SIMULASI UJIAN SELEKSI NASIONAL BERBASIS TES (SNBT) BAGI SISWA DARI 347 SMA

Penulis

  • Meredita Susanty Ilmu Komputer, Fakultas Sains dan Ilmu Komputer, Universitas Pertamina
  • Ludovika Jannoke Teknik Perminyakan, Fakultas Teknologi Eksplorasi dan Produksi, Universitas Pertamina
  • Weny Astuti Teknik Perminyakan, Fakultas Teknologi Eksplorasi dan Produksi, Universitas Pertamina
  • Tirta Rona Mayangsari Kimia, Fakultas Sains dan Ilmu Komputer, Universitas Pertamina
  • Harya Dwi Nugraha Teknik Geologi, Fakultas Teknologi Eksplorasi dan Produksi, Universitas Pertamina

DOI:

https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v10i3.1052

Kata Kunci:

Pengabdian kepada masyarakat, sekolah menengah atas, seleksi nasional

Abstrak

Tidak semua siswa SMA memiliki kemampuan ekonomi untuk bisa mengikuti bimbingan belajar swasta dan bentuk ujian masuk Perguruan tinggi di tahun 2023 yang berbeda dengan tahun-tahun meningkatkan tantangan bagi siswa lulusan tahun 2023 ini.  sebelumnya membutuhkan latihan agar siswa lebih familiar dan mampu menyelesaikannya dengan baik dan tepat waktu.  Untuk membantu para siswa yang tidak punya kesempatan untuk mendapatkan tambahan bimbingan belajar di luar sekolah formal, civitas Universitas Pertamina mengadakan simulasi ujian. Kegiatan simulasi ujian dilakukan secara daring menggunakan platform Moodle. Sebelum pelaksanaan, kegiatan ini dipublikasikan pada sosial media Instagram untuk mengundang mitra yang lebih luas. Kegiatan ini dilaksanakan pada bulan Januari hingga Juni 2023 yang diikuti oleh 357 mahasiswa ini diharapkan bisa membantu siswa SMA untuk bisa lulus ujian SMA maupun ujian perguruan tinggi yang dicita-citakan para siswa. Berdasarkan umpan balik dari peserta, kegiatan simulasi ujian ini mendapatkan tingkat kepuasan yang baik dalam hal penggunaan website simulasi, kualitas soal yang diberikan, dan respon tim PKM terhadap pertanyaan yang diajukan peserta.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Perbedaan SNBP dan SNBT untuk Masuk PTN 2023. (2022). CNN Indonesia. https://www.cnnindonesia.com/edukasi/20221205094010-561-882849/5-perbedaan-snbp-dan-snbt-untuk-masuk-ptn-2023

Abduhzen, M. (2023). Tes Skolastik untuk Masuk PTN. Kompas. https://www.kompas.id/baca/opini/2023/02/02/tes-skolastik-untuk-masuk-ptn

Al-Azawei, A., Baiee, W. R., & Mohammed, M. A. (2019). Learners’ experience towards e-assessment tools: A comparative study on virtual reality and moodle quiz. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 14(5), 34–50. https://doi.org/10.3991/ijet.v14i05.9998

Apa Itu Tes Potensi Skolastik yang Akan Diujikan di UTBK-SNBT 2023 ? (2022). Republika. https://kampus.republika.co.id/posts/193867/apa-itu-tes-potensi-skolastik-yang-akan-diujikan-di-utbk-snbt-2023

Caesari, S. D. (2022). Mengenal Tes Skolastik di SBMPTN 2023, Pengganti Tes Mata Pelajaran. Kompas. https://www.kompas.com/edu/read/2022/09/10/080000671/mengenal-tes-skolastik-di-sbmptn-2023-pengganti-tes-mata-pelajaran?page=all

Gamage, S. H. P. W., Ayres, J. R., & Behrend, M. B. (2022). A systematic review on trends in using Moodle for teaching and learning. International Journal of STEM Education, 9(1). https://doi.org/10.1186/s40594-021-00323-x

Gamage, S. H. P. W., Ayres, J. R., Behrend, M. B., & Smith, E. J. (2019). Optimising Moodle quizzes for online assessments. International Journal of STEM Education, 6(1). https://doi.org/10.1186/s40594-019-0181-4

Harry N. Boone, J., & Boone, D. A. (2012). Analyzing Likert Data. Russian Chemical Bulletin, 50(2). https://doi.org/10.1007/s11172-017-1908-3

Jebb, A. T., Ng, V., & Tay, L. (2021). A Review of Key Likert Scale Development Advances: 1995–2019. Frontiers in Psychology, 12(May), 1–14. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.637547

Joshi, A., Kale, S., Chandel, S., & Pal, D. (2015). Likert Scale: Explored and Explained. British Journal of Applied Science & Technology, 7(4), 396–403. https://doi.org/10.9734/bjast/2015/14975

Kasih, A. P. (2022). Perbedaan Aturan SNMPTN 2022 dan SNMPTN 2023, Siswa Harus Tahu. Kompas. https://www.kompas.com/edu/read/2022/09/16/141424171/perbedaan-aturan-snmptn-2022-dan-snmptn-2023-siswa-harus-tahu?page=all#google_vignette

Lampos, V., Zou, B., & Cox, I. J. (2017). Enhancing feature selection using word embeddings: The case of flu surveillance. 26th International World Wide Web Conference, WWW 2017, 695–704. https://doi.org/10.1145/3038912.3052622

Raju, V., & Harinarayana, N. S. (2016). Online survey tools: A case study of Google Forms. Scientific, Computational & Information Research Trends in Engineering, December, 1. https://www.researchgate.net/publication/326831738

Sullivan, G. M., & Artino, A. R. (2013). Analyzing and Interpreting Data From Likert-Type Scales. Journal of Graduate Medical Education, 5(4), 541–542. https://doi.org/10.4300/jgme-5-4-18

Suryanovika, C. (2020). Google Forms: An Assessment Tool Accommodating the Generation-Z Students’ Learning Needs. E-Structural, 2(2), 140–152. https://doi.org/10.33633/es.v2i2.3257

Wardani, E. K. (2022). Perbedaan SNPMB, SNBP, UTBK-SNBT, Pengganti SNMPTN dan SBMPTN 2023 - TribunNews.com. Tribun News. https://www.tribunnews.com/nasional/2023/01/09/perbedaan-snpmb-snbp-utbk-snbt-pengganti-snmptn-dan-sbmptn-2023

Wulandari, T. (2022). SNMPTN Diganti dengan SNBP 2023, Begini Perbedaan dan Poin Pentingnya. Detik Edu. https://www.detik.com/edu/seleksi-masuk-pt/d-6489627/snmptn-diganti-dengan-snbp-2023-begini-perbedaan-dan-poin-pentingnya

Unduhan

Diterbitkan

2023-09-13

Cara Mengutip

Susanty, M., Jannoke, L., Astuti, W., Mayangsari, T. R., & Nugraha, H. D. (2023). SIMULASI UJIAN SELEKSI NASIONAL BERBASIS TES (SNBT) BAGI SISWA DARI 347 SMA . Jurnal Abdi Insani, 10(3), 1767–1775. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v10i3.1052

Terbitan

Bagian

section editor