PENDAMPINGAN TATA KELOLA KEUANGAN DAN PEMASARAN BERBASIS DIGITAL DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN
DOI:
https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v10i3.1083Kata Kunci:
Pelatihan, Pendampingan, Keuangan, Pemasaran, E-CommerceAbstrak
Desa Renggeang merupakan salah satu desa penghasil Ulat Sutera terbanyak yang ada di Kabupaten Polewali Mandar. Namun, beternak ulat sutera tak begitu diminati masyarakat di Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat. Meskipun sudah berdiri kurang lebih 9 tahun tapi kendala utama yang dihadapi kurangnya pemahanan pencatatan laporan keuangan, usaha masih skala Industri Rumah Tangga, modal usaha terbatas, pemasaran produk masih dilakukan dari mulut ke mulut sehingga produksi masih bersifat Pre Order. Kegiatan Pengabdian bertujuan memberikan pelatihan dan pendampingan tata kelola keuangan dan pemasaran berbasis digital. Pelatihan dan pendampingannya berupa penyusunan laporan keuangan sederhana dan pemasaran melalui digital (social media dan e-commerce). Metode pelaksanaan pengabdian yaitu pelatihan dan pendampingan dengan strategi kronologis. Tahapan Metode pelaksanan pengabdian ini yaitu identifikasi masalah, analisis kebutuhan dan solusi, pelatihan dan pendampingan yang melibatkan semua anggota kelompok tani, dan monitoring evaluasi untuk memantau dan membantu kelompok tani. Pelaksanaan pengabdian pada kelompok Tani Renggeang Mandiri telah berjalan dengan baik dan mendapatkan respon yang positif dari seluruh anggota kelompok. Pelaksanaan kegiatan pelatihan dan pendampingan yang baik diharapkan akan mendorong kelompok Tani Renggeang Mandiri untuk menyusun laporan keuangan dan memasarkan produk mereka dengan memanfaatkan platform media digital. Adapun hasil yang diharapkan dapat diperoleh dari pengabdian ini adalah meningkatnya penjualan produk Kelompok Tani Renggeang Mandiri, meningkatnya keterampilan teknologi digital, meningkatnya pemahaman dalam tata kelola keuangan yang baik. Oleh karena itu hasil tersebut diharapkan berdampak pada kesejahteraan ekonomi Kelompok Tani Renggeang Mandiri. Pelaksanaan pengabdian telah berjalan dengan baik dengan respon positif dari mitra. Pelaksanaan pengabdian diharapkan dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan mitra.
Unduhan
Referensi
Fahdia, M. R., Kurniawati, I., Amsury, F., Heriyanto, & Saputra, I. (2022). Pelatihan Digital Marketing Untuk Meningkatkan Penjualan Bagi UMKM Tajur Halang Makmur. Abdiformatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika, 2(1), 34–39. https://doi.org/https://doi.org/10.25008/abdiformatika.v2i1.147
Firdaus, F. (2021). Eksistensi Tennung Walida (Gedogan) Kain Sutera di Desa Rumpia Kecamatan Majauleng Kabupaten Wajo. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 9(3), 366–372. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v9i3.6059
Ita Mustika, & Ferdila, F. (2022). Pengenalan Standar Keuangan Entitas Mikro Kecil dan Menengah (SAK EMKM) dan Bimbingan Teknis Penyusunan Laporan Keuangan Berbasis SAK EMKM pada UMKM di Kota Batam. ABDIMAS EKODIKSOSIORA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Ekonomi, Pendidikan, dan Sosial Humaniora, (2), 36–43. https://doi.org/10.37859/abdimasekodiksosiora.v2i2.3670
S, Asmawati., & M, Dian Sari. (2020). Implementasi Media E-Commerce Pada Pemasaran Kain Sutra Mandar Di Polewali Mandar. Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi, 7(3), 408–415. https://doi.org/10.35957/jatisi.v7i3.489
Monoarfa, V. (2021). Pendampingan Penyusunan Laporan Keuangan Akuntansi Pesantren. Mopolayio : Jurnal Pengabdian Ekonomi, 1(1), 84–88. https://doi.org/10.37479/mopolayio.v1i1.19
Nurhayati, S., Sucahyo, N., & Selawati, S. (2021). Penerapan Metode Pieces Dalam Pengembangan Sistem E-Commerce Penjualan Produk Komputer. Jris: Jurnal Rekayasa Informasi Swadharma, 1(1), 34–39. https://doi.org/10.56486/jris.vol1no1.63
Putri, R., & Munas, B. (2023). Pengaruh Digital Marketing Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Dengan Brand Image Sebagai Variabel Mediasi (Studi Pada Konsumen Wingko Babat Pak Moel di Kota Semarang). Diponegoro Journal of Management, 12(1), 1–15.
“Robby Aditya., & R Yuniardi Rusdiantoâ€. (2023). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal Pelayanan dan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(2), 96–102. https://doi.org/10.55606/jppmi.v2i2.386
Robustin, T. P. (2022). Pendampingan Pemasaran Dan Promosi Pada Usaha Tas Anyaman Di Desa Karangsono Kabupaten Jember. Jurnal Pengabdian Masyarakat (Jpm), 2(1), 1–8. https://doi.org/10.31967/jpm.v2i1.558
Sa’diyah, C., Roz, K., & Novianti, K. R. (2020). Pendampingan Masyarakat Berbasis Penyusunan Laporan Keuangan Sederhana Pada Umk Industri Gamelan Di Desa Pendem. Budimas : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 89–94. https://doi.org/10.29040/budimas.v2i2.1361
Soebandhi, S., Ariska, R. A., & Purwitasari, F. (2022). Perluasan Pangsa Pasar dengan Menggunakan Metode Pemasaran Digital pada Asosiasi UMKM Amangtiwi. Jurnal Abdimas, 26(2), 230–234.
Suriadi, N. A., Hafid, H., Annisa, R. N., & Sari, W. A. (2022). Pengabdian Kepada Masyarakat Kelompok Penenun Lipa’Saqbe Melalui Penataan Kawasan Renggeang Sutra Di Desa Renggeang, Polewali Mandar. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(4), 743–748. https://doi.org/10.31949/jb.v3i4.3243
Syamsuddin, N. R., S, N. A., & Hamzany, S. N. (2023). Pelatihan Budi Daya Murbei Dan Pemeliharaan Ulat Sutra Bagi Kelompok Penenun di Desa Renggeang Kabupaten Polewali Mandar. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 1047– 1051.
Yusnita, I., Putri, M., & Amaliah, W. N. (2022). Penerapan Penyusunan Laporan Keuangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Berbasis Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro Kecil Dan Menengah. Al Fiddhoh: Journal of Banking, Insurance, and Finance, 3(1), 51–62. https://doi.org/10.32939/fdh.v3i1.1158
Yusri, Y., Yanti, S., Helmawanti, N., Fatmala, E. M., & Nurhidayah, L. (2022). Pemberian Edukasi Tata Kelola Keuangan pada Kelompok Usaha Rumahan di Pondok Madina Desa Puntik Barito Kuala. Jurnal Abdimas Adpi Sosial dan Humaniora, 3(3), 377–381. https://doi.org/10.47841/jsoshum.v3i3.216
Zahra, I. P., Khoirunisa, M. A., Silfiani, E., Yustia, H., & Alfarisi, U. (2021). Pendampingan Dan Pengembangan Inovasi Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Toko Kuenak Di Ciputat Timur. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 1–4.