10.46306/lb.v1i2

Sinensis, A. R., Firdaus, T., Mustofa, M. I., Puspita, I., & Chandra, A. (2022). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Augmented Reality (Ar) Untuk Meningkatkan Literasi Digital Guru Di Smp Negeri 3 Bp Peliung. Jurnal PKM: Pengabdian Kepada Masyarakat, 05(05), 584–590.

Syamsidar, H., & Hasan, H. (2023). Pendampingan Guru MI Melalui Pembuatan Media Pembelajaran Tematik Berbasis Android. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(3), 491–498. https://doi.org/10.31960/caradde.v5i3.1856

Trinura Novitasari, A., Sari, I. P., & Miftah, Z. (2020). Pelatihan Membuat Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pengabdian Untuk Mu NegeRi, 4(1), 66–73.

Trisnawati, T., Manalu, M., & Amini, M. (2022). Hubungan Kinerja dan Keterampilan TIK Guru terhadap Hasil Belajar dan Literasi Digital Siswa Kelas Tinggi Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(6), 9440–9449. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.4089

Unduhan

Diterbitkan

2023-11-14

Cara Mengutip

Rosa Sinensis, A., Firdaus, T., & Riski, U. . (2023). PENINGKATAN LITERASI DIGITAL GURU MELALUI PKM WORKSHOP PEMBUATAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS ANDROID DI YAYASAN PONDOK PESANTREN NURUL HUDA OKU TIMUR. Jurnal Abdi Insani, 10(4), 2178–2187. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v10i4.1138

Terbitan

Bagian

section editor