PEMBERDAYAAN KELOMPOK ISTRI NELAYAN DESA MOTTO MELALUI DIVERSIFIKASI PRODUK OLAHAN STIK CUMI
DOI:
https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v10i3.1050Kata Kunci:
Desa Motto, Diversifikasi, Istri Nelayan, Pembedayaan, Stik CumiAbstrak
Kota Bitung merupakan sentra penghasil sumber daya perikanan di Indonesia termasuk cumi–cumi. Penghasil cumi–cumi Kota Bitung salah satunya adalah Desa Motto yang memanfaatkan hasil tangkapan cumi–cumi secara langsung maupun diolah menjadi produk stik cumi oleh kelompok istri nelayan. Kelompok istri nelayan beranggotakan ibu–ibu istri nelayan dengan usaha sampingan mengolah hasil tangkapan cumi - cumi. Pembuatan stik cumi didasarkan pada resep tradisional Desa Motto dan belum terstandarisasi. Kegiatan produksi dan pemasaran tersebut belum optimal sehingga perlu dilakukan kegiatan pemberdayaan untuk meningkatkan produksi dengan tujuan akhir peningkatan pendapatan dan taraf hidup yang lebih baik. Kegiatan ini dilaksanakan pada bulan September 2021 dengan metode penyuluhan dan pelatihan cara membuat produk stik cumi yang baik (CPPB). Proses kegiatan meliputi pemberian informasi dan praktik pembuatan olahan stik cumi serta metode dan desain pemasaran secara umum disesuaikan dengan kondisi pasar saat ini. Hasil dari kegiatan pemberdayaan ini adalah kelompok istri nelayan mengetahui cara berproduksi yang baik dalam membuat stik cumi serta dapat memahami langkah promosi dan pemasarannya. Cumi–cumi memiliki kandungan gizi yang baik sehingga diperlukan pengolahan yang tepat agar kandungan gizi tersebut tidak berkurang. Model pemasaran dilakukan dengan memanfaatkan fasilitas dan teknologi yang ada, yaitu menggunakan media sosial. Promosi di media sosial terbukti lebih mendapatkan hasil dengan cara yang relatif mudah. Untuk itu, konsep brand identity harus dioptimalkan agar produk stik cumi dapat dikenal lebih luas dan melekat dalam ingatan pembeli. Melalui pemberdayaan ini, kelompok istri nelayan lebih memahami cara meningkatkan mutu produk sekaligus mengembangkan pasar melalui desain kemasan produk.
Unduhan
Referensi
Alfarisi, M. N., Anggraeni, D., & Sariyoga, S. (2018). Strategi Pengembangan Produk Olahan Ikan Lele (Clarias Sp) (Suatu Kasus di UKM Mae Shetie dan UKM Abon Ikan Lele Kota Cilegon). Jurnal Agribisnis Terpadu, 11(1), 68. https://doi.org/10.33512/jat.v11i1.5085
Djamhur, M., Mutmainnah, M., Yuliana, Y., & Sero, R. S. (2023). Pemberdayaan Masyarakat Kelompok Usaha Melalui Diversifikasi Ikan Teri (Stolephorus Sp.) Sebagai Stik. Jurnal Abdi Insani, 10(1), 294–301. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v10i1.873
Erlyana, Y. (2018). Analisis Peranan Desain Kemasan Terhadap Brand Identity dari Sebuah Produk Makanan Lokal Indonesia dengan Studi Kasus: Produk Oleh-oleh Khas Betawi ‘Mpo Romlah’. National Conference of Creative Industry. https://doi.org/10.30813/ncci.v0i0.1316
Ernawati, E., Hismayasari, I. B., Puspitasari, A. W., Ismail, I., Ulat, M., & Poltak, H. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Diversifikasi Produk Ikan Puri (Stolephorus sp.). Buletin SWIMP, 1(02), 057-063. http://jurnal.polikpsorong.ac.id/index.php/buletinswimp/article/view/ernawati
Faradizza, D. M., Andaki, J. A., & Pangemanan, J. F. (2019). Analisis Usaha Perikanan Tangkap Cumi - Cumi Pada Nalayan Tradisional Di Kelurahan Motto Kecamatan Lembeh Utara Kota Bitung. Akulturasi (Jurnal Ilmiah Agrobisnis Perikanan), 7(1). https://doi.org/10.35800/akulturasi.7.1.2019.24409
Hartati, S., Bayu, K., Mustari, E., Zulfan, I., Nurhayanti, Y., & Karim, E. (2020). Pemberdayaan Perempuan Nelayan melalui Pelatihan Diversifikasi Produk Olahan Ikan di Desa Pangandaran, Kabupaten Pangandaran. Dharmakarya, 9(4), 289. http://journal.unpad.ac.id/dharmakarya/article/view/31290
Hulalata, A., Makapedua, D. M., & Paparang, R. W. (2013). Studi Pengolahan Cumi - cumi (Loligo sp.) Asin Kering dihubungkan dengan Kadar Air dan Tingkat Kesukaan Konsumen. Media Teknologi Hasil Perikanan, 1(1). https://doi.org/10.35800/mthp.1.1.2013.4155
Husnah, S., Yuliana, Y., & Ratnawati, R. (2021). Manajemen alur proses produksi udang windu beku dengan metode Individual Quick Frozen di PT. Madsumaya Indo Seafood, Gresik. Agrokompleks, 21(1). https://doi.org/10.51978/japp.v21i1.331
Kementerian Kelautan dan Perikanan. 2023. Satu Data KKP – Produksi Perikanan Tangkap Provinsi Sulawesi Utara tahun 2021. https://statistik.kkp.go.id/.
