ADAPTASI TEKNOLOGI 3D PRINTER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MODERN BAGI GURU BIOLOGI DI KOTA PALOPO

Penulis

  • Fitrah Al Anshori Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Wahyu Hidayat Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Wisnu Kurniadi Universitas Cokroaminoto Palopo

DOI:

https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v10i3.1095

Kata Kunci:

3D Printing, Media Pembelajaran Modern, Pembelajaran Biologi

Abstrak

Media pembelajaran adalah komponen penunjang dalam proses pengajaran terutama biologi. Media pembelajaran membantu guru menjelaskan materi yang rumit dan sulit untuk dihadirkan di dalam kelas. Banyak alternatif media pembelajaran yang tersedia saat ini mulai dari media asli yang bisa berasal dari laut, hutan, kebun dan tempat sekitar sekolah. Saat ini sudah terdapat teknologi modern yaitu 3D printing, teknologi ini diyakini dapat membantu guru untuk membuat media pembelajaran biologi secara mandiri. Tujuan kegiatan ini adalah untuk sharing informasi mengenai media pembelajaran biologi modern yaitu berbasis 3D printing. Metode kegiatan pelatihan ini menggunakan teknik ceramah, dan demonstrasi langsung. Kegiatan ini dimulai dengan observasi, pelatihan membuat media biologi 3D printing, dan pelatihan implementasi media biologi di sekolah. Hasil kegiatan ini yaitu terjadi peningkatan pengetahuan mitra tentang mesin 3D printing dari 12,5 % menjadi 87,5%. Terjadi peningkatan pengetahuan mitra tentang pengurusan HKI dari 18,75% menjadi 87,5%. Terjadi peningkatan pengetahuan mitra tentang model media 3D printing dari 6,25% menjadi 93,75%. Terjadi peningkatan pengetahuan mitra seputar materi ultimaker cura 0% menjadi 81,25%. Terjadi peningkatan pengetahuan mitra tentang teknik pewarnaan media dari 37,5% menjadi 100%. Kesimpulan dari kegiatan ini yaitu berdasarkan hasil penyebaran angket didapatkan data bahwa terjadi peningkatan pengetahuan dan keterampilan mitra seputar 3D printing sebagai media pembelajaran dari 15% menjadi 90%.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Aslan, A., & Çelik, Y. (2022). A Literature Review on 3D Printing Technologies In Education. International Journal of 3D Printing Technologies and Digital Industry, 6(3), 592–613.

Bose, S., Vahabzadeh, S., & Bandyopadhyay, A. (2013). Bone tissue engineering using 3D printing. Materials today, 16(12), 496-504.

Budi, S. S., Hendrawan, A. B., Fathurrohman, A. S., & Lestari, F. A. (2022). Pengabdian kepada Masyarakat: Workshop Pengenalan 3D Printing Kelas XI SMK Muhammadiyah Larangan, Kabupaten Brebes. E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 13(4), 628-631.

Gross, B. C., Erkal, J. L., Lockwood, S. Y., Chen, C., & Spence, D. M. (2014). Evaluation of 3D printing and its potential impact on biotechnology and the chemical sciences.

Keaveney, S., Keogh, C., Gutierrez-Heredia, L., & Reynaud, E. G. (2016, October). Applications for advanced 3D imaging, modelling, and printing techniques for the biological sciences. In 2016 22nd international conference on virtual system & multimedia (VSMM) (pp. 1-8). IEEE.

Lestari, S (2018). Peran teknologi dalam pendidikan di era globalisasi. EDURELIGIA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, ejournal.unuja.ac.id,

Marpaung, J. V. (2020). Penerapan Konsep Pembelajaran Industri 4.0 pada Pendidikan Dasar Desain. Jurnal Desain Idea: Jurnal Desain Produk Industri Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, 19(1), 19-26.

Mulyono, S. (2021). Potensi 3D printing sebagai media edukasi dalam pendidikan keperawatan. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 1(5), 895-908.

Shahrubudin, N., Lee, T. C., & Ramlan, R. J. P. M. (2019). An overview on 3D printing technology: Technological, materials, and applications. Procedia Manufacturing, 35, 1286-1296.

Sudarisman, S. (2015). Memahami hakikat dan karakteristik pembelajaran biologi dalam upaya menjawab tantangan abad 21 serta optimalisasi implementasi kurikulum 2013. Florea: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 2(1).

Surata, IK, Sudiana, IM, & I, Gede, (2020). Meta-analisis media pembelajaran pada pembelajaran biologi. Journal of Education …, ejournal.undiksha.ac.id,

Syaifudin, A., Effendi, M. K., Pramono, A. S., Kaelani, Y., Ariatedja, J. B., & Harnany, D. (2022). Analisis Efektivitas Pelatihan Singkat 3D Modelling, 3D Scanning, dan 3D Printing pada Siswa SMA. Sewagati, 6(5), 598-606.

Tafonao, T (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal komunikasi pendidikan, journal.univetbantara.ac.id,

Tanjung, L. S., Azriadi, E., Fiatno, A., & Sari, R. K. (2023). Pelatihan Pengenalan Penggunaan Mesin 3d Printing Di Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. JES-TM Social and Community Service, 1(2).

Wibowo, N. S., & Mayasari, F. (2018). Pelatihan Desain dan Pembuatan Objek 3 Dimensi Menggunakan Printer 3D Sebagai Pendukung Program Keterampilan di MAN 1 Jember. Prosiding.

Unduhan

Diterbitkan

2023-09-13

Cara Mengutip

Al Anshori, F., Hidayat, W. ., & Kurniadi, W. . (2023). ADAPTASI TEKNOLOGI 3D PRINTER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MODERN BAGI GURU BIOLOGI DI KOTA PALOPO. Jurnal Abdi Insani, 10(3), 1862–1871. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v10i3.1095

Terbitan

Bagian

section editor