PELATIHAN PEMANFAATAN PLATFORM SOCIAL MEDIA MENUJU UMKM DIGITAL

Penulis

  • Muhammad Saputra Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya
  • Cahyani Pratisti Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya
  • Rico Elhando Badri Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya
  • Kurnia Fadila Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya
  • Joko Triloka Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya

DOI:

https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v10i3.1089

Kata Kunci:

UMKM, Digital, Social Media, Pelatihan, Pemanfaatan

Abstrak

Darmajaya Society Centre (DSC) adalah salah satu kantin kampus yang berlokasi di Institut informatika dan Bisnis Darmajaya (IIB Darmajaya). Hasil observasi yang dilakukan oleh tim pengabdian adanya sebuah urgensi implementasi iptek dimana proses bisnis yang dijalankan oleh pelaku UMKM terkait dengan Sistem pencatatan, pemesanan, dan pembayaran masih dilakukan secara manual. Permasalahan lain terjadi penurunan yang cukup drastis pada omset penjualan tenant kantin atau UMKM DSC semenjak pandemi Covid 19. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah memberikan edukasi kepada pelaku UMKM terkait dengan digitalisasi dalam hal pemasaran dan keuangan sehingga pelaku UMKM mampu menggunakan mengembangkan bisnis ke arah digital sebagai upaya pendorong peningkatan penjualan. Metode pelaksanaan kegiatan yang digunakan dalam kegiatan pengabdian UMKM di DSC melalui metode partisipasi aktif. Metode partisipasi aktif merupakan metode pelatihan dan pendampingan dengan Identifikasi permasalahan yang dihadapi oleh mitra. Hasil dari kegiatan pengabdian yang dilakukan berupa peningkatan pemahaman dan pengetahuan tenant atau pelaku UMKM yang diukur melalui pretest dan postest pada masing masing kegiatan. Hasil kegiatan pelatihan literasi pemasaran dan keuangan digital didapatkan berdasarkan hasil postest peserta mencapai rata rata nilai 80% jika dibandingkan dengan jawaban rata rata peserta pada kegiatan pretest yang hanya mencapai 40%. Pada kegiatan pelatihan whatsapp bisnis didapatkann hasil postest peserta dengan pemahaman mencapai rata 70% jika dibandingkan dengan jawaban rata rata pretest yang hanya mencapai 30%. Pada kegiatan pelatihan penggunaan Qris didapatkan hasil postest mencapai rata-rata 80% jika dibandingkan dengan jawaban rata rata peserta pada kegiatan pretest yang hanya mencapai 50%. Kesimpulan dari kegiatan ini adalah meningkatnya pemahaman tenant atau pelaku UMKM di kantin DSC IIB Darmajaya terkait dengan pamasaran dan keuangan digital serta kemampuan pelaku UMKM DSC dalam menggunakan aplikasi whasapp bisnis dan aplikasi keuangan non tunai atau Qris.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Andriana, M., Sumarlin, T., Rakasiswi, S., Fitriani, N., Setiawan, D., Fitrianto, Y., & Nurmana, A. H. B. (2023). Implementasi Digitalisasi UMKM di Kabupaten Boyolali Melalui Pelatihan Pemasaran Online. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 4(2), 994–999.

Bogavac, M., & Cekerevac, Z. (2021). Digitalization of SMEs In Developing & Developed Countries. Business Innovations Economics Journal, 5, 150-156.

Brennen, J.S., & Kreiss, D. (2016). Digitalization. Mikroskopie, 37(1), 109-118.

Brodny, J., & Tutak, M. (2022). Digitalization of small and medium-sized enterprises and economic growth: evidence for the EU-27 countries. Journal of Open Innovation: Technology, Market, and Complexity, 8(2), 67.

Daud, I., Nurjannahe, D., Mohyi, A., Ambarwati, T., Cahyono, Y., Haryoko, A. E., ... & Jihadi, M. (2022). The effect of digital marketing, digital finance and digital payment on finance performance of indonesian smes. International Journal of Data and Network Science, 6, 37-44.

Farhan, A., & Shifa, A. W. (2023). Penggunaan Metode Pembayaran Qris Pada Setiap Umkm di Era Digital. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (JPKMN), 4 (20), 1198-1206. DOI:

Jamil, A., Zamzani, M. I., Leksono, V. A., & Karim, A. A. (2021, November). Sosialisasi Penggunaan Wa Business Kepada Pelaku Umkm Di Balikpapan. In Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat (SEPAKAT) (Vol. 2).

Khasanah, U., & Herina. (2019). Membangun Karakter Siswa Melalui Literasi Digital Dalam Menghadapi Pendidikan Abad 21 (Revolusi Industri 4.0). Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 21, 999–1015.

Mhalgi, S., Marne, P., Kulkarni, M., Kapure, S., & Shekapure, S. (2019). Cloud based Android App for college Canteen Management System. International Journal of Research and Analytical Reviews (IJRAR), 6 (1), 969–972.

Mufidah, E.A., & Trihantoyo, S. (2020). Efektivitas Layanan Khusus Kantin Digital (E- Canteen) Dalam Meningkatkan Digital Quotient Siswa. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 8 (4), 517-530.

Nugroho, A. C., Putra, G. R., & Fitriati, D. (2019). Implementasi e-Kantin di Fakultas Teknik Universitas Pancasila. SEMNATI, Juli 2019, 301–306.

Prayitno, M. A., & Fadly, W. (2022). Pelatihan Pemanfaatan dan Pendampingan Pembuatan QRIS (QR Code Indonesian Standard) Sebagai Media Digitalisasi ZIS di Desa Glinggang Kabupaten Ponorogo. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 543.

Revaldy, V., Putra, W. H. N., & Hanggara, B. T. (2020). Pengembangan Aplikasi ECanteen Dengan Pembayaran Non-Tunai Berbasis Android Untuk Siswa (Studi Kasus : SMA Negeri 5 Malang). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 4(6), 1924–1932.

Yuliati, T., & Handayani, T. (2021). Pendampingan Penggunaan Aplikasi Digital Qris Sebagai Alat Pembayaran Pada UMKM. Community Development Journal, 2 (3), 811-816. DOI:

Zayyadi, M., & Syahroni, A. W. (2020). E-Santri Sebagai Aplikasi Pembelanjaan dan Pembayaran Mandiri Oleh Santri di Pondok Pesantren Azzubair. Jurnal Solma, 09(2), 300–307.

Unduhan

Diterbitkan

2023-09-13

Cara Mengutip

Saputra, M., Pratisti, C. ., Badri, R. E. ., Fadila, K. ., & Triloka, J. . (2023). PELATIHAN PEMANFAATAN PLATFORM SOCIAL MEDIA MENUJU UMKM DIGITAL. Jurnal Abdi Insani, 10(3), 1853–1861. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v10i3.1089

Terbitan

Bagian

section editor