PENINGKATAN PENGELOLAAN MANAJEMEN INFORMASI BERBASIS DIGITAL DI PONDOK PESANTREN ZHILALUL QUR’AN RAGUKLAMPITAN BATEALIT JEPARA
DOI:
https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v10i4.1103Kata Kunci:
pelayanan, informasi, digital, pesantrenAbstrak
Pesantren Zhilalul Qur’an mengelola berbagai layanan pendidikan mulai lembaga formal MI, SMP, MA, dan 4 non formal TPQ, Madin, Program Tahfidz, dan Kitab Kuning. Pelayanan informasi di pesantren tersebut selama ini bersifat manual dan tidak merata. Akses komunikasi dan informasi dari pengurus, ustadz/ustadzah kepada wali santri masih bersifat manual, melalui informasi hasil pencatatan yang sering terjadi kendala arsip terselip, tidak lengkap dan tidak sistematis. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini yakni meningkatkan keterampilan mitra dalam manajemen informasi berbasis teknologi digital, sehingga pelayanan di pesantren lebih meningkat dan berkembang. Metode kegiatan pengabdian ini mulai dari tahap sosialisasi, pelatihan, pendampingan, dan evaluasi. Pada tahap pelatihan tim menggunakan metode tutorial, ceramah, dan tanya jawab. Tahap pendampingan melalui metode praktek. Hasil kegiatan pengabdian ini peserta yang terlibat para pengurus sekaligus ustadz ustadzah di Pesantren Zhilalul Qur’an yang berjumlah 30. Para peserta setelah mengikuti pelatihan manajemen informasi digital, 80% peserta mampu membuat penyajian informasi kegiatan dalam bentuk digital yang dilengkapi gambar, caption melalui media aplikasi Canva. Sebelumnya para peserta juga mendapatkan pelatihan tentang pentingnya pengelolaan informasi di Pesantren berbasis digital. Peserta mendapatkan pengetahuan tentang pentingnya digitalisasi, macam-macam informasi, dan teknik pembuatan berita. Selanjutnya pendampingan praktek pembuatan desain informasi dan berita dikemas menggunakan media aplikasi Canva. 85% terjadi peningkatan pelayanan informasi di pesantren berbasis digital, informasi jadwal pulang santri, kegiatan santri, dan progress prestasi santri dishare ke wali santri melalui informasi digital yang disertai gambar dan menarik.
Unduhan
Referensi
Admelia, M., Farhana, N., Agustiana, S. S., Fitri, A. I., & Nurmalia, L. (2022). Efektifitas Penggunaan Aplikasi Canva dalam Pembuatan Modul Pembelajaran Interaktif Hypercontent di Sekolah Dasar Al Ikhwan. Kacanegara Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(2), 177–186.
Aeni, N., & Fakhruddin, F. (2020). Pengelolaan Pendidikan Literasi Media di Pondok Pesantren WALI Salatiga. In Journal of Non Formal Education and Community Empowerment (Vol. 4, Issue 2, pp. 170–181). https://doi.org/10.15294/pls.v4i2.37350
Akbar, A., & Ismail, H. (2018). Metode Pembelajaran Kitab Kuning di Pondok Pesantren Darun Nahdhah Thawalib Bangkinang. Al-Fikra: Jurnal Ilmiyah Keislaman, 17(1), 21–32.
Budiman, H. (2017). Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 31–433.
El Adawiyah, S., & Patrianti, T. (2021). Islamic Branding dalam Ekonomi Syari’ah. Jurnal Al-Tsarwah, 4(1), 26–35.
Hidayah, N. (2020). Wawancara pada tanggal 18 Oktober.
Husna, N., & Arifin, Z. (2016). Curriculum Development of Madrasah Tahfidz- Based Pesantren. Ta’dib: Journal of Islamic Education, 21(2), 125–136.
Mubarok, R. S. N. (2017). Profil Pesantren Zhilalul Qur’an Jepara. PP. Zhilalul Qur’an.
Mubarok, R. S. N. (2020). Wawancara Pada Tanggal 16 Oktober.
Setyaningsih, R., Abdullah, A., Prihantoro, E., & Hustinawaty, H. (2020). Penanaman Etika Komunikasi Digital di Pesantren Melalui Pemanfaatan E-learning. Jurnal Kajian Komunikasi, 8(1), 128. https://doi.org/10.24198/jkk.v8i1.24538
Subri. (2019). Eksistensi Lembaga Pendidikan Pesantren Salaf Ditengah Arus Modernitas (Studi Pada Pondok Pesantren Salaf Nurul Muhibbin Desa Kemuja Bangka ). Tarbawy: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 29–40.
Yusuf, W. F. (2015). Hubungan Dukungan Sosial dan Self Acceptance Dengan Motivasi Menghafa Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Al-Qur’an Nurul Huda Singosari Malang. Jurnal Psikologi, 3(1), 1–11.