Kusnadi. (2003). Akar kemiskinan nelayan. LKiS.
Martana, B., Rizal, R., & Amar, M. I. (2021). Pemberdayaan Masyarakat melalui Diversifikasi Produk Olahan Ikan Lele di Desa Curug, Gunung Sindur, Kabupaten Bogor. Prosiding SENAPENMAS. https://doi.org/10.24912/psenapenmas.v0i0.15125
Ndahawali, D. H., Ticoalu, F., Wewengkang, I. D., Soeharso, A. P., & Hariyoto, F. D. (2023). Optimalisasi Mutu Sensori Produk Stik Cumi (Sthenoteuthis oualaniensis) Olahan Kelompok Nelayan Desa Motto, Kota Bitung, dalam Pengembangan Ekonomi Lokal. Jurnal Bluefin Fisheries, 5(1), 36–51. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.15578/jbf.v5i1.183
Negoro, Y. P., & Jufriyanto, M. (2022). Pelatihan Desain Kemasan Produk Frozen Food Dengan Smartmockups Dan Aplikasi Canva Pada Umkm Asosiasi Sidayu. DedikasiMU : Journal of Community Service, 4(2), 150. https://doi.org/10.30587/dedikasimu.v4i2.3987
Oktariza, W., Wiryawan, B., Baskoro, M. S., Kurnia, R., & Wisudo, S. H. (2016). Model Bio-Ekonomi Perikanan Cumi - cumi di Perairan Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Bio-Economic Model of Squid Fisheries in The Waters of Bangka Regency, Bangka Belitung Islands Province). Marine Fisheries : Journal of Marine Fisheries Technology and Management, 7(1). https://doi.org/10.29244/jmf.7.1.97-107
Puspitasari, R. K., & Fahrudin, A. (2019). Kajian Stok Cumi - cumi (Loligo sp.) di Perairan Teluk Banten, Provinsi Banten. Jurnal Pengelolaan Perikanan Tropis, 3(2).
Setiyorini, E. S., Noorachmat, B. P., & Syamsun, M. (2018). Strategi Pemasaran Produk Olahan Hasil Perikanan pada UMKM Cindy Group. Manajemen IKM: Jurnal Manajemen Pengembangan Industri Kecil Menengah, 13(1), 19. https://doi.org/10.29244/mikm.13.1.19-28
Triharyuni, S, Wijopriono, W., Prasetyo, A. P., & Puspasari, R. (2012). Model produksi dan laju tangkap kapal bouke ami yang berbasis di PPN Kejawanan, Cirebon Jawa Barat. Jurnal Penelitian Perikanan Indonesia, 18(3) , 135-143. http://ejournal-balitbang.kkp.go.id/index.php/jppi/article/view/953
Triharyuni, Setya, & Puspasari, R. (2012). Produksi dan musim penangkapan Cumi - cumi (Loligo spp.) di Perairan Rembang (Jawa Tengah). Jurnal Penelitian Perikanan Indonesia, 18(2).
Wewengkang, I. D., Ticoalu, F. J. B., Ndahawali, D. H., Soeharso, A. P. B. L., & Hariyoto, F. D. (2022). Identifikasi Karakteristik Kimiawi dan Sensori Stick Cumi (Loligo sp.) Produk Olahan Kelompok Istri Nelayan Kelurahan Motto, Kota Bitung. Jurnal Bluefin Fisheries, 4(1), 43-52. http://journal.poltekkp-bitung.ac.id/index.php/JBF/article/view/120
Wulandari, D. A. (2018). Peranan Cumi - cumi bagi Kesehatan. Oseana, 43(3). https://doi.org/10.14203/oseana.2018.vol.43no.3.66
Yatikasari, B. M., & Siswoyo, S. T. (2022). Pengaruh Promosi, Kualitas Produk, Desain Kemasan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk UMKM Aneka Keripik Murni Kota Gajah. Jurnal Manajemen Diversifikasi, 2(4), 1042–1051. https://doi.org/10.24127/diversifikasi.v2i4.1451
Yusuf, C., Muhammad, A., & Ernawan, D. (2023). Pengembangan Strategi Komunikasi Pemasaran Olahan Ikan Melalui Media Sosial (Instagram) di Desa Patimban Kecamatan Pusakanagara Kabupaten Subang. Jurnal Kolaborasi Pengabdian Masyarakat Fakultas Ilmu Administrasi. https://doi.org/10.37950/jkpemasfia.v1i1.1672
Zulfikar, R. Z. (2016). Cara Penanganan yang Baik Pengolahan Produk Hasil Perikanan berupa Udang. Jurnal Aplikasi Teknologi Pangan, 5(2). https://doi.org/10.17728/jatp.v5i2.168